Logo BeritaSatu

Kinerja Kawasan Industri Dinilai Masih Positif

Senin, 20 Juli 2020 | 15:34 WIB
Oleh : Imam Muzakir / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Konsultan properti Colliers International Indonesia menilai, sektor industri dan logistik memiliki kinerja cukup bagus ditengah kondisi pandemi virus corona (Covid-19). Prospek tersebut, berpeluang menjadi pasar yang aktif di masa depan.

Baca Juga: Kawasan Industri Didorong Jadi Penggerak Ekonomi

"Kinerja sektor industri dan logistik cukup baik dan stabil di tengah kondisi pandemi. Sektor ini tampaknya memiliki potensi positif yang cukup dan dianggap sebagai salah satu aset properti paling sehat, yang mencakup logistik dan gudang," ungkap Head of Industrial and Logistics Services, Colliers International Indonesia, Rivan Munansa, dalam siaran pers, Senin (20/7/2020).

Rivan mengatakan, kinerja sektor industri dan logistik yang positif di tengah pandemi berpeluang meningkat di masa depan. Kinerja sektor industri dan logistik ini mengalami peningkatan pada 2010, dan sekitar 2013-2014, dan pada 2019. Sayangnya, Covid-19 terjadi pada awal 2020 dan sektor industri melambat. "Pada kuartal pertama, hanya 56 hektare yang terjual, mewakili hanya 16 persen dari total penjualan pada 2019," jelasnya.

Namun begitu, kata Rivan, bukan berarti prospek industri dan logistik ini terus menurun, justru kinerja masih yang positif. Beberapa sektor yang bisa memberikan menunjang sektor industri dan logistik adalah barang konsumsi. "Sektor ini memiliki tingkat stabilitas yang cukup baik. Permintaan telah meningkat, terutama setelah pecahnya pandemi Covid-19. Kemudian, ada e-commerce," tegasnya.

Baca Juga: Kawasan Industri Diminta Tegakkan Protokol Kesehatan

Saat ini, kata Rivan, e-commerce merupakan sektor yang terus berjalan dengan baik. Ada potensi signifikan bagi e-commerce untuk tumbuh lebih jauh, yang seharusnya memicu permintaan akan sifat pergudangan dan logistik yang memungkinkan industri ini.

"Kemudian ada sektor logistik. Sektor-sektor seperti barang-barang konsumsi dan e-commerce terus tumbuh, volume logistik akan meningkat. Ini memiliki dampak positif pada industri properti dan logistik," tandasnya.

Menurut Rivan, sektor e-commerce yang sedang berkembang dan meningkatnya penggunaan internet, menjadikan pusat data sebagai tulang punggung yang sangat penting. "Banyak pihak sekarang mulai berkeliling di pasar untuk menemukan lokasi yang tepat untuk membangun pusat data," ujarnya.

Baca Juga: Aktivitas Sewa Ruang Perkantoran Masih Berjalan

Selain itu, jelas dia, ada kemungkinan bahwa perusahaan perusahaan akan mulai mencari tanah yang terletak di kota dengan maksud membangun pusat pemenuhan tersebut.

"Bangunan kosong atau mal yang tidak digunakan tetapi masih layak dapat dikonversi menjadi pusat pemenuhan. Pusat pemenuhan biasanya terletak di perbatasan kota. Dalam hal lokasi, mereka dapat diakses dan dekat kota, tetapi juga dekat dengan gudang atau pabrik," tegasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mitigasi Risiko Kendaraan, Fox Logger Gaet Sompo Insurance

Fox Logger bekerja sama dengan PT Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance) untuk memberikan keamanan dalam mitigasi risiko kendaraan.

EKONOMI | 29 September 2022

Seedbacklink Siap Bantu UMKM Masuk Platform Digital

Seedbacklink siap membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mulai memasuki dunia digital.

EKONOMI | 29 September 2022

Right Issue 3,5 Miliar Saham, Bank Raya Bakal Ekspansif

RUPSLB PT Bank Raya Indonesia Tbk menyepakati rencana penambahan modal melalui right issue sebanyak-banyaknya 3,5 miliar saham.

EKONOMI | 29 September 2022

Penuhi TKDN, Fujitsu Luncurkan 8 Model Baru Pemindai Gambar

Sukses memenuhi tingkat komponen dalam negeri (TKDN), Fujitsu meluncurkan 8 model baru pemindai gambar komersial dalam seri fi.

EKONOMI | 29 September 2022

Selain Tol, Jokowi Bangun Infrastruktur Telekomunikasi dan Energi

Selain jalan tol, Jokowi juga membangun infrastruktur di sektor transportasi, telekomunikasi, energi, hingga pertanian.

EKONOMI | 29 September 2022

APPNIA Komitmen Dukung Program Penurunan Prevalensi Stunting

Asosiasi Perusahaan Produk Bernutrisi untuk Ibu dan Anak atau APPNIA menegaskan komitmennya untuk terus mendukung program pemerintah dalam menangani stunting.

EKONOMI | 29 September 2022

Bank bjb Tanda Tangani Pakta Integritas dengan BPDPKS

Bank bjb menandatangani pakta integritas dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) untuk mendukung iklim bisnis yang baik.

EKONOMI | 29 September 2022

Kenaikan Tarif Penyeberangan Pengaruhi Biaya Operasional

Organisasi Angkutan Darat (Organda) Lampung menilai kenaikan tarif penyeberangan akan memengaruhi biaya operasional pengusaha di bidang transportasi.

EKONOMI | 29 September 2022

Bisnis Ekonomi Digital Didorong untuk Makin Ditingkatkan

Peneliti Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, Eliza Mardian mendorong bisnis digital lebih dioptimalkan, khususnya terhadap kalangan muda.

EKONOMI | 29 September 2022

Penyesuaian Tarif Penyeberangan Tingkatkan Kualitas Layanan

Dirjen Hendro berharap, dengan adanya penyesuaian tarif penyeberangan operator kapal lebih meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan pelayaran.

EKONOMI | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

NEWS | 5 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings