Logo BeritaSatu

Delapan CEO Raih Penghargaan Tokoh Finansial Indonesia 2020

Kamis, 17 Desember 2020 | 15:53 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Majalah Investor kembali menganugerahkan penghargaan Tokoh Finansial Indonesia (TFI) untuk para Chief Executive Officer (CEO) terbaik dari berbagai bidang usaha. Tahun ini, predikat sebagai Tokoh Finansial 2020 diberikan untuk delapan CEO atas prestasi yang diraih mengelola perusahaan tetap survive di tengah krisis, sekaligus tetap berkontribusi bagi kemajuan industri yang digeluti.

Delapan CEO terbaik yang meraih penghargaan adalah Andre Sukendra Atmadja, CEO PT Mayora Indah dinobatkan sebagai Top Executive Listed Company 2020, Moleonoto The, CEO PT Indo Premier Sekuritas sebagai Top Executive Securities Company 2020, Margono Tanuwijaya, CEO PT Federal International Finance yang kembali dinobatkan sebagai Top Executive of Multifinance Company 2020, mengulang prestasi tahun lalu.

Sementara itu, penghargaan untuk Top Fund Manager 2020 diraih Jemmy Paul Wawointana sebagai CEO PT Sucorinvest Asset Management, Rudy Chen, CEO PT Asuransi Astra terpilih sebagai Top Executive of Insurance Company 2020. CEO PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), Sunarso terpilih sebagai Top National Banker 2020 dan penghargaan untuk Top Regional Banker 2020 kembali diraih Supriyatno, CEO PT BPD Jawa Tengah. Sedangkan penghargaan sebagai Agent of Change of State Owned Enterprises 2020 diraih Honesti Basyir, CEO PT Bio Farma (Persero).

Penghargaan untuk CEO berprestasi oleh Majalah Investor tahun ini merupakan yang ke-17. Di mana, ada delapan kategori penghargaan yang diberikan, meliputi Top Executive of Listed Company, Top Executive of Securities Company, Top Executive of Insurance Company, Top Executive of Multifinance Company, Top National Banker, Top Regional Banker, Top Fund Manager dan Agent of Change of State Owned Enterprises.

Direktur Berita Satu Media Holdings (Penerbit Majalah Investor) Primus Dorimulu mengatakan, penghargaan bagi para CEO bertujuan memotivasi para pelaku industri finansial agar mampu mengelola perusahan punya daya saing dan survive melewati tantangan krisis akibat pandemi Covid-19. Untuk keluar dari tekanan krisis, seorang CEO harus punya terobosan agar bisnis perusahaan kembali melaju pasca krisis.

“Terobosan bisnis diperlukan di tengah banyaknya tantangan, baik dalam perekonomian domestik maupun global. Dalam kondisi penuh tantangan, seorang CEO juga harus cermat dengan strategi bisnis yang diusung sehingga perusahaan tetap survive,” ujar Primus dalam Investor Awards Tokoh Finansial Indonesia & BUMN Terbaik 2020 yang disiarkan secara langsung di Berita Satu News Channel, Kamis (17/12/2020).

Proses penjurian TFI berlangsung sejak awal November hingga pertengahan Desember 2020. Pada tahun ini, Dewan Juri menekankan pentingnya strategi para CEO agar perusahaan yang dipimpin punya daya tahan melewati krisis, bahkan mampu bertumbuh di tengah pandemi Covid-19. Para CEO perlu mencari langkah terobosan untuk memajukan perusahaan sekaligus memberi sumbangan bagi perkembangan industri yang digarap. Sisi good corporate governance (GCG) dan corporate social responsibility (CSR) juga mendapat perhatian.

Tim juri dipilih dari profesional yang pernah berkarier di lingkungan finansial, dan para praktisi keuangan, yakni Firmanzah (ekonom sekaligus Rektor Universitas Paramadina), Aviliani (ekonom), Salyadi Saputra (direktur utama PT Pemeringkatan Efek Indonesia/Pefindo), Gunawan Tjokro (ketua bidang pengkajian Pasar Modal Apindo), Suheri Lubis, (ketua umum Asosiasi Dana Pensiun Indonesia), dan Primus Dorimulu (direktur Berita Satu Media Holdings).

Atas kesepakatan tim juri, seleksi awal ditetapkan berdasarkan atas kinerja finansial pada masing-masing sektor. Pendekatan yang digunakan untuk menilai kinerja perusahaan adalah improvement, dan achievement untuk adjustment penilaian, mengacu pada kinerja September 2020. Setiap sektor dinilai berdasarkan kriteria masing-masing yang paling mempengaruhi pertumbuhan perusahaan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Upaya Menjaga Inflasi Nasional Dimulai dari Beras

BPS menyebutkan bahwa beras merupakan salah satu komoditas pangan yang berkontribusi besar terhadap inflasi pangan.

EKONOMI | 28 November 2022

IHSG Terpangkas di Sesi I Terseret Saham Teknologi

Dibuka turun 0,78 poin (0,01%) di posisi 7.052, IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) tenggelam di zona merah pada perdagangan sesi I, Senin (28/11/2022).

EKONOMI | 28 November 2022

Usai Grup Salim Masuk, BUMI Private Placement Lagi Rp 2,1 T

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) kembali akan melaksanakan private placement setelah private placement Rp 24 triliun saat Grup Salim ikut masuk.

EKONOMI | 28 November 2022

Gubernur Sulut Tetapkan UMP Naik 5,4% Jadi Rp 3.485.000

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menetapkan besaran UMP Sulawesi Utara sebesar Rp 3.485.000 atau naik sebesar 5,24%

EKONOMI | 28 November 2022

Searah Mata Uang Asia, Rupiah Terpangkas di Awal Perdagangan

Pergerakan mata uang Garuda ata rupiah di tengah mata uang Benua Kuning yang berada di zona merah.

EKONOMI | 28 November 2022

Awal Pekan Investor Bersemangat, IHSG Masih di Zona Hijau

Di menit-menit awal, nilai perdagangan IHSG sebesar Rp 210,02 miliar dan frekuensi perdagangan baru mencapai 25.442 kali transaksi.

EKONOMI | 28 November 2022

Global Resesi, OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit hingga 2024

OJK memutuskan memperpanjang kebijakan restrukturisasi kredit maupun pembiayaan khusus hingga 2024.

EKONOMI | 28 November 2022

Inflasi dan Fed Mulai Dovish Katalis Positif IHSG Pekan Ini

the Fed yang diperkirakan mulai dovish ke depannya, diyakini menjadi katalis positif bagi IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI).

EKONOMI | 28 November 2022

Harga SUN Menguat Terbatas karena Fed Rate Melandai

Harga SUN akan menguat karena melemahnya sentimen Fed rate hike dan sentimen positif net buy asing pada pekan lalu yang mencapai Rp 11 triliun.

EKONOMI | 28 November 2022

Hingga Oktober, Penerbitan Obligasi Naik 28% Jadi Rp 144,9 T

Meningkatnya penerbitan obligasi korporasi sejalan pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat dan impresif.

EKONOMI | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Upaya Menjaga Inflasi Nasional Dimulai dari Beras

Upaya Menjaga Inflasi Nasional Dimulai dari Beras

EKONOMI | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE