Logo BeritaSatu

Jelang Hari Kemerdekaan Ke-75 RI, PLN Berhasil Tembus Pulau Terluar Indonesia

Minggu, 2 Agustus 2020 | 14:03 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Matutuang, Beritasatu.com - Jelang Kemerdekaan ke-75 RI, PLN berhasil menembus Pulau Matutuang, salah satu pulau terluar yang berlokasi di Kecamatan Marore, Kabupaten Kepulauan Sangihe, keberhasilan ini disambut antusias warga.

Edward Mokodompis, salah satu nelayan di pulau Matutuang, mengungkapkan kegembiraannya atas daerah tempat tinggalnya yang kini sudah berlistrik.

Advertisement

“Dulu penerangan kami hanya menggunakan lampu petromaks, pakai lampu dari PLTS juga, sekarang sudah ada PLN jadi sudah terang. Kami bisa membeli kulkas untuk menampung hasil tangkapan ikan. Ekonomi kami tentu dapat semakin berkembang. Terimakasih PLN,” ucap Edward.

Baca Juga: Ini Golongan Pelanggan yang Mendapat Stimulus Covid-19 dari PLN

Meskipun akses pulau sulit dijangkau, namun PLN berhasil mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Matutuang berkapasitas 120 kiloWatt (kW). Hal ini sebagai wujud komitmen PLN untuk memberikan terang hingga keujung Negeri.

"Di tengah pandemi Covid-19, PLN tak henti untuk terus membangun kelistrikan hingga pulau terluar agar listrik dapat dinikmati secara merata oleh seluruh rakyat Indonesia," ungkap General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) Leo Maria Basuki Bremani.

Pembangunan infrastruktur kelistrikan di Pulau Matututang mulai dibangun sejak tahun 2018. Selain membangun PLTD, PLN juga membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 0,05 kilometer sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 2 kms dan gardu distribusi dengan kapasitas 50 kiloVolt Ampere (kVA). PLN akan terus melakukan perluasan jaringan listrik seiring dengan peningkatan kebutuhan masyarakat. Saat ini sistem kelistrikan di Pulau Matutuang baru beroperasi 6 jam, yakni dari pukul 18:00-00.00 WITA.

Baca Juga: PLN Percepat Pembangunan SUTET 500 KV Tanjung Priok - Muara Tawar

“Saat ini PLN sudah melakukan penyambungan listrik untuk 59 pelanggan dan masih ada potensi penambahan hingga 100 pelanggan. Ke depan waktu layanan juga akan kami tingkatkan secara bertahap,” tambah Leo.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, khususnya Camat Marore dan Perangkat Desa Matutuang atas sinergi yang dibangun dengan sangat baik.

“Tanpa adanya sinergi tersebut pasti sulit bagi PLN dan Pemerintah untuk menyelesaikan program ini,” ujar Leo.

Sebelum mendapatkan listrik PLN, warga Pulau Matutuang mendapatkan listrik melalui PLTS , akan tetapi PLTS tersebut mengalami gangguan. Selanjutnya beberapa warga kemudian menggunakan mesin genset, baik milik desa maupun pribadi untuk menghasilkan listrik.

Baca Juga: Rasio Elektrifikasi Capai 99,09%

Pulau Matutuang adalah salah satu dari pulau perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Sulawesi Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan bagian dari Kecamatan Kepulauan Marore. Kecamatan ini memiliki 10 pulau dan terbagi dari empat pulau berpenduduk, di dalamnya Marore, Kawio, Kemboleng,dan Matutuang. Sementara itu satu pulau lainnya seperti Mamanu, berpenghuni musiman dan 5 pulau lainnya tak berpenghuni.

Hingga bulan Juli 2020, rasio elektrifikasi Provinsi Sulawesi Utara telah mencapai 99,23%”. PLN menyadari listrik merupakan kebutuhan vital bagi masyarakat, untuk itu PLN terus berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi hingga ke pelosok tanah air, termasuk pulau perbatasan NKRI.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tada Meraih 5 Penghargaan Tertinggi Tingkat Asia Pasifik

Tada, penyedia solusi dan platform Loyalty & Rewards di Indonesia, meraih 5 penghargaan tertinggi di tingkat Asia Pasifik. 

EKONOMI | 14 Agustus 2022

IPO, Black Diamond Resources Bidik Dana Segar Rp 227 Miliar

Calon emiten batu bara, PT Black Diamond Resources Tbk (COAL) bersiap menggelar Initial Public Offering (IPO) dengan mengincar dana Rp 227,50 miliar.

EKONOMI | 14 Agustus 2022

IISIA Apresiasi Gebrakan Mendag Sita Baja Impor Asal Tiongkok

Aosiasi Industri Baja Indonesia (IISIA) mengapresiasi upaya Kemendag dalam menindak pelaku impor baja yang melanggar aturan.

EKONOMI | 14 Agustus 2022

Perkuat Dana Murah, Bank Mega Bidik Tabungan Tumbuh 5%

PT Bank Mega Tbk (MEGA) menyatakan hingga Agustus 2022 total tabungan mencapai Rp 14,4 triliun.

EKONOMI | 14 Agustus 2022

Entitas Syariah Wanaartha Life Dilirik Investor Qatar

Calon investor asal Qatar dikabarkan tertarik untuk masuk ke entitas syariah PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wanaartha Life).

EKONOMI | 14 Agustus 2022

Ketidakpastian Ekonomi Tinggi, Begini Cara Emiten Pacu Kinerja

"Situasi saat ini memang challenging, sehingga dinamika ekonomi akan semakin terasa,” jelas Eko di acara "Emiten Talk" di Jakarta, Kamis (11/8/2022).

EKONOMI | 14 Agustus 2022

Kemenhub Putuskan Tunda Pemberlakuan Tarif Baru Ojol

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan penundaan terhadap pemberlakukan tarif baru ojol atau ojek daring (online).

EKONOMI | 14 Agustus 2022

Transaksi QRIS JakOne Mobile Bank DKI Tembus Rp 11 Triliun

Bank DKI mencatat jumlah transaksi QRIS melalui JakOne Mobile tumbuh 29,42% secara tahunan atau year on year (yoy) per Juli 2022.

EKONOMI | 14 Agustus 2022

Tinjau Pasar, Mendag Zulkifli Hasan: Harga Bapok Stabil

Mendag Zulkifli Hasan kembali meninjau harga barang kebutuhan pokok (bapok), termasuk memastikan ketersediaan minyak goreng.

EKONOMI | 14 Agustus 2022

FSC Forest Week Kampanyaken Produk Hutan Berkelanjutan

Lewat FSC Forest Week 2022, Tetra Pak memastikan bawah bahan baku kemasan karton perusahaan berasal dari hutan berkelanjutan.

EKONOMI | 14 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
FAO Bangga Indonesia Berhasil Capai Swasembada Beras

FAO Bangga Indonesia Berhasil Capai Swasembada Beras

NEWS | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings