Logo BeritaSatu

CMSE 2020 Bukukan Transaksi Saham dan Reksa Dana Rp 376,35 Juta

Minggu, 25 Oktober 2020 | 13:40 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Capital Market Summit and Expo (CMSE) 2020 yang diadakan virtual untuk pertama kalinya, disambut positif publik dan pelaku pasar modal Indonesia. Bahkan selama sepekan 19-24 Oktober, acara yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) itu mampu menjaring 344 pembukaan akun saham dan reksa dana dengan nilai transaksi mencapai Rp 376,35 juta.

Demikian disebutkan, Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hasan Fawzi dalam acara penutupan CMSE 2020, secara virtual, Sabtu (24/10).

Hasan menambahkan, pelaksanaan CMSE 2020 secara virtual melahirkan banyak ruang dan fleksibilitas. "Dari sisi waktu ini memudahkan kami secara penyelenggara untuk memanjangkan periode kegiatan dari yang sebelumnya dua hari di tahun lalu menjadi enam hari. Enam sesi talkshow menjadi 16 sesi webinar, dan 70 tenant menjadi 96 tenant expo di tahun ini dengan partisipasi narasumber dan moderator dari seluruh wilayah di Indonesia," jelasnya.

Manajemen BEI menyatakan antusiasme peserta terhadap acara terlihat dari total pendaftar yang tercatat sebanyak 12.332 peserta pada platform website cmse.id. Total viewer dari 15 event summit yang sudah berlangsung adalah 44.113 viewer dan total kunjungan expo sebanyak 75.030. Lalu, total interaksi live chat untuk informasi sebanyak 87.998 klik. Selain itu, kunjungan ke booth selama enam hari pelaksanaan CMSE 2020 mencapai 917 kunjungan. Di mana booth yang paling banyak dikunjungi adalah milik PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia.

Tidak hanya itu, agenda Summit pun dibanjiri oleh penonton, dengan tidak satu pun sesi dengan jumlah viewer kurang dari 1.000. "Rekor tercatat pada Opening Ceremony CMSE 2020 yang dihadiri oleh total 10.264 viewer," sebut Hasan.

Merespons kondisi pandemi, Hasan menambahkan, pihaknya memutuskan akan terus membuka CMSE 2020 melalui virtual venue yang dapat dikunjungi di cmse.id. Secara terpisah, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI) Octavianus Budiyanto menilai, konsep penyelenggaraan secara virtual dianggap mampu menggapai semua kalangan dan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Dengan adanya acara ini edukasi yang dilakukan OJK dan SRO ini dapat menjangkau seluruh Tanah Air. Indonesia kan besar, biasanya kalau acara offline paling hanya diselenggarakan di Jakarta dan Surabaya. Sedangkan saudara-saudara kita yang ada di Papua, Ambon, Aceh, dan lain-lain tahun ini bisa menikmati juga,” ungkapnya.

Octavianus mengatakan, kegiatan CMSE 2020 dengan konsep virtual akan lebih efisien, karena pesan edukasi dan literasi mengenai pasar modal akan lebih sampai ke semua kalangan, khususnya bagi calon investor yang saat ini trennya didominasi oleh kalangan milenial.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kaesang Pangarep: 70% Uang Saya Diinvestasikan di Saham

Kaesang Pangarep rupaya lebih mempercayakan uang yang dimilikinya untuk diinvestasikan di saham ketimbang ditabung. 

EKONOMI | 27 September 2022

Startup Ingin Dapat Modal dari Merah Putih Fund? Ini 4 Syaratnya

Untuk bisa mendapatkan pendanaan dari Merah Putih Fund. Pertama, startup tersebut pendirinya 100% atau seluruhnya harus orang Indonesia.

EKONOMI | 27 September 2022

Ekosistem BUMN Bisa Bantu Startup Berkembang Secara Sustainable

Wamen  BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan, tantangan utama yang dihadapi dunia startup adalah ketika ingin masuk ke tahap scalability.

EKONOMI | 27 September 2022

Mandala Finance Lirik Pembiayaan Motor Listrik

PT Mandala Multifinance Tbk (Mandala Finance) siap membuka ruang kerja sama kepada calon mitra terkait untuk dapat menyalurkan pembiayaan motor listrik.

EKONOMI | 27 September 2022

Digagas Kaesang Pangarep dan Kevin, Saham Rakyat Luncurkan Versi Pro

Saham Rakyat, yang diinisiasi oleh Kaesang Pangarep dan Kevin Hendrawan, menghadirkan Saham Rakyat versi Pro.

EKONOMI | 27 September 2022

SIG Gandeng Cloud Amazon Percepat Transformasi Digital

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) atau SIG bekerja sama dengan Amazon Web Services (AWS) mempercepat transformasi digital dengan memanfaatkan teknologi cloud.

EKONOMI | 27 September 2022

Bank BJB Gelar Kompetisi Entrepreneur Muda Indonesia

Bank bjb menggelar kompetisi entrepreneur muda Indonesia yang penuh inovasi melalui Young Entrepreneur Success Zone (YEZ) 2.0 by bank bjb.

EKONOMI | 27 September 2022

Traveloka Dukung Implementasi Lima Pilar Aksi TWG G-20

Traveloka berkomitmen penuh mendorong percepatan pemulihan pariwisata nasionalmelalui berbagai inisiasi.

EKONOMI | 27 September 2022

Widodo Makmur Perkasa Ekspansi Pasar Ekspor ke Tiongkok

PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (WMPP) terus memperluas pasar ekspor produknya hingga ke Tiongkok.

EKONOMI | 27 September 2022

Bank BJB Berhasil Kembali Meraih Top GRC Award 2022

Bank BJB pada tahun ini kembali berhasil meraih penghargaan Top Governance, Risk & Compliance (GRC) Award 2022.

EKONOMI | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menpora Yakin PBSI Bisa Atasi Kisruh Antara Kevin dengan Herry IP

Menpora Yakin PBSI Bisa Atasi Kisruh Antara Kevin dengan Herry IP

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings