Investor Abaikan Kasus Covid-19, Bursa Asia Meroket

Investor Abaikan Kasus Covid-19, Bursa Asia Meroket
Ilustrasi bursa saham Asia. (Foto: AFP / Philip Fong)
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Senin, 13 Juli 2020 | 08:13 WIB

Tokyo, Beritasatu.com - Bursa Asia Pasifik pada perdagangan Senin pagi (13/7/2020) menguat karena investor mengabaikan kekhawatiran meningkatnya jumlah kasus virus corona (Covid-19) di Amerika Serikat (AS).

Indeks Nikkei 225 di Jepang naik 1,34 persen pada awal perdagangan karena saham Softbank Group dan pembuat robot Fanuc masing-masing melonjak lebih 2 persen. Indeks Topix juga naik 1,44 persen.

Sejalan dengan itu, Kospi Korea Selatan bertambah 0,6 persen.

Sementara S&P/ASX 200 Australia naik 1,44 persen karena saham bank-bank besar seperti Commonwealth Bank of Australia dan Westpac masing-masing naik lebih 2 persen.

Secara keseluruhan, indeks MSCI Asia di luar Jepang naik 0,24 persen.

Baca juga: IHSG Diperkirakan Rebound, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Minggu (12/7/2020) melaporkan kenaikan harian kasus corona global, menurut Reuters. Florida pada Minggu melaporkan lebih 15.000 infeksi Covid-19, atau rekor satu hari tertinggi untuk negara bagian AS sejak pandemi dimulai di negara tersebut.

"Berita infeksi Covid-19 AS yang suram diabaikan," tulis kepala Strategi Valuta Asing National Australia Bank, Ray Attrill, dalam sebuah catatan.

Attrill mengatakan hal itu dipicu optimisme berkelanjutan faktor-faktor yang mendukung seperti batas waktu penemuan dan peluncuran vaksin serta potensi dukungan kebijakan tambahan untuk ekonomi AS.



Sumber: CNBC