Logo BeritaSatu

Bank Muamalat dan BMM Sosialisasi Penggunaan Masker di Ponpes NU

Jumat, 11 September 2020 | 22:40 WIB
Oleh : FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk dan Baitulmaal Muamalat (BMM) berkolaborasi dengan Gerakan Pakai Masker (GPM) menggelar sosialisasi dan edukasi penggunaan masker di Pondok Pesantren Nahdatul Ulama (NU), Demak, Jawa Tengah.

Kegiatan yang dilakukan beberapa waktu lalu ini, merupakan bagia dari upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. Dalam kesempatan ini, Bank Muamalat dan GPM juga menyerahkan bantuan masker dan beras secara simbolik untuk para santri dan pengurus ponpes tersebut.

Direktur utama Bank Muamalat, Ahmad K Permana, mengatakan, pembagian masker beserta kegiatan edukasi dan sosialisasi ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran para santri dan pengurus ponpes menjalankan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19 di lingkungan pondok pesantren.

"Kerja sama yang terjalin dengan GPM ini meneguhkan komitmen Bank Muamalat dan BMM untuk menjaga umat tetap sehat melalui kegiatan edukasi dan sosialisasi penggunaan masker ini. Gerakan pakai masker juga harus menjadi gerakan sosial yang dapat membawa maslahat bagi para santri dan pengurus pesantren di Indonesia guna melindungi diri dan orang lain,” ujar Achmad K Permana, dalam keterangan persnya, Jumat (11/9/2020).

Bank Muamalat melalui BMM memberikan bantuan berupa 10.000 masker kepada Gerakan Pakai Masker (GPM). Bantuan ini bersumber dari dana zakat perusahaan dan karyawan Bank Muamalat yang dikelola oleh BMM.

Permana menegaskan, Bank Muamalat sebagai pendiri dari Yayasan Baitulmaal Muamalat terus memberikan dukungan terhadap segala aktivitas yang dilakukan oleh BMM, baik dalam kegiatan penghimpunan, pendistribusian maupun pendayagunaan zakat untuk meningkatkan kesejahteraan bagi para mustahik.

Penyuluhan untuk Penyuluhan (PuP) di Pesantren ini merupakan angkatan ke-5 yang dilaksanakan oleh Bank Muamalat dan GPM. Sebelumnya, kegiatan yang sama dilaksanakan di Pesantren Genggong (Probolinggo), pesantren di Lirboyo (Kediri), pesantren di Rembang, serta Pesantren Daarul Quran (Jawa Barat).

Sementara itu, Ketua Umum Gerakan Pakai Masker (GPM), Sigit Pramono mengajak para pengurus ponpes di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur untuk secara aktif melakukan edukasi dan sosialisasi kepada para santri agar selalu patuh pada protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak saat beraktivitas.

"Kami mengimbau para santri untuk berdisiplin memakai masker, terutama saat ke luar rumah dan berinteraksi dengan orang lain. Memakai masker adalah upaya minimal yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan menekan penularan virus Covid-19. Disiplin menggunakan masker bisa menekan hingga 75 persen risiko penularan,” jelas Sigit Pramono.

Ketua Pengurus Pusat NU Care-LAZISNU sekaligus pembina perkumpulan organisasi pengelola zakat (Poroz), Achmad Sudrajat, mengatakan, upaya edukasi dan sosialisasi penggunaan masker juga dilakukan oleh NU Care-LAZISNU. Berangkat dari kepedulian yang sama, NU Care-LAZISNU turut berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi dan edukasi pemakaian masker yang dilaksanakan oleh GPM.

"Selain pemakaian masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, para santri di pesantren juga harus menyeimbangkan gizi dan asupan, olahraga, serta istirahat yang cukup agar daya tahan tetap terjaga,” kata Achmad Sudrajat.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Urus Film Horor hingga Kawasan Industri, Ini yang Dilakukan Danareksa Sekarang

Sejak diberi mandat sebagai BUMN transformasi, Danareksa bertugas menyehatkan BUMN sakit seperti Balai Pustaka hingga scaling up BUMN-BUMN lain.

EKONOMI | 29 November 2022

Mentan Yakin Produksi Beras Bisa Penuhi Kebutuhan Nasional

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo meyakini produksi beras lokal mencukupi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

EKONOMI | 29 November 2022

Buwas Beberkan Hal yang Harus Dibenahi agar Polemik Beras Tidak Terulang

Dirut Perum Bulog Budi Waseso atau Buwas menyampaikan, hal yang perlu dibenahi agar polemik impor beras tidak lagi terjadi di kemudian hari.

EKONOMI | 29 November 2022

Kejar Target Penjualan, Emdeki Utama Fokus Pasar Domestik

Produsen kalsium karbida atau karbit, PT Emdeki Utama Tbk (MDKI) tahun ini lebih berkonsentrasi di pasar domestik untuk mencapai target penjualan 22.006 ton.

EKONOMI | 29 November 2022

Gubernur Edy Tetapkan UMP Sumatera Utara 2023 Naik 7,45%

Pemprov Sumut resmi menetapkan upah minimum provinsi atau UMP Sumatera Utara 2023 naik 7,45% atau menjadi Rp 2.710.493,93. Senin (28/11/2022). 

EKONOMI | 29 November 2022

Dedi Mulyadi Beri Catatan jika Impor Beras Dilakukan

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi memberi catatan khusus jika nantinya impor beras menjadi opsi yang diambil untuk memenuhi cadangan beras pemerintah 

EKONOMI | 28 November 2022

UMP DKI 2023 Naik Jadi Rp 4,9 Juta, Ini Respons Pengusaha

Menurut Nurjaman, Apindo DKI keberatan terhadap kenaikan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta yang mencapai 5,6%.

EKONOMI | 28 November 2022

Buwas: Impor Beras untuk Antisipasi Kekurangan Produksi Dalam Negeri

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) menegaskan, di tengah kondisi stok beras di gudang Bulog yang kian menipis, impor beras perlu dipertimbangkan.

EKONOMI | 28 November 2022

Pelaku Parekraf Bergotong Royong Bantu Korban Gempa Cianjur

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi  upaya gotong royong pelaku Parekraf untuk membantu korban gempa Cianjur

EKONOMI | 28 November 2022

Indonesia Ternyata Masih Impor Beras, untuk Apa Saja?

Perum Bulog pada akhir tahun ini berencana melakukan impor beras untuk memenuhi cadangan beras pemerintah (CBP).

EKONOMI | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Urus Film Horor hingga Kawasan Industri, Ini yang Dilakukan Danareksa Sekarang

Urus Film Horor hingga Kawasan Industri, Ini yang Dilakukan Danareksa Sekarang

EKONOMI | 2 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE