Logo BeritaSatu

Star Energy Kembangkan Potensi Ekonomi Masyarakat di Jabar

Rabu, 12 Agustus 2020 | 21:36 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu - Star Energy Geothermal (SEG), perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi yang area operasinya berada di wilayah Jawa Barat (Jabar), terus meningkatkan program tanggungjawab sosial untuk mendukung pencapaian target Sustainability Development Goals (SDG's) melalui program pemberdayaan masyarakat (Community Development).

Baca Juga: Sektor Bisnis Berperan Penting dalam Capaian SDG's

Program-program pemberdayaan masyarakat ini, dilakukan di wilayah Kabupaten Bandung, khususnya di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Garut, Kabupaten Sukabumi, serta Kabupaten Bogor.

"Kami mengembangkan program pemberdayaan masyarakat yang beorientasi pada upaya berkelanjutan dengan beberapa target yang dirumuskan untuk mencapai SDG's," jelas Chief Power Plant Operations Officer Star Energy Geothermal, Heribertus Dwiyudha, dalam keterangannya, di Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Dia menjelaskan, beragam program pengembangan masyarakat yang dilaksanakan Star Energy Geothermal tersebut antara lain pemberdayaan ekonomi lokal (sentra kopi, jamur, peternakan, dan pertanian ramah lingkungan), peningkatan akses pendidikan (literasi, pelatihan guru, beasiswa) dan perlindungan lingkungan (ekowisata, restorasi mata air, konservasi hutan).

Adapun strategi pengembangan program pemberdayaan masyarakat secara terpadu, lanjut dia, akan difokuskan pada pengembangan kawasan melalui program unggulan geo-wisata kawah Wayang, ekowisata Darajat dan greenbelt hutan koridor Gunung Salak yang akan memberikan dampak langsung kepada masyarakat secara bervariasi, mulai dari kesejahteraan, kualitas hidup dan kualitas lingkungan.

Baca Juga: Berburu Energi Baru di Bawah Matahari

"Kami ingin mengembangkan kawasan dengan mendayagunakan potensi masyarakat dan dilakukan bersama masyarakat dengan prinsip saling mendukung dan transparansi," ujar Heribertus Dwiyudha.

Salah satu petani kopi di Pangalengan, Mochamad Aleh Setiapermana (Ketua Koperasi Petani Kopi Margamulya), yang akrab dipanggil M Aleh mengungkapkan kebahagiaannya mendapat dukungan program pengembangan masyarakat Star Energy Geothermal karena membantu mengembangkan usahanya, sekaligus memberdayakan petani lainnya.

Dukungan yang diberikan antara lain penyediaan bibit kopi, alat pengolahan, pelatihan budidaya dan pendampingan pengolahan biji kopi paska panen. Dalam hal pemasaran, Star Energy Geothermal juga memfasilitasi keikutsertaan petani dalam berbagai pameran nasional termasuk mengemas dalam paket wisata Pangalengan sekaligus mempromosikan kopi khas Pangalengan dengan cita rasa yang sudah diakui kalangan penikmat kopi.

"Dengan dukungan Star Energy Geothermal, saya belajar meningkatkan kapasitas dan kemampuan pengelolaan kopi yang baik sekaligus membuat kopi Pengalengan bisa kian dikenal," kata M Aleh, yang juga anggota komunitas Ambeu Preanger.

Baca Juga: DPR Dukung Percepatan Pemerataan Listrik

Program pengembangan masyarakat yang dilakukan Star Energy Geothermal telah memberikan dampak ekonomi yang dirasakan langsung. Selama kurun tiga tahun mengikuti program pendampingan, pendapatan yang dihasilkan M Aleh telah meningkat rata-rata 54 persen per tahun dari berbagai olahan biji kopi, baik berupa ceri, gabah, maupun bean.

"Dari pelatihan budidaya yang saya ikuti dari program pemberdayaan masyarakat, produktivitas biji kopi jadi maksimal. Pada 2017 saya panen ceri hanya 375 ton, dan mengalami peningkatan pada 2019 menjadi 1.726 ton," tukasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tumbuh Berkelanjutan, BRI Catat Sejumlah Aksi Korporasi Penting

BRI tidak hanya memperhatikan faktor profitabilitas, namun juga faktor ekonomi, lingkungan, sosial dan tata kelola untuk mencapai keuangan berkelanjutan.

EKONOMI | 30 Juni 2022

BRI: Digitalisasi Perbankan Harus Perkuat Ekonomi Riil

Digitalisasi di BRI diyakini dapat mendongkrak kondisi ekonomi riil di Indonesia, khususnya segmen UMKM.

EKONOMI | 30 Juni 2022

1 Juli Beli Pertalite Daftar MyPertamina? Simak Biar Tak Salah Kaprah

PT Pertamina menegaskan tanggal 1 Juli 2022 adalah tahap registrasi bagi masyarakat melalui MyPertamina, bukan merupakan pembatasan pembelian Pertalite.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Tekan Emisi Karbon Lewat Palet Zero Carbon Hasil Daur Ulang

Guna menekan emisi karbon global, CJ Logistics memperkenalkan palet zero carbon dari hasil sampah plastik daur ulang yang lebih ramah lingkungan.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Pembatasan Pertalite Mengacu CC Dinilai Tak Efektif, Kenapa?

Rencana pembatasan pembelian BBM Pertalite untuk kendaraan di atas 2.000 cc tidak akan efektif untuk membuat penyaluran BBM jenis ini lebih tepat sasaran.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Argon Group Bidik Besarnya Pasar Industri Farmasi dan Alkes

Argon Group perusahaan distributor produk farmasi di Indonesia membidik pasar industri alat kesehatan (alkes) di Tanah Air yang terus bertumbuh.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Semester I, Ini Daftar Saham Kasih Cuan Paling Banyak

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di BEI pada penutupan perdagangan sore ini Kamis (30/6/2022) turun 30,7 poin (0,4%) ke level 6.911.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Jokowi Teken Keppres Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

EKONOMI | 30 Juni 2022

IHSG Ditutup Turun ke 6.911, Kapitalisasi Pasar Rp 9.046 T

Perdagangan IHSG hari ini tercatat dengan volume 191,6 miliar saham senilai Rp 12,9 triliun dengan 156 saham menguat.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Modal Inti Bank Resona Perdania Naik Jadi Rp 5 Triliun

Bank Resona Perdania mengumumkan bahwa terjadi peningkatan modal inti bank menjadi sebesar Rp 5 triliun.

EKONOMI | 30 Juni 2022


TAG POPULER

# Jokowi Ukraina


# Pengawasan Intelijen


# MyPertamina


# Roy Suryo


# Mars


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tak Terima Ditegur, Mahasiswi Aniaya Polisi di Jakarta Timur

Tak Terima Ditegur, Mahasiswi Aniaya Polisi di Jakarta Timur

NEWS | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings