Tak Bagi Dividen, Bank Mayapada Perkuat Permodalan

Tak Bagi Dividen, Bank Mayapada Perkuat Permodalan
Bank Mayapada (Foto: Beritasatu.com)
Lona Olavia / AB Kamis, 16 Juli 2020 | 20:03 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Bank Mayapada Tbk (MAYA) sepakati untuk tidak membagi dividen bagi para pemegang saham pada tahun ini. Hampir seluruh laba perseroan 2019 atau 97,44% senilai Rp 514,61 miliar ditetapkan menjadi laba ditahan untuk memperkuat permodalan. Sisanya 2,56% atau Rp 13,50 miliar dialokasikan sebagai cadangan sesuai ketentuan UU 40/2007 tentang Perseroan Terbatas.

“Pemegang saham tidak ambil dividen, karena laba tahun lalu 2,56% dijadikan cadangan, sementara sisanya ditentukan menjadi laba ditahan,” kata Direktur Bank Mayapada Hariyono Tjahjarijadi seusai RUPST di Jakarta, Kamis (16/7/2020).

Tahun lalu, bank milik taipan Dato Sri Tahir ini mencatat pertumbuhan laba 20,74% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 528,11 miliar. Selain menetapkan penggunaan laba, RUPST juga menyetujui penggunaan hasil penawaran umum terbatas alias rights issue tahun lalu senilai Rp 997,33 miliar. Sebanyak Rp 626,03 miliar dari hasil rights issue digunakan untuk ekspansi kredit, sedangkan sisa Rp 371,30 miliar ditempatkan dalam pada Bank Indonesia dalam bentuk repo facility.

Selain itu, RUPST juga menetapkan nilai remunerasi bagi komisaris dan direksi maksimum Rp 56,87 miliar untuk tahun buku 2020. RUPST juga menunjuk Andreas Wiryanto sebagai wakil direktur utama.

Di sisi lain, Bank Mayapada membuka kemungkinan untuk melakukan dua aksi korporasi penambahan modal tahun ini yang tengah dibicarakan oleh pemegang saham dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun, pihaknya enggan membeberkan lebih lanjut mengenai hal ini.

Sebelumnya, Bank Mayapada mengumumkan bahwa salah satu pemegang saham, yaitu Cathay Life Insurance C  Ltd telah merampungkan uji tuntas alias due diligence terhadap perusahaan dalam rangka penambahan modal. Saat ini Cathay memiliki 37,33% saham Bank Mayapada.



Sumber: BeritaSatu.com