Logo BeritaSatu

Wapres Apresiasi IKM Lewat Upakarti dan IGDS 2020

Kamis, 10 Desember 2020 | 18:04 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah menyelenggarakan acara penganugerahan penghargaan Upakarti dan penghargaan Seleksi Desain Terbaik Indonesia (IGDS) 2020 sebagai bentuk apresiasi kepada insan yang berdedikasi dalam pengembangan industri kecil dan menengah (IKM), dan ekonomi kreatif yang mencipta desain produk industri terbaik.

“Dedikasi dan pencapaian para penerima penghargaan Upakarti dan IGDS dapat menjadi semangat untuk terus berkarya dan berprestasi, serta menginspirasi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat industri,” kata Wakil Presiden Ma’ruf Amin, mengawali sambutannya di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (10/12/2020).

Ma’ruf menjelaskan, kemajuan Indonesia merupakan kerja keras 3,8 juta IKM. Untuk itu, pembangunan daya saing IKM perlu dukungan dan sinergi seluruh pihak, mulai pemerintah pusat maupun daerah, asosiasi, lembaga riset dan perguruan tinggi, hingga swasta.

Pada acara ini, Ma’ruf Amin juga mengapresiasi pelaku IKM yang bangkit dan kembali melanjutkan aktivitasnya. “IKM mampu beradaptasi dengan cepat di tengah tekanan akibat pandemi Covid-19. Hal ini patut mendapat apresiasi dan dukungan serius, sehingga ke depan IKM kita bisa mencapai kemajuan yang diharapkan,” tuturnya.

Wapres menyampaikan harapan dan ajakan untuk melangkah bersama guna memajukan perekonomian nasional demi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan bahwa penghargaan Upakarti telah dilaksanakan sejak 1985 dengan tujuan meningkatkan kesadaran, mendorong motivasi serta prakarsa masyarakat, lembaga/oganisasi atau perusahaan, untuk berpartisipasi dalam pemberdayaan IKM. "Penghargaan Upakarti 2020 mencakup dua kategori, yaitu Jasa Pengabdian dan Jasa Kepeloporan," kata dia.

Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA), Kemperin Gati Wibawaningsih, menyebutkan, mekanisme pemberian penghargaan Upakarti dilakukan melalui lima tahap yakni pengumuman melalui media, pendaftaran, penilaian melalui seleksi administrasi, penetapan dan penganugerahan.

”Dari total 151 usulan peserta penghargaan Upakarti, telah ditetapkan 10 yang terdiri dari lima penerima kategori Jasa Pengabdian, dan lima penerima kategori Jasa Kepeloporan,” ucap Dirjen IKMA.

IGDS 2020
Sementara penyelenggaraan IGDS telah dimulai sejak tahun 2001 dengan tujuan untuk mendorong partisipasi desainer dan perusahaan industri untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas desain produk industri, serta dalam mengembangkan produk terbaik melalui peningkatan kualitas desain kebaruan dan inovasi, serta berkarakter Indonesia.

Menperin menjelaskan, penghargaan IGDS 2020 mencakup dua kategori yakni Design Product diberikan atas desain produk industri berkualitas dan kategori Design Concept diberikan atas konsep desain produk industri berkualitas baik dalam bentuk purwarupa/prototipe dan/atau sampel produk.

Gati menambahkan, mekanisme pemberian Penghargaan IGDS 2020 dilakukan melalui delapan tahap. Dari total 386 pendaftar pada IGDS tahun 2020 ini, telah ditetapkan penerima untuk kaegori Design Product kategori Good Design sebanyak 19 produk, kategori Best 20 sebanyak 16 produk, kategori People’s Choice sebanyak satu produk, kategori Best 3 sebanyak tiga produk, dan kategori Grand Award sebanyak satu produk. Sedangkan Penerima Penghargaan IGDS 2020 Design Concept kategori Best 3 sebanyak tiga produk, dan kategori Grand Award sebanyak satu produk.

”Jumlah pendaftar IGDS terus mengalami kenaikan dalam kurun waktu empat tahun terakhir. Ini menunjukkan antusiasme masyarakat yang begitu tinggi untuk berkarya dan mengikuti Penghargaan IGDS,” ungkap Gati.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ekonomi Indonesia 2023 Diyakini Tak Segelap Perkiraan

Sri Adiningsih mengatakan, ekonomi Indonesia sebetulnya punya modal yang baik untuk menghadapi kondisi tahun 2023 yang dikatakan banyak pihak akan lebih gelap.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pemerintah Diminta Hapus Pembayaran Subsidi Bunga Obligasi Rekap Eks BLBI

Hardjuno Wiwoho meminta pemerintah fokus pada upaya penghapusan pos pembayaran subsidi bunga obligasi rekap eks BLBI.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Penunjukkan Mantan Petinggi Google dan Tokopedia untuk Rebranding Fazz

Fazz kini punya dua eksekutif senior yang ditunjuk untuk melaksanakan rebranding perusahaan.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pengendalian Harga Kebutuhan Pokok Dinilai Mendesak

Burhanuddin Muhtadi mengatakan, responden yang menginginkan pengendalian harga-harga kebutuhan pokok dalam survei betul-betul dominan mencapai 42,9%.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Terapkan Praktik Tambang Baik, PPA Diapresiasi ESDM

PT Putra Perkasa Abadi (PPA) mendapatkan penghargaan pemegang Izin Usaha Jasa Pertambangan (IUJP) terbaik dari Kementerian ESDM.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Tidak Hanya MBR, Kelas Menengah Butuh Stimulus Perumahan

Kebijakan dan stimulus perumahan terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dinilai perlu diperluas untuk kelas menengah.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Danone Indonesia Fokus Keberlanjutan Lingkungan dan Sosial

Danone Indonesia fokus mengedepankan aspek keberlanjutan lingkungan dan sosial dalams setiap tahap bisnisnya.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Sandiaga Uno Minta ASEAN Tourism Forum 2023 Dimatangkan

Sandiaga Uno terkesima dengan inovasi layanan akomodasi kekinian di pinggiran Yogyakarta menjelang perhelatan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Arab Saudi Sediakan Ratusan Ribu Peluang Kerja bagi Warga Indonesia

Afriansyah Noor, mengatakan, Arab Saudi membuka kesempatan bagi 200.000 pekerja dari Indonesia untuk bekerja di negeri itu.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

KSP: Masih Banyak yang Salah Memahami Garis Kemiskinan Bank Dunia

Bank Dunia menaikkan garis kemiskinan ekstrem dari US$1,9 menjadi US$2,15 per kapita per hari.

EKONOMI | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bansos dan Infrastruktur Jadikan Kepuasan Publik terhadap Jokowi Naik

Bansos dan Infrastruktur Jadikan Kepuasan Publik terhadap Jokowi Naik

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings