Pusat Inovasi Digital Grab Bantu Percepat Digitalisasi UMKM
Logo BeritaSatu

Pusat Inovasi Digital Grab Bantu Percepat Digitalisasi UMKM

Selasa, 22 Desember 2020 | 10:39 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Perusahaan teknologi raksasa Grab Indonesia telah meluncurkan tech center atau pusat teknologi untuk membantu pemerintah mempercepat digitalisasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia dengan kontribusi produk domestik bruto (PDB) sebesar 60%. Digitalisasi UMKM bisa menjadi kunci agar perekonomian Indonesia bisa pulih dari dampak pandemi Covid-19. Digitalisasi juga memudahkan usaha makanan maupun warung-warung kecil untuk menjangkau pelanggannya yang kini berdiam diri di rumah.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, hanya 16% dari total 64 juta UMKM yang sudah terhubung ke ekosistem digital. Pemerintah pun telah mengeluarkan sejumlah program, termasuk menyediakan portal pelatihan mandiri bagi UMKM yang ingin naik kelas. Akan tetapi, mendorong digitalisasi UMKM tidak hanya membutuhkan keterlibatan pemerintah, tetapi juga sektor swasta.

Untuk itu, Grab telah meluncurkan sejumlah inisiatif digital yang di antaranya adalah pendirian pusat teknologi di Gama Tower, Jakarta Selatan. Tempat ini juga menjadi pusat inovasi kawasan Asia Tenggara di mana tim riset dan pengembangan (R&D) Grab mengerjakan solusi-solusi untuk para UMKM.

“Pemulihan ekonomi Indonesia akan bergantung pada UMKM kita. Jika kita dapat meningkatkan ketangguhan mereka, kita dapat mencegah terjadinya pengurangan tenaga kerja yang lebih besar dan membantu membangkitkan kembali ekonomi negeri,” kata Neneng Goenadi selaku Managing Director Grab Indonesia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

Neneng menuturkan, banyak solusi teknologi business-to-business (B2B) yang dirancang untuk perusahaan-perusahaan yang lebih besar. Namun, masih sedikit yang mengembangkan produknya dengan memperhitungkan kebutuhan UMKM yang mungkin tidak memiliki dana, waktu, atau pengetahuan untuk menggunakan produk-produk tersebut.

“Grab Tech Center kami di Jakarta didedikasikan untuk para UMKM. Hal ini juga menjadi wujud dari komitmen kami untuk mengembangkan talenta Tanah Air,” kata Neneng.

“Kami akan menyatukan kekuatan talenta-talenta teknologi terbaik di Indonesia untuk membangun solusi yang mudah digunakan dan dapat diandalkan untuk membantu UMKM terkecil sekalipun dalam proses digitalisasi mereka,” imbuhnya.

Beberapa solusi digital yang telah dikeluarkan Grab adalah fitur pendaftaran mandiri bagi pengusaha makanan untuk bergabung dan menjalankan usahanya hanya dalam waktu 24 jam. Fitur ini berguna bagi mereka yang ingin terjun ke ekosistem digital saat pandemi mulai menghantam Indonesia. Selama Mei hingga September, sebanyak 70,000 pengusaha mendaftarkan diri di Grab secara mandiri.

Pada bulan Juni lalu, Grab meluncurkan kampanye #TerusUsaha untuk mengajak para UMKM untuk tidak pantang menyerah dan mencoba bertahan melalui digitalisasi. Perusahaan decacorn ini juga menyediakan pelatihan bagi UMKM untuk membangun online presence mereka. Selama pandemi, Grab berhasil mendigitalisasi lebih dari 450.000 UMKM.

Sementara itu, inisiatif digital Grab menuai apresiasi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Grab telah menjadi mitra strategis bagi pemerintah Indonesia yang secara konsisten membantu
mendorong agenda transformasi digital melalui program-program seperti #TerusUsaha,” kata Airlangga.

“Membekali UMKM dengan solusi teknologi yang tepat untuk menavigasi dinamika bisnis online sangatlah penting, dan saya sangat mengapresiasi Grab yang telah mendirikan pusat teknologi di Indonesia yang ditujukan untuk menjawab beragam kebutuhan para UMKM,” pungkasnya.

Sedangkan pengamat ekonomi Universitas Indonesia Rizal E. Halim menjelaskan, keputusan Grab ini memberikan sinyal positif terhadap iklim investasi di Indonesia di tengah pandemi. Penunjukkan Indonesia sebagai tempat dual headquarter dan diresmikannya pusat inovasi ini menunjukkan komitmen jangka panjang dan potret keseriusan Grab memperkuat basis pasar di Indonesia sekaligus Asia.

“Dalam era teknologi sekarang tentu headquarter tidak semata-mata fisik bangunan yang besar, melainkan dedikasi resources dan tempat pengambilan keputusan. Ini penting karena pada saat yang sama, kita sudah cukup lama melihat pemerintah ‘mengejar-ngejar’ sejumlah perusahaan teknologi agar membuka kantor di Indonesia,” ujar Rizal.

Rizal menuturkan, dengan hadir secara langsung di Indonesia, Grab telah menjadi perusahaan lokal yang akan akan lebih responsif terhadap dinamika lokal. Kontribusi Grab terhadap perekonomian Indonesia pun nantinya akan lebih berkembang dan terukur.

Menurut pakar teknologi informasi Heru Sutadi, pusat inovasi ini merupakan kontribusi nyata penyedia layanan bagi kemajuan ekonomi digital Indonesia. Sebab, inovasi dibutuhkan dalam pengembangan ekonomi digital. Tetapi, hal ini membutuhkan sarana yang menunjang dan kemudian memanfaatkan inovasi tersebut.

“Kemajuan ekonomi digital dicapai jika masyarakat diajak kerja sama termasuk menjadi bagian ekonomi digital. Menjadi subyek, bukan hanya objek atau pemakai saja. Dengan menggerakan UMKM ini artinya perannya akan sangat bermanfaat. Bukan hanya menjadikan masyarakat hanya pasar tapi pelaku ekonomi digital itu sendiri,” kata Heru.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Emas Antam Berkurang ke Rp 970.000 Per Gram

Untuk pecahan 500 gram: Rp 455,320 juta.

EKONOMI | 22 Desember 2020

Awal Perdagangan, Rupiah Melemah Seiring Mata Uang Asia

Transaksi rupiah pagi ini diperdagangkan dalam kisaran Rp 14.137-Rp 14.170 per dolar AS.

EKONOMI | 22 Desember 2020

Awali Perdagangan IHSG di Zona Merah

Pukul 09.05 WIB, indeks harga saham gabungan melemah 32,8 poin (0,53%) menjadi 6.131.

EKONOMI | 22 Desember 2020

Unit Usaha Syariah Bank DKI Terima Anugerah Syariah Award

Di tengah pandemi Covid-19 yang menerpa Unit Usaha Syariah Bank DKI tetap menunjukkan kinerja yang positif.

EKONOMI | 22 Desember 2020

IHSG Akan Lanjutkan Kenaikan, Ini Saham yang Bisa Dilirik

Riset UOB Kay Hian memperkirakan pergerakan indeks hari ini akan berada di kisaran 6.085-6.245.

EKONOMI | 22 Desember 2020

Varian Baru Covid-19 Picu Kekhawatiran Permintaan Minyak, Harga Anjlok

Minyak mentah berjangka Brent pengiriman Februari merosot US$ 1,35 atau 2,6% menjadi US$ 50,91 per barel.

EKONOMI | 22 Desember 2020

Bursa Asia Pasifik Terkoreksi Jelang Data Penjualan Ritel Australia

Di Jepang, Nikkei 225 turun 0,42%, sementara indeks Topix melemah 0,78%.

EKONOMI | 22 Desember 2020

Varian Baru Covid-19 Guncang Pasar, Harga Emas Ambles

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Februari di divisi COMEX New York Exchange, jatuh US$ 6,10 atau 0,32% menjadi US$ 1.882,80 per ounce.

EKONOMI | 22 Desember 2020

LPK Presiden Tingkatkan Kompetensi K3 di Kawasan Industri

Salah satu tujuan kerja sama ini adalah agar LPK Presiden bisa menjadi center of competence bidang K3 di kawasan industri.

EKONOMI | 22 Desember 2020

Bursa AS Mixed setelah Varian Baru Covid-19 Membuat Inggris Terkunci

Indeks S&P merosot 0,4%, atau 14,49 poin, menjadi 3.694,92 setelah sempat jatuh hampir 2%.

EKONOMI | 22 Desember 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS