Logo BeritaSatu

Krisis Bisa Lahirkan Perusahan Digital Hebat

Kamis, 26 November 2020 | 19:15 WIB
Oleh : Lona Olavia / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Selalu ada kesempatan baru terbuka dalam setiap kesempatan, termasuk saat krisis sekalipun. Tak terkecuali pada krisis yang disebabkan adanya pandemi Covid-19 ini. Namun untuk menjadikan krisis ini sebagai peluang bisnis baru dibutuhkan inisiatif dan kreativitas dalam mengolah krisis menjadi sesuatu yang bisa menguntungkan, bahkan untuk mendorong perekonomian bangsa.

Demikian dikatakan CEO of BRI Ventures, Nicko Widjaja dalam Economic Outlook 2021: Membangun Industri Lewat Perusahaan Teknologi Digital yang diselenggarakan BeritaSatu Media Holdings (BSMH) bekerjasama dengan Xendit secara daring di Jakarta, Kamis (26/11/2020).

Advertisement

Belajar dari krisis tahun 1998 yang melahirkan perusahaan dot-com, perusahaan yang melakukan bisnisnya di internet. Lalu, dua tahun kemudian muncul Facebook dan Google. Bahkan, krisis finansial global tahun 2008 melahirkan perusahaan digital raksasa seperti Tokopedia, Gojek, Airbnb, dan Dropbox, dan lainnya.

"(Krisis) ini jangan disia-siakan. Bagi startup founder sekarang saatnya untuk menyelesaikan masalah negara. Kalau ada startup founder anda memiliki tesis untuk menyelesaikan masalah. Crisis comes opportunity,” kata Nicko.

Lebih lanjut, Nicko mengatakan, saat ini Indonesia tengah menjadi incaran dari para investor luar negeri. Hal tersebut didukung faktor demografi yang besar. Sementara, pasar Tiongkok, Jepang dan Korea saat ini cenderung tidak bergerak, sehingga para investor menyasar ASEAN khususnya Indonesia.

“Saya yakin dengan adanya sinyal yang mulai positif apalagi domestic market kita mampu bertahan. Dilihat dari Tokopedia sudah mulai naik dan perbankan bertransformasi jadi digital banking. Saya percaya konsumsi ini akan bertahan dan meningkat di tahun depan. Apalagi, transformasi digital kita lima tahun terakhir sudah cukup baik,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait nilai pendanaan yang masuk ke Indonesia di tahun ini atau tahun 2019 memang tidak sebesar tahun 2018 yang mana saat itu merupakan puncak dari investasi ke perusahaan digital.

Untuk tahun 2020 hingga saat ini sudah masuk pendanaan US$ 1,5 miliar dan diperkirakan capai US$ 2 miliar di akhir tahun. Sedangkan untuk tahun 2021 diprediksi bisa kembali menyentuh US$ 3,5 miliar atau sama seperti tahun 2018.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

LPS Sebut Minat Menabung dan Investasi Masyarakat Naik Pesat

LPS melihat minat menabung dan investasi masyarakat Indonesia mengalami kenaikan yang cukup pesat dalam dua tahun terakhir.

EKONOMI | 12 Agustus 2022

PUPR Dorong Desainer dan Arsitek Kreatif dalam Berkarya

Kalangan arsitek dan desainer Indonesia dinilai memiliki peran penting dalam pembangunan nasional, termasuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

EKONOMI | 12 Agustus 2022

Peraturan Terbaru Bappebti Jaga Keamanan Investor Kripto

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) baru saja mengeluarkan regulasi terbaru terkait perdagangan pasar fisik aset kripto.

EKONOMI | 12 Agustus 2022

Pemprov Banten, Bank Banten dan Kejati Jalin Kerja Sama Bidang Hukum

Kerja sama ini berkaitan dengan serah terima pendampingan hukum terkait pemisahan Bank Banten dari PT Banten Global Development (PT BGD).

EKONOMI | 12 Agustus 2022

Bukit Asam Raih 3 Penghargaan di TJSL & CSR Award 2022

Gelar Top 5 Star Pilar Lingkungan diperoleh oleh PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berkat program Kampung Urban Bara Lestari.

EKONOMI | 12 Agustus 2022

BRI Borong 3 Penghargaan Alpha South East Asia 2022

Salah satu penghargaan yang BRI raih di ajang 12th Annual Treasury & FX Awards adalah Best FX Bank for Retail Client.

EKONOMI | 12 Agustus 2022

Investor Profit Taking, Pasar Kripto Sedikit Tertahan

Pasar kripto menjelang akhir pekan terpantau mengalami kelesuan. Kondisi yang sama terjadi dengan Ethereum yang harus terpental dari zona hijau.

EKONOMI | 12 Agustus 2022

Investasi Astra di GOTO Hasilkan Untung Rp 3,7 Triliun

PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan keuntungan nilai wajar sebesar Rp 3,71 triliun atas investasi pada PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO).

EKONOMI | 12 Agustus 2022

Japnas Fokus Sinergi Ciptakan Peluang Usaha dan Investasi di Indonesia

Ketua Japnas Bayu Djokosoetono menegaskan bahwa organisasi yang dipimpinnya fokus dalam business matching di seluruh daerah dan pusat.

EKONOMI | 12 Agustus 2022

Hadir Lebih Cepat, Ini Jadwal Baru Perilisan Ethereum 2.0

Pengembang Ethereum telah mengumumkan proses migrasi jaringan blockchain ETH akan terjadi pada 15 atau 16 September 2022 mendatang.

EKONOMI | 12 Agustus 2022


TAG POPULER

# Puan Maharani


# Pohon Koka


# Brigadir J


# Ferdy Sambo


# Mahfud MD


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tiket Final Piala AFF U-16 Indonesia vs Vietnam Habis Terjual

Tiket Final Piala AFF U-16 Indonesia vs Vietnam Habis Terjual

BOLA | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings