Logo BeritaSatu

Sinergi Indonesia-Korsel Diharapkan Terus Berlanjut

Rabu, 28 Oktober 2020 | 21:06 WIB
Oleh : Leonard AL Cahyoputra / HK

Jakarta, Beritasatu.com - Pada 2019, perdagangan Indonesia dan Korea Selatan (Korsel) mencapai US$ 15,6 miliar. Sinergi kedua negara dharapkan terus berlanjut dan dapat memegang peran strategis dalam upaya pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menerangkan, kolaborasi komprehensif yang dijalin oleh kedua negara ditujukan untuk memacu perekonomian yang saling menguntungkan. Melalui Segye Asean Forum 2020i, kedua negara dapat lebih meningkatkan kerja sama, khususnya di bidang bisnis dan sektor industri. Komoditas Indonesia yang diekspor ke Korsel yakni besi dan baja, kayu dan barang dari kayu, mesin dan peralatan listrik, serta barang jadi dan aksesori pakaian.

"Selama bertahun-tahun, Indonesia dan Korsel secara berkelanjutan memperkuat hubungan ekonomi. Kami sangat menyambut investasi di berbagai sektor industri, khususnya industri substitusi impor, industri berorientasi ekspor, industri padat karya, dan industri produk berbasis teknologi tinggi,” ucap dia dalam sambutannya secara virtual pada acara Segye Asean Forum 2020, belum lama ini.

Agus menyebutkan, sejumlah investor besar dari Negeri Ginseng tersebut seperti Samsung dan Posco telah menanamkan modal di Indonesia. Beberapa investor lainnya juga mempertimbangkan Indonesia menjadi negara tujuan utama dalam perluasan usaha mereka, seperti Hyundai, Lotte Chemical, dan LG Chemical. "Merupakan suatu kebanggaan bagi Indonesia, karena dipercaya sebagai rumah bagi perusahaan-perusahaan terkemuka untuk makin berkembang di masa depan," ujar dia.

Agus juga mengapresiasi keterlibatan perusahaan farmasi Indonesia dan Korea Selatan dalam pengembangan vaksin Covid-19 yang menunjukkan kemajuan luar biasa. “Kami berharap kolaborasi ini tidak hanya membantu kedua negara dalam memerangi Covid-19, tetapi juga menciptakan kerja sama yang lebih kuat di masa depan,” ucap Menperin.

Guna membuka jalan masuk bagi para investor selama masa pandemi, dia menerangkan, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengeluarkan kebijakan strategis dalam mendukung kegiatan industri agar bisa terus berlangsung. Dia menyebut, menjalankan protokol kesehatan yang ketat menjadi agenda wajib yang lebih dahulu diimplementasikan.

"Hal ini sesuai protokol kesehatan yang direkomendasikan WHO, sehingga dapat menjamin terpenuhinya kebutuhan masyarakat,” ujar Agus.

Salah satu kebijakan tersebut, kata dia, adalah penerbitan Izin Operasional Mobilitas dan Kegiatan Industri (IOMKI). Penerapan IOMKI selama beberapa bulan terakhir ini telah membantu perekonomian Indonesia, sehingga diharapkan dapat bangkit. “Bahkan, kebijakan ini memastikan industri manufaktur tetap kompetitif di tengah pandemi Covid-19,” kata dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mitigasi Risiko Kendaraan, Fox Logger Gaet Sompo Insurance

Fox Logger bekerja sama dengan PT Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance) untuk memberikan keamanan dalam mitigasi risiko kendaraan.

EKONOMI | 29 September 2022

Seedbacklink Siap Bantu UMKM Masuk Platform Digital

Seedbacklink siap membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mulai memasuki dunia digital.

EKONOMI | 29 September 2022

Right Issue 3,5 Miliar Saham, Bank Raya Bakal Ekspansif

RUPSLB PT Bank Raya Indonesia Tbk menyepakati rencana penambahan modal melalui right issue sebanyak-banyaknya 3,5 miliar saham.

EKONOMI | 29 September 2022

Penuhi TKDN, Fujitsu Luncurkan 8 Model Baru Pemindai Gambar

Sukses memenuhi tingkat komponen dalam negeri (TKDN), Fujitsu meluncurkan 8 model baru pemindai gambar komersial dalam seri fi.

EKONOMI | 29 September 2022

Selain Tol, Jokowi Bangun Infrastruktur Telekomunikasi dan Energi

Selain jalan tol, Jokowi juga membangun infrastruktur di sektor transportasi, telekomunikasi, energi, hingga pertanian.

EKONOMI | 29 September 2022

APPNIA Komitmen Dukung Program Penurunan Prevalensi Stunting

Asosiasi Perusahaan Produk Bernutrisi untuk Ibu dan Anak atau APPNIA menegaskan komitmennya untuk terus mendukung program pemerintah dalam menangani stunting.

EKONOMI | 29 September 2022

Bank bjb Tanda Tangani Pakta Integritas dengan BPDPKS

Bank bjb menandatangani pakta integritas dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) untuk mendukung iklim bisnis yang baik.

EKONOMI | 29 September 2022

Kenaikan Tarif Penyeberangan Pengaruhi Biaya Operasional

Organisasi Angkutan Darat (Organda) Lampung menilai kenaikan tarif penyeberangan akan memengaruhi biaya operasional pengusaha di bidang transportasi.

EKONOMI | 29 September 2022

Bisnis Ekonomi Digital Didorong untuk Makin Ditingkatkan

Peneliti Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, Eliza Mardian mendorong bisnis digital lebih dioptimalkan, khususnya terhadap kalangan muda.

EKONOMI | 29 September 2022

Penyesuaian Tarif Penyeberangan Tingkatkan Kualitas Layanan

Dirjen Hendro berharap, dengan adanya penyesuaian tarif penyeberangan operator kapal lebih meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan pelayaran.

EKONOMI | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings