Logo BeritaSatu

Teten Khawatir Separuh UMKM Terancam Gulung Tikar

Rabu, 8 Juli 2020 | 16:39 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki, mengaku sangat khawatir dengan prediksi dari Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) tentang masa depan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia setelah dihantam pandemi Covid-19. OECD memprediksi setelah September 2020 ini, separuh dari pelaku UMKM akan gulung tikar.

Baca Juga: Pemerintah Jamin Kredit Modal Kerja untuk UMKM

Dari data yang dihimpun Kementerian Koperasi dan UKM, kondisinya juga tidak jauh berbeda, di mana kegiatan usaha pelaku UMKM sangat terganggu akibat menurunnya permintaan, sehingga mengakibatkan mereka kesulitan cashflow. Saat ini, jumlah pelaku UMKM di Indoensia mencapai sekitar 64 juta.

"Anggap saja ini memang skenario paling buruk yang harus kita hadapi, di mana setelah September separuh UMKM gulung tikar. Dari data kami, kebanyakan UMKM memang 30 persen sampai 50 persen kegiatan usahanya terganggu, sehingga tidak bisa membayar cicilan cicilan ke lembaga pembiayaan. Jadi terdampak dari dua sisi, supply dan demand,” kata Teten Masduki dalam acara diskusi yang digelar Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) melalui webinar, Rabu (8/7/2020).

Dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Teten menegaskan, salah satu fokus pemerintah adalah mendukung sektor UMKM agar kembali bangkit. Dari total biaya penanganan Covid-19 dan juga PEN sebesar Rp 695,2 triliun, yang dialokasikan untuk sektor UMKM sebesar Rp 123,46 triliun.

Baca Juga: PTPP Bantu Modal Usaha Pelaku UMKM di Indonesia

"Saat ini fokus kita di program PEN. Untuk UMKM anggarannya Rp 123,46 triliun, antara lain untuk pembiayaan, subsidi bunga, subsidi pajak, dan pembiayaan modal kerja baru yang lebih murah,” kata Teten.

Di luar program PEN ini, Teten mengatakan saat ini kementerian yang dipimpinnya juga tengah mengembangkan ide-ide baru untuk membantu UMKM dari sisi pembiayaan. "Meskipun kebijakan PEN sudah ditetapkan, tetapi masih dimungkinkan ada usulan-usulan baru yang lebih tepat untuk UMKM,” tuturnya.

Teten juga menilai berbagai program pembiayaan untuk sektor UMKM yang saat ini berjalan masih perlu dibenahi agar lebih murah dan mudah bagi UMKM.

Baca Juga: Realisasi Stimulus Ekonomi Meningkat, tetapi Masih Rendah

"Saya kira masih ada pekerjaan rumah. Meskipun sudah ada program KUR, kita harus terus evaluasi efektifitasnya,” tandas Teten.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PPM Manajemen Paparkan Kesiapan Menyambut Datangnya Generasi Z

PPM Manajemen menyelenggarakan customer gathering untuk menjamin para rekanannya yang berasal dari berbagai perusahaan BUMN, pemerintahan dan swasta.

EKONOMI | 24 September 2022

Peran PNM Lakukan Pendampingan Nasabah Mekaar Diapresiasi

Pendampingan yang dilakukan PNM terhadap nasabah Mekaar terkait literasi keuangan mendapatkan apresiasi dari Menteri Koperasi dan UKM serta Gubernur Sulut.

EKONOMI | 24 September 2022

BRIN Ingin Dekatkan Generasi Muda ke Aktivitas Riset

Melalui InaRIE, Badan Riset dan Inovasi NasionaI (BRIN) ingin generasi muda dapat lebih dekat dengan aktivitas riset dan inovasi.

EKONOMI | 24 September 2022

Pertemuan Menteri Pertanian G-20 Segera Digelar, Ini Isu yang Dibahas

Pertemuan para Menteri Pertanian G-20 nantinya akan membahas komitmen dan upaya bersama dalam sisi pangan berkelanjutan.

EKONOMI | 24 September 2022

Setiap Orang di Indonesia Buang Sampah 300 Kg Per Tahun

Kemenkop UKM mendorong pelaku UMKM menuju Indonesia bersih sampah, melalui kemitraan bank sampah dengan Primer Koperasi Pengelola Sampah (PKPS).

EKONOMI | 24 September 2022

Gandeng Supermarket Ukraina, Binance Aktifkan Pembayaran Kripto

Pelanggan yang menggunakan Dompet Binance Pay untuk membayar pesanan mereka akan memenuhi syarat untuk mengikuti program reward.

EKONOMI | 24 September 2022

MES Yakin Ekonomi Syariah Bisa Dorong Indonesia Jadi Negara Maju

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) meyakini ekonomi dan keuangan syariah mempunyai peran sentral dalam mendorong Indonesia menjadi negara maju di 2045.

EKONOMI | 24 September 2022

Lintasarta Cloudeka Digischool Hadirkan Kurikulum Developer Gratis

Lintasarta lewat program CSR Lintasarta Cloudeka Digischool menghadirkan kurikulum developer gratis bersertifikasi global.

EKONOMI | 24 September 2022

MES Dorong Pemerintah Optimalkan Peran 8 Juta Diaspora

Ketua VII Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sugeng menegaskan, besarnya jumlah diaspora harus dioptimalkan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

EKONOMI | 24 September 2022

Citi Dinobatkan sebagai Bank Manajemen Kas Global Terbaik

Citi Global Instant Payments menyediakan konektivitas ke lebih dari 30 skema pembayaran instan, menjangkau lebih dari 60 negara pada kuartal II-2022.

EKONOMI | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Nations League: Bek MU Cetak 2 Gol, Portugal Gilas Cheska

Nations League: Bek MU Cetak 2 Gol, Portugal Gilas Cheska

BOLA | 14 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings