Sandiaga Uno: Inovasi Budaya Lokal Mampu Ciptakan Lapangan Kerja
Logo BeritaSatu

Sandiaga Uno: Inovasi Budaya Lokal Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

Minggu, 11 Oktober 2020 | 10:29 WIB
Oleh : Carlos Roy Fajarta / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Pengusaha Sandiaga Uno menyebutkan budaya lokal tidak melulu tradisional. Lewat inovasi yang dihadirkan, budaya lokal justru merupakan peluang usaha potensial sekaligus penciptaan lapangan kerja.

Hal tersebut disampaikannya saat peresmian PT Leholeh Rasa Nusantara Jaya yang digelar di bilangan Sindang Reret, Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (10/10/2020) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Sandi mengaku salut atas keberanian Gifari Zakka Adha (23) selaku CEO PT Leholeh Rasa Nusantara Jaya. Sebab, tidak hanya merintis usaha di tengah pandemi Covid-19. Dikatakan Sandiaga Uno pemuda tersebut berhasil mengembangkan aplikasi bernama Leholeh yang mengadopsi kearifan lokal, khususnya makanan khas Nusantara.

Lewat aplikasi market place itu, Gifari dijelaskannya mampu menghubungkan antara penjual dengan pembeli yang menginginkan makanan khas suatu daerah. Sehingga, masyarakat hanya cukup mengakses aplikasi Leholeh tanpa harus bepergian ke suatu daerah.

"Saya jadi ingat lagu Semua Ada di Sini yang dinyanyiin Enno Lerian, jadi mau makan makanan khas Nusantara apa aja itu nggak perlu lagi pergi jauh-jauh, semuanya ada di sini," ujar Sandiaga Uno, Minggu (11/10/2020) dalam keterangan tertulisnya.

"Lewat aplikasi ini semuanya terhubung secara digital, antara penjual dengan pembeli. Terciptanya ekosistem baru ini akan memacu geliat usaha di akar rumput yang berdampak kepada pemulihan ekonomi saat ini," tambah Sandiaga Uno.

Inisiatif yang diambil Gifari pun menurut Sandi sangat tepat. Sebab, pandemi Covid-19 ditegaskannya tidak boleh menghentikan langkah untuk terus berinovasi dan menciptakan lapangan pekerjaan.

"Jangan pernah berhenti untuk terus berinovasi dan terus semangat membuka lapangan pekerjaan. Karena badai akan berlalu, ekonomi akan membaik," lanjut Sandiaga Uno.

Gifari menyebutkan aplikasi Leholeh dipaparkannya menawarkan beragam kemudahan, baik bagi penjual maupun pembeli. Lewat aplikasi tersebut, masyarakat tidak perlu datang mengantre toko oleh-oleh serta menghabiskan waktu untuk berkeliling dari toko ke toko untuk mencari oleh-oleh.

Begitu juga dengan produsen maupun penjual, mereka katanya dapat dengan mudah memasarkan produk masing-masing secara online.

"Contoh ada seseorang yang ingin makan makanan khas Bandung, kalau dihitung ada banyak pengeluaran, mulai dari ongkos sampai waktu. Tapi lewat aplikasi ini, kita bisa pilih dan langsung pesan," kata Gifari.

Selain itu, alasan dirinya meluncurkan aplikasi Leholeh bertujuan untuk membantu para penjual makanan khas Nusantara. Karena diketahui, kebanyakan makanan khas yang dijual hanya laris pada saat musim liburan. Padahal, menurutnya, makanan khas Indonesia ini banyak peminatnya.

"Kita coba berikan solusi atas permasalahan yang dihadapi para pelaku usaha, agar makanan khas tidak hanya laris pada saat musim libur. Lewat aplikasi ini juga kita sampaikan sejarah makanan khas suatu daerah. Tujuannya agar masyarakat Indonesia paham tentang sejarah makanan khas yang ada di Indonesia," tandas Gifari.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA LAINNYA

Fokus Pasar: Investasi Proyek Baterai Listrik Selesai Sebelum 2024

Proyek senilai Rp 15,6 triliun tersebut merupakan kerja sama LG Energy Group Solution, Hyundai Motor Group dan PT Industri Baterai Indonesia.

EKONOMI | 21 September 2021

Jumlah Pengguna Naik Signifikan, Pendapatan Trimegah Karya Pratama Melesat

Pengguna Ultra Voucher naik jadi 205.000 pengguna pada Juni 2021, dibandingkan sebelumnya yaitu sekitar 123.000 pengguna pada periode yang sama di tahun lalu.

EKONOMI | 21 September 2021

Sebagian Bursa Asia Libur, Investor Terus Pantau Krisis Evergrande

Nikkei 225 Tokyo turun 1,61%, Topix turun 1,69%, S&P/ASX 200 Australia turun 0,14%.

EKONOMI | 21 September 2021

Dampak Krisis Evergrande Terasa hingga Bursa Eropa

Indeks Stoxx 600 Eropa turun 1,67%, DAX Jerman turun 2,31%, FTSE Inggris turun 0,86%, FTSE MIB Italia turun 2,57%.

EKONOMI | 21 September 2021

Tertular Krisis Evergrande, Konglomerat Tiongkok Ini Kehilangan US$ 1 M

Bos raksasa properti Shanghai, Sinic Holdings Group, Zhang Yuanlin kehilangan lebih dari US$ 1 miliar pada Senin (20/9/2021) karena efek domino Evergrande.

EKONOMI | 21 September 2021

Wall Street Anjlok, Ini Penyebabnya

Indeks S&P 500 turun 1,7% ke 4.357,73, koreksi terdalam sejak 12 Mei. Sebanyak 11 sektor ditutup di zona merah.

EKONOMI | 21 September 2021

Menko Airlangga Raih Penghargaan Internasional Terkait Pemulihan Ekonomi

Lima tokoh lainnya dari India, Korea Selatan, dan Inggris juga mendapat penghargaan di ajang yang sama.

EKONOMI | 20 September 2021

Tumbuh 8%, Industri Furnitur Tangguh Hadapi Dampak Pandemi

Industri furnitur merupakan salah satu sektor yang potensial dikembangkan karena didukung dengan ketersediaan sumber daya alam di dalam negeri.

EKONOMI | 20 September 2021

Kemnaker Dorong Perusahaan untuk Menyediakan Fasilitas Koperasi Pekerja

Kemnaker mendorong agar setiap perusahaan menyediakan fasilitas penunjang kesejahteraan pekerja/buruh, salah satunya koperasi pekerja/buruh.

EKONOMI | 20 September 2021

Modernland Mulai Serah Terima Proyek Mixed Home The Savoy

The Savoy yang mengusung konsep hunian 2 in 1, merupakan satu-satunya area rumah sekaligus tempat usaha yang berada di kawasan River Garden Jakarta Garden City.

EKONOMI | 20 September 2021


TAG POPULER

# Rocky Gerung vs Sentul City


# Napoleon Bonaparte


# Anies Baswedan


# PPKM


# Bangga Buatan Indonesia



TERKINI
Bertemu Menteri Iran di PBB, Negara Besar Akan Hidupkan Lagi Pakta Nuklir

Bertemu Menteri Iran di PBB, Negara Besar Akan Hidupkan Lagi Pakta Nuklir

DUNIA | 15 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings