Logo BeritaSatu

Bahlil: BKPM Berhasil Eksekusi Investasi Mangkrak Rp 410 Triliun

Senin, 13 Juli 2020 | 16:35 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terus melakukan pengawalan investasi di tengah ancaman pandemi Covid-19. Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), BKPM ditugaskan agar dapat mengeksekusi adanya investasi mangkrak yang mencapai total Rp 708 triliun.

Baca Juga: Tidak Ramah Investasi, Pelayanan Kesehatan Sumbar Tertinggal

Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia menyampaikan, sampai dengan awal akhir Juni 2020, BKPM telah berhasil mengeksekusi investasi mangkrak hingga 58 persen atau senilai Rp 410 triliun dari total Rp 708 triliun. Bahlil juga menyebut tiga penyebab investasi tersebut bisa mangkrak, yaitu arogansi sektoral, ada aturan yang tumpeng tindih, dan permasalahan di lapangan terkait dengan lahan.

"Ketika saya masuk ke BKPM, ada Rp 708 trilun investasi yang mangkrak. Dari bulan Oktober 2019 hingga Juni 2020 kemarin, dari Rp 708 triliun investasi yang mangkrak, yang sudah kita eksekusi lebih dari separuhnya atau sekitar Rp 410 triliun,” kata Bahlil Lahadalia dalam peluncuran buku 'Pandemi Corona: Virus Deglobalisasi' di Jakarta, Senin (13/7/2020).

Beberapa investasi mangkrak yang berhasil difasilitasi antara lain Hyundai dengan total investasi Rp 21,7 triliun, Rosnef Rp 211,9 triliun, PT Vale Indonesia Tbk Rp 39,2 triliun, Nindya Karya Rp 9,5 triliun, PT Galempa Sejahtera Bersama Rp 2,0 triliun, Tenaga Listrik Bengkulu Rp 5,2 triliun, PT Sumber Mutiara Indah Perdana Rp 1,8 triliun, Lotte Chemical Rp 61,2 triliun, YTL Power Rp 38 triliun, Kobexindo Rp 14 triliun, Minahasa Cahaya Lestari Rp 1,8 triliun, dan beberapa investasi mangkrak lainnya.

Baca Juga: BKPM Gandeng AP II Tawarkan 7 Proyek Bandara

"Hyundai itu tiga tahun tidak selesai-selesai, padahal mintanya hanya tax holiday. Kemudian Lotte Chemical, empat tahun lebih tidak selesai, masalahnya di tanah, urusannya dengan BUMN dan regulasi. Selama dua bulan saya selesaikan masalahnya," papar Bahlil.

Untuk menjaga iklim investasi di masa pandemi, Bahlil menyampaikan, ada empat strategi yang dibuat BKPM, yaitu memfasilitasi perusahaan existing yang sudah beroperasi, memfasilitasi potensi perusahaan existing yang belum tereksekusi, mendatangkan investasi baru, dan memberikan insentif bagi perusahaan existing yang melakukan ekspansi.

Bahlil menegaskan, investasi merupakan motor utama penggerak pertumbuhan ekonomi. Apalagi di tengah kondisi pandemi seperti saat ini di mana konsumsi masyarakat yang menjadi kontributor utama PDB Indonesia sedang melemah.

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Kepala BKPM Permudah Perizinan

Menurut Bahli, 79 persen pendapatan negara berasal dari penerimaan pajak. Adanya peningkatan investasi akan berdampka positif terhadap peningkatan penerimaan pajak. Sebagai contoh investasi pada sektor manufaktur, di mana hal tersebut membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan ekspor, dan memberikan nilai tambah terhadap barang.

"Investasi dapat mendorong terciptanya lapangan kerja. Bila lapangan kerja semakin banyak, maka akan meningkatkan pendapatan masyarakat, yang pada akhirnya akan mendorong daya beli (konsumsi) masyarakat,” kata Bahlil.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bursa AS Turun karena Suku Bunga Setelah Laporan Pekerjaan

Bursa AS Wall Street jatuh pada Jumat (7/10/2022) karena para trader merespons laporan pekerjaan September.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Bursa Eropa Ditutup Melemah Setelah Data Pekerjaan AS

Indeks Stoxx 600 di bursa Eropa berakhir turun 1,1%, dengan semua bursa utama dan sebagian besar sektor diperdagangkan di zona merah.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Gandeng Influencer, Hermesien Closet Perluas Jangkauan Market Digital

Hermesien Closet memperluas jangkauan market digital dengan menggandeng influencer. Hal itu seiring dengan majunya era digital.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Kemenhub Tetapkan BPLJSKB sebagai Badan Layanan Umum

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) sebagai Badan Layanan Umum (BLU).

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Dolan-dolan, Cara Springhill Group Bangkitkan Semangat Kerja

Perusahaan pengembang properti, Springhill Group bersiap kembali bangkit untuk melanjutkan berbagai aktivitas bisnis.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Airlangga: Delapan Investor Tanamkan Investasi Pusat Data di Batam

Airlangga Hartarto mengatakan, sudah lebih dari delapan investor yang berinvestasi dalam pengembangan pembangunan pusat data di Batam.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Jokowi Apresiasi UMKM Bali yang Menembus Pasar Luar Negeri

Presiden Jokowi mengapresiasi UMKM Bali yang dapat menembus pasar luar negeri usai membuka Konferensi ke-3 WCCE Tahun 2022 di Nusa Dua, Bali

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Emil Dardak Terpilih sebagai Presiden EAROPH 2022-2024

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Emil Dardak dipercaya sebagai Presiden Organization for Planning and Human Settlements (EAROPH) periode 2022-2024.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Jokowi Apresiasi Pengembangan Industri Bioteknologi

Presiden Jokowi mengapresiasi pengembangan industri bioteknologi yang memproduksi vaksin dengan platform teknologi berbasis messenger RNA (mRNA) di tanah air.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Lintasarta dan PPA Dukung Artajasa untuk Perkuat Layanan Transaksi Digital

Lintasarta melakukan kerja sama strategis dengan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) mendukung Artajasa untuk memperkuat layanan transaksi digital

EKONOMI | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Timnas U-17 Indonesia Beri Apresiasi Khusus untuk Palestina

Timnas U-17 Indonesia Beri Apresiasi Khusus untuk Palestina

BOLA | 17 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings