Logo BeritaSatu

Ekonomi Kreatif Akan Jadi Penggerak Ekonomi Nasional

Minggu, 15 November 2020 | 13:36 WIB
Oleh : Herman / FMB

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meyakini, dengan ekosistem yang kondusif, ekonomi kreatif akan menjadi salah satu penggerak ekonomi nasional, serta menjadi salah satu sektor pendukung yang penting dalam upaya pemulihan ekonomi nasional. Apalagi insan kreatif sangat cepat beradaptasi dan kreatif dalam menemukan serta memanfaatkan cara-cara baru. Kontribusinya terhadap produk domestik bruto (PDB) juga diyakini akan terus meningkat.

“Saya mencatat, pada tahun 2017 industri kreatif menyumbang pada PDB sebesar Rp 1.000. Angka ini meningkat pada tahun 2018 menjadi Rp 1.105 triliun, dan meningkat lagi menjadi Rp 1.211 triliun di tahun 2019,” papar Jokowi dalam sambutannya di acara Ideafest 2020 secara virtual, Minggu (15/11/2020).

Ekonomi kreatif mencakup sektor seperti: Aplikasi dan game developer, arsitektur, desain (produk, interior, komunikasi visual), fashion, film, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni rupa, TV dan radio.

Selain berkontribusi besar pada PDB, jumlah tenaga kerja yang bekerja di sektor ini juga semakin bertambah, tumbuh berkisar 5,95% setiap tahunnya.

“Ekonomi kreatif membuka peluang untuk menghidupi seluruh kalangan tanpa terkecuali melalui inklusivitasnya, sehingga sektor industri kreatif akan menjadi sektor yang banyak menciptakan lapangan kerja baru,” tambahnya.

Dikatakan Jokowi, ekonomi kreatif merupakan sektor yang tidak terbatas karena kemunculannya didasari oleh imajinasi dan kreativitas yang tidak memiliki batas, di mana kekuatan utamanya adalah kreativitas, pengetahuan, budaya dan teknologi.

“Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan industri kreatif. Jumlah anak muda kita sangat besar, kita juga punya kekayaan seni tradisi yang luar biasa, serta banyak talenta hebat yang bisa dikembangkan. Saya juga bangga semakin bertambah Insan kreatif Indonesia yang go global, go international,” kata Jokowi.

Ia menegaskan, pemerintah akan terus memperbaiki ekosistem bagi pengembangan sektor kreatif agar lebih mudah membuka usaha, lebih leluasa mengakses pendanaan, serta lebih cepat mengembangkan pasar.

“Saya akan terus mendukung inisiatif Pemerintah Daerah, Pemerintah Kota, Pemerintah Kabupaten untuk mendorong tumbuhnya komunitas kreatif, serta melibatkan insan kreatif dalam pengembangan ekonomi di daerahnya. Saya melihat beberapa kota telah mengembangkan industri kreatif unggulan, menciptakan festival dan event yang mempromosikan kreativitas dan menjadi daya tarik pariwisata, serta melibatkan orang kreatif dalam perencanaan dan pengelolaan kotanya, penggagas ruang publik sebagai ruang kreatif. Inisiatif-inisiatif seperti ini harus lebih diperbanyak di seluruh tanah air,” paparnya.

Dikatakan Jokowi, perkembangan industri kreatif juga perlu disambut dengan meningkatkan tingkat konsumsi pada produk dan brand industri kreatif dalam negeri, serta meningkatkan kecintaan dan kebanggaan pada hasil karya anak bangsa, sehingga produk kreatif Indonesia betul-betul menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

“Karena itu, saya mengajak insan kreatif di seluruh Indonesia untuk mempersiapkan diri menyambut peluang baru, mengambil kesempatan kesempatan besar ini. Sekarang adalah waktu yang sangat tepat untuk meletakkan fondasi menjadikan ekonomi kreatif sebagai ekonomi masa depan yang memberikan kesejahteraan dan mendorong kemajuan bangsa,” ungkap Jokowi.

Jokowi juga memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan IdeaFest 2020. Di tengah-tengah pandemi, semangat untuk meningkatkan keahlian dan kapasitas semakin besar. Kreativitas tumbuh subur membawa ide-ide segar dan terobosan yang positif. Kolaborasi juga terus berjalan mencari solusi untuk tetap produktif.

“Hal ini membuktikan dalam keterbatasan, insan kreatif tidak pernah mau menyerah, selalu menemukan jalan untuk tetap berkarya,” pungkas Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Prospek Multifinance Bergairah, Momentum Ekspansi Pembiayaan

2022 merupakan waktu tepat bagi bisnis pembiayaan untuk melakukan ekspansi, seiring prospek sektor multifinance yang diproyeksikan kembali bergairah.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Mudahkan Transaksi, MC Texstyle Andalkan Platform Digital

MC Texstyle menggunakan platform digital, mulai dari Instagram, Tiktok, Facebook, YouTube, hingga website.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Kredit dan DPK Tumbuh, Aset Bank Universal BPR Rp 1 Triliun

Total aset Bank Universal BPR melampaui Rp 1 triliun per 30 April 2022 berkat kepercayaan masyarakat dan tim yang solid.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Rupiah Ditutup Menguat 52 Poin Jadi Rp 14.644 Per Dolar AS

Rupiah hari ini diperdagangkan dengan kisaran Rp 14.626- Rp 14.668 dan  dolar Singapura terhadap dolar AS menguat 0,006 poin (0,43%) mencapai 1,38

EKONOMI | 17 Mei 2022

IHSG Naik 46 Poin, Kapitalisasi Pasar Capai Rp 8.951 T

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan sore ini Selasa (17/5/2022) naik 46,4 poin (0,7%) ke level 6.644.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Merugi Rp 11 T, Petani Sawit Minta Larangan Ekspor Dicabut

Petani sawit meminta pemerintah mencabut larangan ekspor minyak goreng dan CPO karena berdampak langsung pada anjloknya harga TBS.

EKONOMI | 17 Mei 2022

BPS: Kenaikan Harga Batu Bara Dorong Pertumbuhan Ekspor

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan nilai ekspor pada April 2022 mencapai US$ 27,32 miliar atau naik 3,11% dibanding ekspor Maret 2022.

EKONOMI | 17 Mei 2022

BPS: Neraca Perdagangan April 2022 Surplus US$ 7,56 M

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia April 2022 surplus US$ 7,56 miliar.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Rumah Berkualitas dan Terjangkau untuk Milenial

TerasX bekerja sama dengan BTN menyediakan perumahan terjangkau berkualitas untuk milenial.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Kementerian PUPR Minta BTN Gelar Lebih Banyak Pameran di Luar Jakarta

Kementerian PUPR) berharap PT Bank Tabungan Negara bisa menggelar pameran perumahan tidak hanya di Ibu Kota Jakarta, namun juga di seluruh wilayah Indonesia.

EKONOMI | 17 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tak Suka Gimmick Politik, Puan Maharani Pilih Kerja Nyata

Tak Suka Gimmick Politik, Puan Maharani Pilih Kerja Nyata

NEWS | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings