Logo BeritaSatu

Program Kita Muda Kreatif Dukung Terciptanya Ratusan Wirausaha Muda Lokal

Kamis, 26 November 2020 | 16:44 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Yogyakarta, Beritasatu.com – Program Creative Youth at Indonesian Heritage Sites, sebuah kolaborasi UNESCO dan Citi Indonesia yang didukung Citi Foundation sejak 2017, secara resmi akan mengakhiri Fase 3 di bulan November 2020.

Program yang lebih akrab dikenal dengan nama Kita Muda Kreatif ini menyasar 400 wirausaha muda yang berada kawasan di kawasan situs warisan dunia atau destinasi wisata yang terkenal, yaitu Danau Toba, Borobudur, Prambanan, Klaten, Yogyakarta, Kota Tua Jakarta serta Denpasar dan Tabanan di Bali.

Advertisement

Selama pelaksanaan Fase 3 di tahun 2020 ini, para wirausaha muda yang berasal dari berbagai sektor industri kreatif, terlibat dalam berbagai kegiatan peningkatan kapasitas kewirausahaan serta peningkatan pemahaman mengenai warisan budaya untuk meningkatkan kemampuan bisnis mereka, dengan memanfaatkan sumber daya dari warisan budaya lokal.

Survei internal yang dilakukan pada November 2020 ini telah menunjukkan bahwa program ini mendukung terciptanya lebih dari 200 jenama wirausaha muda lokal yang terinspirasi dari budaya setempat. Selain itu hampir 25% dari mereka mengalami peningkatan pendapatan dan 30% dari wirausaha muda ini berhasil mengembangkan produk baru.

Pada tahun 2021, proyek ini akan terus mendorong pemberdayaan wirausaha muda serta akan memperluas kegiatannya hingga ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, demi mendukung lebih dari lima puluh penenun muda meningkatkan taraf hidup dan pendapatan mereka sambil terus melestarikan tenun tradisional mereka.

"Program Kita Muda Kreatif dirancang untuk mendukung peningkatan kapasitas bisnis para wirausahawan muda dalam berbagai aspek, mulai dari kewirausahaan, literasi keuangan, hingga dukungan jenama. Kami mendorong generasi muda untuk berkolaborasi satu sama lain, dan kami berharap mereka makin mengenal budaya mereka dan menjadikannya sebagai inspirasi,” ungkap Shahbaz Khan, Director and Representative of UNESCO Office, Jakarta dalam siaran pers, Kamis (26/11/2020).

Sementara itu Puni A. Anjungsari, Country Corporate Affairs Head, Citi Indonesia dalam kesempatan ini mengatakan merupakan kebanggaan bagi pihaknya untuk dapat mendukung program Kita Muda Kreatif.

"Pendekatan yang dilakukan terbukti efektif dalam membangkitkan semangat generasi muda dalam berkreasi dan berinovasi bahkan di masa pandemi seperti saat ini. Program ini mengedepankan kebutuhan dan potensi dari masing-masing wilayah dan selaras dengan prioritas pemerintah dalam memberdayakan perekonomian lokal pariwisat,” ujar Puni A Anjungsari.

Citi memiliki komitmen untuk meningkatkan kesempatan bagi pemuda di seluruh dunia. Melalui Pathways to Progress, Citi berkomitmen untuk membantu lebih dari 6.000 generasi muda serta menyediakan 60.000 kesempatan pelatihan keterampilan sampai dengan tahun 2023 dengan total investasi sebesar IDR 500 milliar di Asia Pasifik.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anggaran PC PEN Baru Terserap 36,9%, Ini Kata Sri Mulyani

"Karena tahun ini pemulihan ekonomi sudah berjalan dan penanganan covid-19 makin baik, jadi realisasi PC-PEN agak tertahan,” ucap Sri Mulyani.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Kearifan Lokal Bisa Diandalkan untuk Atasi Krisis Iklim

Juru Bicara G-20 Maudy Ayunda menegaskan, salah satu cara yang paling tepat untuk mengatasi krisis iklim adalah melalui local wisdom atau kearifan lokal.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Solusi Digital Jadikan UMKM Tahan Menghadapi Gejolak Ekonomi

Teknologi digital diyakini akan terus menjadi kunci pertumbuhan UMKM di tengah pemulihan ekonomi Indonesia.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Lewat Edukasi, Noid Studio Dukung Industri Clothing Lokal

Noid Studio mendukung industri clothing atau busana lokal dengan memberikan edukasi terhadap terhadap bisnis fashion tersebut.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Realisasi Belanja Negara hingga Juli Capai Rp 1.448 Triliun

Sri Mulyani Indrawati menyatakan, realisasi belanja negara hingga akhir Juli 2022 mencapai Rp 1.448 triliun atau 46,5% dari pagu APBN.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Semester I 2022, Citi Indonesia Bukukan Laba Bersih Rp 750 M

Citibank NA Indonesia (Citi Indonesia) membukukan laba bersih sebesar Rp 750 miliar atau tumbuh 63% secara year on year (yoy) pada semester I 2022.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Nobu Bank dan Ayoconnect Kerja Sama Pengembangan Solusi Open Banking

Kerja sama strategis dalam pengembangan solusi berbasis teknologi open banking ini didasari oleh kesamaan visi Ayoconnect dan Nobu Bank.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Laba Buyung Poetra Sembada Turun Tipis di Semester I 2022

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) mencatatkan laba bersih Rp 6,6 miliar, sedikit menurun dari capaian semester I 2021 yang meraih laba bersih Rp 7,5 miliar.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Qyusi Global Indonesia Kebut Proyek RDMP Balikpapan

Proyek RDMP Balikpapan menggandeng beberapa sub kontraktor berpengalaman. Salah satunya, PT Qyusi Global Indonesia, perusahaan manpower di bidang kontruksi.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Lifepack Raih Pendanaan US$ 7 Juta dari Golden Gate Ventures

Lifepack, perusahaan farmasi digital di Indonesia meraih pendanaan seri A sebesar US$ 7 juta yang dipimpin Golden Gate Ventures, pemodal usaha di Asia Tenggara.

EKONOMI | 11 Agustus 2022


TAG POPULER

# Puan Maharani


# Pohon Koka


# Brigadir J


# Ferdy Sambo


# Mahfud MD


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Selain Ferdy Sambo, 3 Tersangka Lain Juga Diperiksa Hari Ini

Selain Ferdy Sambo, 3 Tersangka Lain Juga Diperiksa Hari Ini

NEWS | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings