Logo BeritaSatu

Tiga Hal yang Patut Disiapkan di Era Cashless Society

Rabu, 28 Oktober 2020 | 21:42 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com – Sepanjang tahun 2020, produk fintech mulai marak bermunculan di Indonesia. Produk ini muncul bukan tanpa alasan, berdasarkan hasil studi oleh Ipsos Indonesia di awal tahun 2020 menunjukkan adanya perubahan perilaku pembayaran masyarakat yang mulai beralih menuju cashless.

Istilah cashless society sendiri semakin familiar selama beberapa tahun terakhir. Secara sederhana, ini adalah sebutan untuk masyarakat atau komunitas yang lebih banyak menggunakan transaksi non-tunai dalam keagiatan ekonomi sehari–harinya.

Tidak hanya itu saja, tren ini ternyata juga didukung pemerintah. Bank Indonesia sebagai badan hukum publik rupanya telah mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) untuk mendorong transaksi uang elektronik.

OY! Indonesia, aplikasi pintar untuk solusi finansial menyebutkan setidaknya ada tiga hal yang perlu disiapkan dalam menghadapi era cashless society ini.

Pertama dengan memahami berbagai jenis transaksi non-tunai."Dewasa ini terdapat banyak sekali pilihan cashless payment. Untuk langkah awal, Anda dapat mengenal setiap jenis pembayaran digital yang ada saat ini, dimulai dengan mencari keuntungan dan fungsi dari berbagai jenis pembayaran digital yang ada. Jangan lupa diimbangi dengan mencari tahu kekurangannya juga," tulis OY! Indonesia dalam siaran pers, Rabu (28/10/2020).

Lalu kedua, belajar cara bertransaksi dengan uang elektronik. Hal ini perlu dilakukan karena setiap jenis aplikasi digital memiliki cara aktivasi dan penggunaan yang berbeda. Ada yang hanya perlu melakukan transfer saldo namun ada juga yang harus melakukan scan QR kode terlebih dahulu.

"Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi digital tersebut, hendaknya mempelajari terlebih dahulu bagaimana prosedur aktivasi dan cara bertransaksinya."

Ketiga, optimalkan pengelolaan keuangan yang baik di aplikasi cashless. "Setelah Anda sudah familiar dengan berbagai jenis pilihan dan fungsi dari setiap jenis aplikasi digital, jangan lupa atur porsi dana di tiap aplikasi yang telah dipilih. Anda dapat mengalokasikan dana untuk budget jajan bulanan atau budget transportasi bulanan."

Dengan banyaknya aplikasi cashless payment yang ada dan adanya biaya admin untuk setiap transaksi, OY! Indonesia memberikan solusi untuk memudahkan transaksi digital. OY! Indonesia menawarkan layanan mulai dari transfer gratis antar bank, top-up e-money gratis, tarik tunai tanpa ATM hingga pencatatan riwayat transaksi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Fasilitas dan Infrastruktur, Fokus Utama Konsumen Perumahan

PT Kesuma Agung Selaras (KAS) meresmikan jembatan dan akses jalan yang menghubungkan perumahan Graha Laras Sentul dengan kawasan sekitarnya.

EKONOMI | 30 September 2022

Gandeng Sinergy Networks, Surge Bidik Pendapatan Rp 821 M

PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge melalui PT Integrasi Jaringan Ekosistem (Weave) menandatangani perjanjian dengan Sinergy Networks.

EKONOMI | 30 September 2022

Traveloka Dapat Suntikan Dana US$ 300 Juta dari INA Dkk

Traveloka, mendapatkan fasilitas pendanaan US$ 300 juta dari Indonesia Investment Authority, BlackRock, Allianz Global Investors, Orion Capital Asia.

EKONOMI | 30 September 2022

ICT Business Partnership, Pengusaha Korea-Indonesia Jalin Kerja Sama

Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Korea bekerja sama dengan Korea National IT Industry Promotion Agency menggelar ICT Business Partnership.

EKONOMI | 30 September 2022

OPEC Disinyalir Pangkas Produksi, Harga Minyak Mentah Turun

Sempat menyentuh US$ 90 per barel, harga minyak mentah dunia Brent akhirnya turun pada perdagangan Jumat pagi (30/9/2022) di Asia.

EKONOMI | 30 September 2022

Dari Merugi Garuda Untung Rp 57 Triliun, Kok Bisa?

Laba bersih tersebut merupakan hasil dari pembalikan liabilitas atau utang setelah Garuda menuntaskan PKPU.

EKONOMI | 30 September 2022

Wall Street Melemah, S&P 500 Anjlok ke Level Terendah 2022

Wall Street ditutup melemah. Indeks S&P 500 jatuh ke level terendah tahun ini di tengah sentimen the Fed bakal tetap menaikkan suku bunga.

EKONOMI | 30 September 2022

Bank Raya Tunjuk Ida Bagus Ketut Subagia Jadi Dirut

Bank Raya menunjuk Ida Bagus Ketut Subagia sebagai Direktur Utama Bank Raya. Bank Raya juga mengumumkan rencananya menerbitkan 3,5 miliar saham.

EKONOMI | 29 September 2022

Mitigasi Risiko Kendaraan, Fox Logger Gaet Sompo Insurance

Fox Logger bekerja sama dengan PT Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance) untuk memberikan keamanan dalam mitigasi risiko kendaraan.

EKONOMI | 29 September 2022

Seedbacklink Siap Bantu UMKM Masuk Platform Digital

Seedbacklink siap membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mulai memasuki dunia digital.

EKONOMI | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jual Beli Bayi Rp 15 Juta

Jual Beli Bayi Rp 15 Juta "Ayah Sejuta Anak" Dibekuk

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings