Bursa Asia Melemah Jelang Rilis PDB Tiongkok

Bursa Asia Melemah Jelang Rilis PDB Tiongkok
Ilustrasi bursa saham Asia. (Foto: AFP / Kazuhiro Nogi)
Faisal Maliki Baskoro / FMB Kamis, 16 Juli 2020 | 08:34 WIB

Tokyo, Beritasatu.com - Bursa Asia dibuka melemah pada perdagangan hari ini, Kamis (16/7/2020). Pelaku pasar menantikan data pertumbuhan ekonomi Tiongkok.

Nikkei 225 Tokyo melemah 0,22 persen, S&P/ASX 200 Australia turun 0,08 persen, Kospi Korea Selatan turun 0,03 persen, Indeks Komposit Shanghai turun 0,07 persen.

Investor menunggu rilis sejumlah data perekonomian Tiongkok yang akan diumumkan siang ini, antara lain pertumbuhan ekonomi triwulan kedua dan angka produksi industri bulan Juni. Data ini adalah indikator pemulihan ekonomi Tiongkok dari Covid-19.

Perusahaan pembuat cip terbesar Tiongkok, SMIC, hari ini akan melakuan debutnya di pasar modal Shanghai. SMIC akan memainkan peranan penting dalam kemandirian teknologi Tiongkok di tengah-tengah sanksi dari AS.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada hari Rabu waktu setempat (15/7/2020) mengatakan AS akan menerapkan pembatasan visa untuk perusahaan teknologi Tiongkok, seperti Huawei, karena dianggap membantu Pemerintah Tiongkok melanggar hak asasi manusia.



Sumber: BeritaSatu.com