Logo BeritaSatu

Inkowapi Siap Go Digital dan Perkuat Ekspor

Selasa, 15 Desember 2020 | 21:17 WIB
Oleh : Lona Olavia / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Menyongsong 2021, Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi) bertekad untuk bangkit. Seiring dengan adanya vaksin, Ketua Umum Inkowapi Sharmila optimistis pihaknya bisa sama-sama mengakhiri Covid-19 dan membangkitkan perekonomian melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Tahun depan, Inkowapi akan mengubah pola bisnis dengan tiga program. Pertama, go digital, seluruh pelaku UMKM di bawah Inkowapi akan diarahkan untuk menggunakan teknologi agar bisa bersaing di tengah pangsa pasar.

Kedua, memperkuat produk ekspor. Nantinya, setiap satu kabupaten atau kota memiliki produk kuliner unggulan yang bisa diekspor ke luar negeri dan sebagai subsitusi aneka produk impor. Ketiga, memperkuat program 20 warung atau UKM Kuliner di setiap desa atau kelurahan di seluruh Indonesia.

Sharmila menuturkan, sejak Inkowapi berdiri pada 1998, telah banyak melakukan terobosan untuk mengangkat peluang serta potensi para wanita pengusaha di Indonesia melalui koperasi. Hal itu tentu tidak dilakukan sendirian, melainkan dengan dukungan Dekopin dan Kadin. Inkowapi juga melakukan kerja sama dengan berbagai stakeholder termasuk Kementerian Koperasi dan UKM, serta pihak perbankan.

Sharmila merincikan, saat ini Inkowapi memiliki 109 koperasi primer dengan jumlah anggota lebih dari 1 juta orang se-Indonesia. "Total asetnya mencapai Rp 18,3 miliar, total omset Rp 30 miliar, dan modal koperasi Rp 8 miliar,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (15/12/2020).

Dijelaskan Sharmila, pada 2020 menjadi masa terberat bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak awal 2020 menjadi pukulan tersendiri bagi para anggota Inkowapi. "Menurut survei, 60 persen dari jumlah UKM Indonesia adalah perempuan. Mereka terkena dampak Covid, omzetnya turun lebih dari 50 persen," jelas dia.

Namun, Inkowapi tak tinggal diam. Sejumlah gebrakan dilakukan demi bisa bertahan di masa pandemi, diantaranya dengan membuka akses permodalan bagi para pelaku UMKM melalui Sahara Dermawan, beragam pelatihan via daring, hingga dukungan teknologi informasi.

“Di setiap desa atau kelurahan Inkowapi akan membina dan perkuatan untuk 20 warung atau UMKM bidang kuliner,” ujar Sharmila.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid mengatakan, pandemi Covid-19 merupakan masalah dunia, bukan hanya Indonesia. Sehingga yang diperlukan untuk bisa bangkit dan keluar dari krisis ini adalah dengan saling bahu membahu dan menguatkan.

"Koperasi harus punya strategi baru. Koperasi harus bisa menjadi "rumah besar untuk UMKM'. Perannya sebagai jembatan dan fasilitator agar UMKM bisa memperluas akses kerjasama dan permodalan," kata dia.

Nurdin juga meminta agar Inkowapi mendata anggota baru, memperkuat manajemen organisasi agar berjalan efektif dan efisien, serta turut aktif dalam mengikuti program-program Dekopin.

“Namun ada yang harus diantisipasi. Saat ini sangat mudah mendirikan koperasi. Hanya dengan sembilan anggota sudah bisa mendirikan koperasi. Kita harus waspada adanya okunum rentenir berbaju koperasi,” tegas Nurdin.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ekonomi Indonesia 2023 Diyakini Tak Segelap Perkiraan

Sri Adiningsih mengatakan, ekonomi Indonesia sebetulnya punya modal yang baik untuk menghadapi kondisi tahun 2023 yang dikatakan banyak pihak akan lebih gelap.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pemerintah Diminta Hapus Pembayaran Subsidi Bunga Obligasi Rekap Eks BLBI

Hardjuno Wiwoho meminta pemerintah fokus pada upaya penghapusan pos pembayaran subsidi bunga obligasi rekap eks BLBI.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Penunjukkan Mantan Petinggi Google dan Tokopedia untuk Rebranding Fazz

Fazz kini punya dua eksekutif senior yang ditunjuk untuk melaksanakan rebranding perusahaan.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pengendalian Harga Kebutuhan Pokok Dinilai Mendesak

Burhanuddin Muhtadi mengatakan, responden yang menginginkan pengendalian harga-harga kebutuhan pokok dalam survei betul-betul dominan mencapai 42,9%.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Terapkan Praktik Tambang Baik, PPA Diapresiasi ESDM

PT Putra Perkasa Abadi (PPA) mendapatkan penghargaan pemegang Izin Usaha Jasa Pertambangan (IUJP) terbaik dari Kementerian ESDM.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Tidak Hanya MBR, Kelas Menengah Butuh Stimulus Perumahan

Kebijakan dan stimulus perumahan terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dinilai perlu diperluas untuk kelas menengah.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Danone Indonesia Fokus Keberlanjutan Lingkungan dan Sosial

Danone Indonesia fokus mengedepankan aspek keberlanjutan lingkungan dan sosial dalams setiap tahap bisnisnya.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Sandiaga Uno Minta ASEAN Tourism Forum 2023 Dimatangkan

Sandiaga Uno terkesima dengan inovasi layanan akomodasi kekinian di pinggiran Yogyakarta menjelang perhelatan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Arab Saudi Sediakan Ratusan Ribu Peluang Kerja bagi Warga Indonesia

Afriansyah Noor, mengatakan, Arab Saudi membuka kesempatan bagi 200.000 pekerja dari Indonesia untuk bekerja di negeri itu.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

KSP: Masih Banyak yang Salah Memahami Garis Kemiskinan Bank Dunia

Bank Dunia menaikkan garis kemiskinan ekstrem dari US$1,9 menjadi US$2,15 per kapita per hari.

EKONOMI | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Oliveira Juara di Thailand, Bagnaia Tinggal 2 Poin dari Quartararo

Oliveira Juara di Thailand, Bagnaia Tinggal 2 Poin dari Quartararo

SPORT | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings