Menhub: Patimban Siap Layani Ekspor Impor Mobil Mulai Desember 2020
Logo BeritaSatu

Menhub: Patimban Siap Layani Ekspor Impor Mobil Mulai Desember 2020

Senin, 16 November 2020 | 17:41 WIB
Oleh : Thresa Sandra Desfika / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyatakan, Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat siap melayani kegiatan ekspor impor kendaraan perdananya pada Desember 2020.

"Kami tetap berkomitmen menyelesaikan berbagai pembangunan infrastruktur transportasi salah satunya Pelabuhan Patimban sehingga ini dapat segera dimanfaatkan dan diharapkan dapat mempercepat pemulihan ekonomi Nasional. Harapannya Desember nanti kita akan gunakan pertama kali sebagai car terminal yang digunakan untuk ekspor dan impor mobil. Sambil kami juga terus melanjutkan pembangunan tahap berikutnya,” jelas Menhub dalam keterangan resmi, Senin (16/11/2020).

Menhub mengatakan, saat ini tim pelaksana pekerjaan masih terus melakukan penyelesaian pekerjaan-pekerjaan agar bisa dioperasikan secara terbatas di bulan Desember 2020.

Menurut dia, Pelabuhan Patimban tengah dalam proses penyelesaian tahap 1, yaitu penyelesaian terminal peti kemas seluas 35 hektare dengan kapasitas 250.000 TEUs dan terminal kendaraan seluas 25 hektare dengan kapasitas 218.000 CBU. Sementara, yang sudah siap dimanfaatkan adalah dermaga kendaraan seluas 350 m x 33 m dengan kapasitas 218.000 CBU.

"Dari sisi akses jalan, sudah siap dioperasikan juga jalan akses sepanjang 8,2 kilometer dari jalan raya Pantura yang telah diselesaikan pembangunannya oleh Kempupera," imbuh Budi.

Menhub mengungkapkan, mulai 2021 segera dimulai pembangunan selanjutnya yaitu pengerjaan terminal peti kemas seluas 66 hektare dengan kapasitas kumulatif 3,75 juta TEUs dan terminal kendaraan dengan kapasitas kumulatif 600.000 CBU serta terminal kapal roro seluas 200 meter.

“Secara jangka panjang, tahun 2027 diharapkan Patimban akan menjadi pelabuhan besar yang difungsikan untuk kegiatan ekspor industri otomotif dan logistik dari Indonesia ke luar negeri yang tentunya tidak hanya mendorong pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat, namun juga secara nasional dan meningkatkan data saing Indonesia dalam perekonomian global,” ungkap Menhub.

Menhub mengapresiasi, dukungan dari berbagai pihak, seperti pemerintah daerah, akademisi, dan masyarakat terhadap dukungan yang sangat besar dalam pembangunan Pelabuhan Patimban.

“Dukungan dari berbagi pihak sangat penting bagi kami untuk membantu mengawal dan menjadi kontrol sosial dan memberikan kajian dan masukan sehingga infrastruktur yang dibangun dapat digunakan secara optimal,” papar Menhub.

Selain pembangunan fisik pelabuhan, lanjut Budi, Kemhub juga melakukan beberapa program pendukung keselamatan dan kelancaran, baik di sisi laut maupun darat, di antaranya, yaitu pemasangan sarana alat bantu navigasi pelayaran; pengkajian dan pengesahan ISPS (International Ship and Port Facility Security); penyediaan CIQP (Customs Immigration Quarantine Procedure).

Kemudian, optimalisasi penerapan manajemen dan rekayasa lalu lintas; pengaturan ulang fase Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL); pembangunan dan pemasangan serta pemeliharaan fasilitas perlengkapan jalan sepanjang jalan nasional menuju akses Pelabuhan Patimban; re-routing jaringan trayek angkutan umum khususnya angkutan perkotaan/perdesaan dengan memasukan Pelabuhan Patimban sebagai salah satu asal/tujuan angkutan umum; dan pembangunan fasilitas pendukung angkutan umum seperti halte untuk mengurangi kemacetan akibat angkutan umum yang berhenti di sembarang tempat.

Kemhub, kata Budi, berfokus pada aspek sosial, yaitu dampak dari pembangunan pelabuhan ini terhadap mata pencaharian masyarakat dan nelayan di sekitar Patimban.

"Beberapa program yang telah dilakukan berupa pmberian bantuan kapal yang muatannya lebih dari 15 GT agar bisa untuk melaut dengan kapasitas besar dan jarak yang lebih jauh dan pembentukan koperasi usaha bersama untuk nelayan agar dapat memperluas kerja sama dan usaha," imbuh Budi.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Hyundai Proyeksikan Produksi Mobil Listrik di Jabar Tahun 2022

Hyundai sudah mulai bagun pabrik di Delta Mas, Cikarang walau dalam pandemi Covid-19.

EKONOMI | 16 November 2020

Awal Pekan, IHSG Menguat 0,62%

Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia pada perdagangan awal pekan Senin (16/11/20), ditutup di zona hijau, setelah menguat 33,814 poin.

EKONOMI | 16 November 2020

Surplus Neraca Perdagangan Indonesia Masih Belum Sehat

Menurut ekonom, surplus neraca perdagangan Indonesia masih belum sehat, sebab lebih disebabkan oleh penurunan impor yang cukup tajam.

EKONOMI | 16 November 2020

Wapres Harapkan BMT Dorong UMKM Gerakkan Ekonomi Nasional

Wakil Presiden (Wapres), KH Ma'ruf Amin, berharap ribuan lembaga keuangan Baitu Al-Maal Wa Al-Tamil (BMT) dapat menjadi pendorong UMKM.

EKONOMI | 16 November 2020

Jaminan Kehilangan Pekerjaan Diatur di PP UU Cipta Kerja

Pemerintah memastikan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) bagi pekerja diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) turunan dari Undang-Undang (UU) Cipta Kerja.

EKONOMI | 16 November 2020

Kuartal IV, Pasar Modal Indonesia Makin Menarik

Secara fundamental pasar saham Indonesia semakin menarik pada kuartal IV 2020, ditopang oleh pemulihan earnings, stabilitas makro ekonomi, dan valuasi.

EKONOMI | 16 November 2020

Aturan Turunan UU Cipta Kerja Ditargetkan Rampung Pekan Ini

Pemerintah menargetkan peraturan pelaksanaan turunan Undang-Undang Cipta Kerja selesai pada pekan ini atau paling lambat 20 November 2020.

EKONOMI | 16 November 2020

Kapitalisasi Saham Syariah Tembus Rp 3.061 Triliun

Nilai kapitalisasi saham syariah berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per 27 Oktober 2020 telah mencapai Rp 3.061,6 triliun.

EKONOMI | 16 November 2020

Siang Ini Rupiah Terapresiasi Sejalan Mata Uang Asia

Transaksi rupiah pagi ini diperdagangkan dalam kisaran Rp 14.117-Rp 14.130 per dolar AS.

EKONOMI | 16 November 2020

Oktober, Upah Nominal Harian Buruh Tani Naik 0,09%

Upah nominal buruh/pekerja adalah rata-rata upah harian yang diterima buruh sebagai balas jasa pekerjaan yang telah dilakukan.

EKONOMI | 16 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS