Logo BeritaSatu

Indonesia Miliki Peran Menentukan di Kawasan Indo-Pasifik

Jumat, 4 Desember 2020 | 15:43 WIB
Oleh : Herman, Natasia Christy Wahyuni / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Program Studi Magister Hubungan Internasional (MHI) Universitas Pelita Harapan (UPH) menggelar The 1st International Relations Conference "Indo-Pacific: Outlooks, Opportunities, Challenges" secara virtual pada 4-5 Desember 2020.

Konferensi bertaraf internasional ini merupakan hasil kerja sama MHI UPH dengan Kementerian Perdagangan (Kemdag) dan Kedutaan Besar Prancis untuk Indonesia, yang mendapatkan dukungan penuh dari American Institute for Indonesia Studies (AIFIS), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), International Federation of Social Science Organizations (IFSSO) dan Center for Southeast Asian Studies (CSEAS).

Advertisement

Ketua Panitia The 1st International Relations Conference "Indo-Pacific: Outlooks, Opportunities, Challenges", Abhiram Singh Yadav menyampaikan, konferensi yang menghadirkan pembicara dari negara-negara Indo-Pasifik ini bertujuan untuk membahas beragam pandangan, peluang, dan tantangan dari hubungan internasional antara negara-negara yang tergabung dalam Indo-Pasifik.

"Acara ini akan memberikan kontribusi secara produktif kepada komunitas akademis, para pembuat kebijakan dan semua yang berkepentingan, untuk meningkatkan kerjasama multilateral serta mempromosikan prinsip-prinsip inklusifitas, kemandirian, netralitas, bebas campur tangan, elemen bebas dan proaktif dalam kebijakan luar negeri, keamanan, serta ketertiban yang berbasiskan peraturan, yang merupakan kesamaan yang dimiliki oleh pemerintah maupun organisasi internasional lainnya secara global,” kata Abhiram Singh Yadav, Jumat (4/12/2020).

Presiden Direktur AIFIS dari Michigan State University, Siddharth Chandra mengungkapkan, tatanan geo-politik yang baru, akan memiliki implikasi yang mendalam bagi kawasan ini, yang mana dampaknya juga akan dirasakan oleh seluruh dunia.

“Indonesia yang berlokasi di pusat kawasan Indo-Pasifik, sangat tepat untuk mengadakan konferensi ini, karena Indonesia memiliki sejarah yang panjang dan mendalam akan pertukaran kontak budaya dan komersial dengan negara-negara lain yang berlokasi di kawasan tersebut. Dapat dipastikan, Indonesia akan memainkan peran penting dan sangat menentukan bagi masa depan kawasan Indo-Pasifik ini,” ujar Siddharth Chandra.

Sementara itu, menurut Kepala Pusat Penelitian Kajian Wilayah LIPI, Ganewati Wulandari, Indo-Pasifik telah menjadi pemain utama dari perputaran ekonomi dunia saat ini, dan sebagai kawasan yang menjanjikan dalam ranah geo-ekonomi dan geo-strategi, masih banyak hal yang perlu diketahui tentang Indo-Pasifik.

Ketua Program Studi MHI UPH, Amelia Joan Liwe menambahkan, Indo-Pasifik telah menjadi fokus penelitian utama dari MHI UPH selama tahun akademik 2020-2021 ini, dan faktanya, lautan sudah menjadi penghubung antar negara sejak berabad-abad lamanya.

“Saya meyakini bahwa kawasan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka dan inklusif dan tentunya dengan tetap menghormati supremasi hukum yang ada, akan mendorong kerja sama dan kolaborasi antara pemerintah ataupun organisasi internasional lainnya, guna membentuk Indo-Pasifik yang damai dan sejahtera, ” imbuhnya.

Sementara itu, menurut Duta Besar Perancis untuk Indonesia dan Timor Leste, Olivier Chambard, Perancis juga memiliki konsep inklusif, yaitu bagaimana pendekatan multilateral selalu dikedepankan dalam menyelesaikan berbagai konflik atau perbedaan pendapat. Hal ini selaras dengan konsep pemikiran yang digagas oleh Asia, khususnya yang dimotori oleh Indonesia. "Konsep Indo-Pasifik adalah untuk memperkuat kerja sama,” kata Olivier.

Terkait perusahan-perusahan Perancis yang beroperasi di Indonesia, Olivier mengatakan, saat ini sudah banyak perusahan Perancis yang membuat produknya di Indonesia untuk selanjutnya diekspor ke berbagai negara. Namun seperti halnya perusahaan Perancis di negara lainnya, tantangan yang dihadapi adalah terkait perlunya penyederhanaan administrasi dan birokrasi.

“Dalam hal ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan perhatian yang besar dalam menyederhanakan administrasi dan birokrasi yang menurut saya sudah berada di jalur yang tepat dan cepat,” kata Olivier. 




Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penuhi Kebutuhan Organisasi, OJK Angkat 268 Pegawai Baru

Pengangkatan 268 pegawai baru ini guna memenuhi kebutuhan OJK dalam menjalankan amanat undang-undang dan kewenangan tugas yang terus meningkat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sektor Properti Pulih, Anak Usaha Triputra Perkuat Ekspansi

Seiring membaiknya pasar properti dan daya beli masyarakat, PT Anugerah Magma Nanoteknologi (AMAN) memperkuat ekspansi pasar bahan pelapis atau waterproofing.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Airlangga: Pemerintah Inginkan Indonesia Jadi Pemain Global Komoditas

Pemerintah menargetkan Indonesia bisa menjadi global key player industri hilirisasi berbasis komoditas.

EKONOMI | 3 Februari 2023

OJK Sebut 11 Perusahaan Asuransi Masuk Pengawasan Khusus

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Ogi Prastomiyono menyampaikan, sebanyak 11 perusahaan asuransi masuk dalam kategori pengawasan khusus OJK.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Masih Berkeliaran, Satgas Waspada Investasi Blokir 50 Pinjol Ilegal

Tongam menegaskan, Satgas Waspada Investasi terus menindaklanjuti pengaduan masyarakat korban pinjaman online atau pinjol ilegal.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Izin Bursa Kripto Tersendat

Pembentukan bursa kripto di Indonesia belum terwujud padahal dimulai sejak 2020 dan sempat ditargetkan terbentuk pada 2021.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Manajemen Kartu Prakerja Gelar Seleksi Lembaga Pelatihan

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja menilai, semakin banyaknya penyedia pelatihan memungkinkan terjadinya persaingan sehat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Good Ponsel Angels Perkuat Penetrasi Pemasaran Digital

Gebrakan pemasaran digital yang dilakukan Good Ponsel Angels ternyata sangat efektif, sehingga menjadi salah satu lini bisnis baru yang menjanjikan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ramai Peminat, Sukuk CIMB Niaga Finance Oversubscribed 4,6 Kali

Penawaran umum sukuk wakalah CIMB Niaga Finance mencatat kelebihan permintaan atau oversubscribed hingga 4,6 kali.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ini Alasan Kenapa Pemerintah Larang Ekspor Listrik EBT

Pemerintah akan melakukan penghentian ekspor listrik dengan Energi Baru Terbarukan (EBT) guna menjaga ketahanan energi di Indonesia.

EKONOMI | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ditahan Fulham, Chelsea Gagal Raih Kemenangan di Kandang

Ditahan Fulham, Chelsea Gagal Raih Kemenangan di Kandang

BOLA | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE