Logo BeritaSatu

LPK Presiden Tingkatkan Kompetensi K3 di Kawasan Industri

Selasa, 22 Desember 2020 | 06:17 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Bekasi, Beritasatu.com – Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Presiden yang merupakan bagian Yayasan Pendidikan Universitas Presiden, Jakarta melakukan penandatangan kerja sama dengan perusahaan jasa bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Cikarang, Kabupaten Bekasi, pada Senin (21/12/2020). Mereka adalah Yayasan Purna Bakti Naker (YPBN), PT Delta Indonesia, PT Mega Persada Utama dan PT Biro Sertifikasi Indonesia selaku perusahaan jasa K3, serta LSP OSHE Nusantara selaku Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) bidang K3 yang sudah teregistrasi di Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

"Salah satu tujuan kerja sama ini adalah agar LPK Presiden bisa menjadi center of competence bidang K3 di kawasan industri khususnya Bekasi dan sekitarnya," kata Direktur LPK Presiden Erman Suparno dalam keterangan yang diterima Selasa (22/12/2020).

Erman mengatakan keberadaan safety man atau ahli K3 di perusahaan sangat penting. Hal ini untuk memastikan bahwa setiap perusahaan memiliki standar dalam keselamatan dan kesehatan kerja. “Setiap perusahaan wajib menjalankan program K3 dalam menjalankan usahanya," ujar Menteri Ketenagakerjaan & Transmigrasi periode 2005-2009 ini.

Erman menerangkan bahwa program ini sebagai bentuk kontribusi LPK Presiden dalam membantu pemerintah mengurangi pengangguran yang semakin meningkat akibat pandemi Covid 19. Hadirnya safety man atau ahli K3 yang kompeten dan tersertifikasi memperbesar peluang lulusan LPK Presiden untuk mendapatkan pekerjaan. Hal ini sejalan dengan tujuan LPK Presiden yakni menjadi lembaga yang link & match dengan kebutuhan Industri.

Di tempat yang sama, Ketua LSP OSHE Nusantara yang juga merupakan Direktur Pengawasan K3 periode 2012-2018, Amri menambahkan pentingnya keberadaan ahli K3 di setiap perusahaan, terutama di kawasan industri yang memiliki ribuan karyawan di dalamnya. “Program K3 penting bagi keberlangsungan usaha dan peningkatan produktivitas nasional. Sertifikasi kompetensi K3 akan menghasilkan SDM yang benar-benar memiliki kompetensi kerja sesuai dengan kebutuhan dunia industri” ujar Amri.

Kebutuhan kompetensi bidang K3 ini penting bagi setiap perusahaan. Hal ini sejalan dengan Undang-undang No 1 Tahun 1970, yang mengatur tentang kewajiban pimpinan tempat kerja dan pekerja dalam melaksanakan keselamatan kerja. Lebih lanjut lagi, UU No 23 tahun 1992 tentang Kesehatan Kerja dan UU No. 13 Tahun 2003 menyebutkan bahwa K3 merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap perusahaan baik skala kecil, menengah ataupun yang besar.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PPM Manajemen Paparkan Kesiapan Menyambut Datangnya Generasi Z

PPM Manajemen menyelenggarakan customer gathering untuk menjamin para rekanannya yang berasal dari berbagai perusahaan BUMN, pemerintahan dan swasta.

EKONOMI | 24 September 2022

Peran PNM Lakukan Pendampingan Nasabah Mekaar Diapresiasi

Pendampingan yang dilakukan PNM terhadap nasabah Mekaar terkait literasi keuangan mendapatkan apresiasi dari Menteri Koperasi dan UKM serta Gubernur Sulut.

EKONOMI | 24 September 2022

BRIN Ingin Dekatkan Generasi Muda ke Aktivitas Riset

Melalui InaRIE, Badan Riset dan Inovasi NasionaI (BRIN) ingin generasi muda dapat lebih dekat dengan aktivitas riset dan inovasi.

EKONOMI | 24 September 2022

Pertemuan Menteri Pertanian G-20 Segera Digelar, Ini Isu yang Dibahas

Pertemuan para Menteri Pertanian G-20 nantinya akan membahas komitmen dan upaya bersama dalam sisi pangan berkelanjutan.

EKONOMI | 24 September 2022

Setiap Orang di Indonesia Buang Sampah 300 Kg Per Tahun

Kemenkop UKM mendorong pelaku UMKM menuju Indonesia bersih sampah, melalui kemitraan bank sampah dengan Primer Koperasi Pengelola Sampah (PKPS).

EKONOMI | 24 September 2022

Gandeng Supermarket Ukraina, Binance Aktifkan Pembayaran Kripto

Pelanggan yang menggunakan Dompet Binance Pay untuk membayar pesanan mereka akan memenuhi syarat untuk mengikuti program reward.

EKONOMI | 24 September 2022

MES Yakin Ekonomi Syariah Bisa Dorong Indonesia Jadi Negara Maju

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) meyakini ekonomi dan keuangan syariah mempunyai peran sentral dalam mendorong Indonesia menjadi negara maju di 2045.

EKONOMI | 24 September 2022

Lintasarta Cloudeka Digischool Hadirkan Kurikulum Developer Gratis

Lintasarta lewat program CSR Lintasarta Cloudeka Digischool menghadirkan kurikulum developer gratis bersertifikasi global.

EKONOMI | 24 September 2022

MES Dorong Pemerintah Optimalkan Peran 8 Juta Diaspora

Ketua VII Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sugeng menegaskan, besarnya jumlah diaspora harus dioptimalkan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

EKONOMI | 24 September 2022

Citi Dinobatkan sebagai Bank Manajemen Kas Global Terbaik

Citi Global Instant Payments menyediakan konektivitas ke lebih dari 30 skema pembayaran instan, menjangkau lebih dari 60 negara pada kuartal II-2022.

EKONOMI | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rumor Kudeta Tiongkok, Xi Jinping Disebut Jadi Tahanan Rumah

Rumor Kudeta Tiongkok, Xi Jinping Disebut Jadi Tahanan Rumah

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings