Logo BeritaSatu

Menkeu Minta Ditjen Pajak Semangat Kumpulkan Penerimaan Negara

Jumat, 23 Oktober 2020 | 10:28 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Meski di tengah tantangan berat dalam mengumpulkan penerimaan negara dalam situasi pandemi Covid-19, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk terus semangat dalam menjalankan tugasnya.

"Kita sedang dalam suasana prihatin, namun tidak berarti semangat kita menurun. Kita dalam upaya menghadapi krisis, namun bukan berarti bahwa obor keyakinan kita, bahwa ikhtiar kita Insyaallah akan berhasil. Itulah sikap mental yang saya harapkan dari seluruh jajaran pajak. Tetap miliki humanity, humbleness, jadi keinginan untuk kita semuanya dalam situasi ini tahu keterbatasan manusia dan oleh karena itu berdoa menjadi penting dan terus menerus berikhtiar tanpa kenal lelah, tanpa kenal putus asa untuk terus memperbaiki membangun Indonesia melalui penerimaan pajak," ungkapnya dalam acara Spectaxcular 2020, secara virtual, Jumat (23/10/2020).

Sri Mulyani mengatakan, pemerintah menggunakan instrumen fiskal untuk menyelamatkan masyarakat dari masalah kesehatan, sosial, hingga ekonomi. Salah satunya melalui pemberian insentif pajak. Hal ini dilakukan meskipun penerimaan pajak saat ini juga mengalami kontraksi hingga 16,9%.

Melalui program pemulihan ekonomi nasional, pemerintah jelasnya, memberikan insentif pajak berupa pajak penghasilan (PPh) Pasal 21 ditanggung pemerintah, pembebasan PPh Pasal 22 impor, diskon angsuran 50% PPh Pasal 25, serta restitusi pajak pertambahan nilai (PPN) dipercepat. Insentif pajak tersebut senilai total Rp 120,61 triliun.

Dengan berbagai insentif pajak tersebut, menurutnya akan membantu pelaku usaha melewati masa sulit agar dapat segera bangkit ketika pandemi berakhir. Sri Mulyani meminta para pegawai DJP terus mendukung wajib pajak yang sedang menghadapi masa sulit tersebut.

"Saya ingin juga teman-teman dari Direktorat Jenderal Pajak tetap menjaga melaksanakan tugas dengan baik. Layani masyarakat dalam suasana yang sulit ini dengan hati dan sikap anda yang siap membantu, namun tetap disiplin dan punya profesionalitas dan integritas untuk menjaga kepentingan negara," tegas Menkeu.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bursa AS Turun karena Suku Bunga Setelah Laporan Pekerjaan

Bursa AS Wall Street jatuh pada Jumat (7/10/2022) karena para trader merespons laporan pekerjaan September.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Bursa Eropa Ditutup Melemah Setelah Data Pekerjaan AS

Indeks Stoxx 600 di bursa Eropa berakhir turun 1,1%, dengan semua bursa utama dan sebagian besar sektor diperdagangkan di zona merah.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Gandeng Influencer, Hermesien Closet Perluas Jangkauan Market Digital

Hermesien Closet memperluas jangkauan market digital dengan menggandeng influencer. Hal itu seiring dengan majunya era digital.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Kemenhub Tetapkan BPLJSKB sebagai Badan Layanan Umum

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) sebagai Badan Layanan Umum (BLU).

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Dolan-dolan, Cara Springhill Group Bangkitkan Semangat Kerja

Perusahaan pengembang properti, Springhill Group bersiap kembali bangkit untuk melanjutkan berbagai aktivitas bisnis.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Airlangga: Delapan Investor Tanamkan Investasi Pusat Data di Batam

Airlangga Hartarto mengatakan, sudah lebih dari delapan investor yang berinvestasi dalam pengembangan pembangunan pusat data di Batam.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Jokowi Apresiasi UMKM Bali yang Menembus Pasar Luar Negeri

Presiden Jokowi mengapresiasi UMKM Bali yang dapat menembus pasar luar negeri usai membuka Konferensi ke-3 WCCE Tahun 2022 di Nusa Dua, Bali

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Emil Dardak Terpilih sebagai Presiden EAROPH 2022-2024

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Emil Dardak dipercaya sebagai Presiden Organization for Planning and Human Settlements (EAROPH) periode 2022-2024.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Jokowi Apresiasi Pengembangan Industri Bioteknologi

Presiden Jokowi mengapresiasi pengembangan industri bioteknologi yang memproduksi vaksin dengan platform teknologi berbasis messenger RNA (mRNA) di tanah air.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Lintasarta dan PPA Dukung Artajasa untuk Perkuat Layanan Transaksi Digital

Lintasarta melakukan kerja sama strategis dengan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) mendukung Artajasa untuk memperkuat layanan transaksi digital

EKONOMI | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bima Sakti Sulit Rotasi 8 Pemain Timnas U-17 Indonesia

Bima Sakti Sulit Rotasi 8 Pemain Timnas U-17 Indonesia

BOLA | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings