Logo BeritaSatu

Sektor Pariwisata Lesu, Bali Fokus Dorong Ekspor Pertanian

Sabtu, 22 Agustus 2020 | 13:40 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona, I Nyoman Mardika / JAI

Bali, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali fokus mendorong ekspor komoditas pertanian untuk mengantisipasi lesunya sektor pariwisata di Pulau Dewata akibat dampak pandemi Covid-19.

Menurut Gubernur Bali, Wayan Koster, pihaknya berupaya mendorong peningkatan produksi dan ekspor komoditas pertanian di Bali selama pandemi Covid-19. Beberapa komoditas pertanian yang didorong peningkatan ekspornya antara lain kakao, buah naga, salak dan manggis.

Advertisement

Wayan Koster menjelaskan, keempat komoditas pertanian asal Balo tersebut diminati sejumlah negara. Dalam hal ini, kakao diekspor ke Jepang, buah naga ke Tiongkok, serta buah salak dan manggis ke beberapa negara Eropa.

Namun Wayan Koster mengakui ada kendala pada distribusi akibat layanan transportasi khususnya penerbangan yang terganggu akibat dampak pandemi Covid-19.

“Saat ini produk pertanian Bali, ekspornya mulai tumbuh dengan baik. Kami mohon dukungan transportasi darat dan udara, terutama sekali karena akibat pandemi ini penerbangan terganggu sehingga ekspornya turun. Kami mohon bapak menteri semua memberi perhatian serius,” ujar Wayan Koster, disela-sela Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RKTM), di Hotel Sofitel Nusa Dua, Bali, Jumat (21/8/2020).

Wayan Koster menyambut baik pelaksanaan RKTM di Bali, karena dinilai menjadi bagian dari pemulihan perekonomian terutama sektor pariwisata yang menjadi andalan Pulau Dewata.

Dia berharap, seiring dengan dibukanya kembali Bali untuk wisatawan domestik, sektor pariwisata di Pulau Dewata kembali bangkit dan berbagai aktivitas perekonomian yang terkait dengan kepariwisataan bisa segera pulih.

"Sekarang belum bisa berharap banyak dari wisatawan mancanegara, makanya kami mulai dari wisatawan domestik. Harapan kami, ini bisa menghidupkan perekonomian rakyat yang terkait dengan aktivitas kepariwisataan, misalnya industri kerajinan, kuliner, dan penginapan," ujar Wayan Koster.

Sebagai informasi, RKTM lintas kementerian ini diadakan secara tertutup dihadiri secara fisik oleh sembilan Menteri, yakni Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Menteri Pertanian, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Koperasi dan UKM, dan Wakil Menteri BUMN I.

Selain itu, turut hadir pula lima menteri melalui sambungan konferensi daring, yaitu Menteri Keuangan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Perhubungan, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jobubu Jarum Minahasa Bidik Laba & Pendapatan Naik 50%

PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk (BEER) optimistis pada 2023 pendapatan dan laba tumbuh hingga 50%.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Waskita Catat Kontrak Baru Rp 20 Triliun, Mayoritas dari IKN

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) membukukan nilai kontrak baru (NKB) sebesar Rp 20,23 triliun sampai akhir tahun 2022.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Sandiaga Uno Dorong UMKM Manfaatkan TikTok untuk Jualan

Menurut Sandiaga, saat ini banyak platform digital atau media sosial yang mampu mendorong produk pelaku ekraf dan UMKM naik kelas. Salah satunya TikTok

EKONOMI | 29 Januari 2023

Dituduh Manipulasi Saham, Orang Terkaya Asia Ini Kehilangan Rp 700 T

Aset orang terkaya di Asia Gautam Adani jatuh lebih dari US$ 50 miliar setelah dituduh memanipulasi saham oleh Hindenburg Research.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Simak, Tips Main Aman Investasi Kripto

Pasar kripto terpantau terus menunjukkan performa positif di sepanjang Januari 2023 ini, setelah sempat turun beberapa waktu lalu.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Minyakita Langka, Mendag Janji Perbaiki Jalur Distribusi

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berjanji akan memperbaiki sistem distribusi sehingga Minyakita tidak mahal.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Mendag: Minyakita Tak Stop Produksi, tetapi Laris di Pasar

Zulkifli Hasan menepis isu yang beredar soal kelangkaan pasokan dan berhentinya minyak goreng (migor) bersubsidi dengan merek Minyakita.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Volatilitas Tinggi, Dana Kelolaan Ashmore AM Merosot 5%

PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk (AMOR) mencatat dana kelolaan investasi (asset under management/AUM) turun 5%.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Ayooservis Tawarkan Perbaikan Produk Teknologi Informasi

Ayooservis bagian dari Airmas Group menyasar pelanggan pemerintah dan korporasi untuk jasa perbaikan produk teknologi informasi

EKONOMI | 28 Januari 2023

Minyakita Langka di Pasaran, Harga Minyak Goreng Melonjak

Minyak goreng (migor) bersubsidi dengan merek Minyakita yang dirilis pemerintah beberapa waktu lalu kian langka di Purwakarta.

EKONOMI | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sky Walk Benteng Fort de Kock, Wisata Terbaru di Bukittinggi

Sky Walk Benteng Fort de Kock, Wisata Terbaru di Bukittinggi

LIFESTYLE | 12 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE