Logo BeritaSatu

Maybank Sabet Penghargaan Bank Pendukung UMKM Terbaik dari BI

Selasa, 5 Januari 2021 | 14:16 WIB
Oleh : Lona Olavia / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Kontribusi PT Bank Maybank Indonesia Tbk terhadap kelangsungan sektor UMKM melalui penyaluran kredit membuahkan penghargaan dari Bank Indonesia (BI) sebagai Bank Pendukung UMKM Terbaik untuk kategori Bank BUKU 3 dan 4. Penghargaan sebagai Bank Pendukung UMKM Terbaik untuk kelompok Bank BUKU 3 dan 4 ini merupakan penghargaan ketiga yang diterima Maybank Indonesia sejak tahun 2018 lalu. Hal ini adalah wujud apresiasi pemerintah kepada Bank dalam memberdayakan sektor UMKM di tanah air.

Direktur Community Financial Services Maybank Indonesia Steffano Ridwan mengatakan, penyaluran kredit usaha Maybank Indonesia dilandasi pada prinsip empowering the community di mana bank harus mampu mengikuti dinamika kebutuhan UMKM yang diwujudkan dalam berbagai kemudahan proses penyaluran kredit.

Dijelaskannya, solusi unggulan Maybank Indonesia dalam menyalurkan fasilitas kredit bagi UMKM dilakukan dengan berbagai mekanisme. Pertama, melalui program supply chain yang mengintegrasikan sebanyak 73 UMKM dengan peran masing-masing yaitu produsen, distributor, supplier, reseller hingga retailer (hulu hingga hilir) dalam kesatuan jaringan usaha.

Kedua, disalurkan melalui kemitraan dengan institusi perbankan atau non-perbankan dalam program MyLinkage, seperti Bank Perkreditan Rakyat (BPR), kemitraan dengan koperasi plasma sawit serta dalam bentuk modal ventura. Pada Desember 2019, Maybank Indonesia telah menyalurkan total kredit sebesar Rp 4,1 triliun melalui program kemitraan MyLinkage.

“Sesuai visi Maybank Indonesia humanising financial services, kami berupaya untuk memberikan akses pembiayaan yang beragam, mudah dijangkau dan sesuai dengan fitur Nasabah UMKM dalam menjalankan roda usahanya mengingat kontribusi penting para pelaku UMKM terhadap ketahanan perekonomian nasional,” ungkap Steffano dalam siaran pers, Selasa (5/1).

Maybank Indonesia, tambahnya juga aktif mendukung pemberdayaan UMKM melalui keikutsertaan pada berbagai aktivitas pelatihan coaching dan mentoring, menjalin kerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BeKraf) untuk menyediakan layanan transaksi perbankan dan pembiayaan untuk pengusaha di bidang ekonomi kreatif. Selain itu, Maybank Indonesia bersama dengan dengan Maybank Foundation, yayasan sosial yang dimiliki Maybank Group, mengembangkan program pemberdayaan ekonomi yang ditujukan bagi komunitas penyandang disabilitas melalui Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship (RISE) di beberapa kota di Indonesia secara daring.

Hingga kuartal III 2020, Maybank Indonesia telah menyalurkan kredit segmen Community Financial Services (CFS) Non-ritel sebesar Rp38,7 triliun, di mana Rp 22,6 triliun diantaranya, merupakan kredit untuk sektor UMKM. Sebagai informasi, total keseluruhan kredit Maybank Indonesia (termasuk Global Banking dan CFS) yang telah disalurkan ke pasar mencapai Rp 109,4 triliun di periode yang sama.

Adapun penyerapan kredit Maybank Indonesia terhadap portofolio UMKM, didominasi atau sebesar 78%, sebagai kredit modal kerja UMKM berjangka waktu pendek untuk membiayai operasional usaha, piutang dagang, pembelian bahan baku dan sebagainya. Sementara sebesar 22% digunakan sebagai pinjaman investasi berjangka panjang untuk mendukung kebutuhan usaha UMKM seperti membiayai proyek investasi, perluasan usaha, pembelian alat produksi, dan lainnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ambisius, RHB Sekuritas Targetkan Masuk Peringkat 10 Besar

PT RHB Sekuritas Indonesia sebagai anak perusahaan dari RHB Investment Bank, memiliki misi menjadi salah satu dari 10 sekuritas terbaik di Indonesia.

EKONOMI | 26 September 2022

Heboh Minuman Berpemanis Kena Cukai? Ini Kata Kemenkeu

Askolani menyampaikan, pemerintah berencana untuk mengenakan cukai terhadap minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK).

EKONOMI | 26 September 2022

Sri Mulyani: Kepemilikan Asing di SBN Tinggal 14,70%

Sri Mulyani mengungkapkan, porsi kepemilikan asing terhadap surat berharga negara (SBN) per 22 September 2022 tinggal 14,70%.

EKONOMI | 26 September 2022

Bank Universal BPR Bawa Pulang Lima Penghargaan Sekaligus

Bank Universal BPR berhasil menyabet lima penghargaan sekaligus dalam ajang 13th BPR Awards 2022, di The Stone, Bali.

EKONOMI | 26 September 2022

Ekonomi Makin Kuat, Penerimaan Pajak Tercatat Tumbuh 58,1%

Sri Mulyani menegaskan, penerimaan pajak hingga Agustus 2022 mencapai Rp 1.171,8 triliun atau 78,9% dari target Rp 1.485 triliun.

EKONOMI | 26 September 2022

Sri Mulyani: APBN Surplus Rp 107,4 Triliun Per Agustus 2022

"APBN kita juga dalam kondisi surplus Rp 107,4 triliun dibandingkan tahun lalu yang defisit Rp 383,1 triliun," kata Sri Mulyani.

EKONOMI | 26 September 2022

Sri Mulyani Sebut Realisasi BLT BBM Capai Rp 6,2 Triliun

Sri Mulyani menyebutkan, realisasi BLT BBM telah disalurkan sebesar Rp 6,2 triliun kepada 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) per 16 September 2022.

EKONOMI | 26 September 2022

ABM Group Rampungkan Proses Pembelian 30 Persen Saham GEMS

ABM Group melakukan penyelesaian proses pembelian 1.764.705.900 saham atau setara 30 persen saham di PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS).

EKONOMI | 26 September 2022

Sri Mulyani: Dana Pemda Mengendap di Bank Rp 203,42 Triliun

Sri Mulyani menyampaikan, tingginya saldo dana pemda di perbankan disebabkan belum optimalnya realisasi belanja daerah sampai dengan Agustus 2022.

EKONOMI | 26 September 2022

PP Properti Bayar Lunas Utang Jatuh Tempo Rp 2,5 Triliun

PT PP Properti Tbk (PPRO) berhasil melunasi utang jatuh tempo di tahun 2022 sebesar Rp 2,5 triliun, yang terdiri dari obligasi, MTN, dan perbankan.

EKONOMI | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BarisanBerkebaya.com Jadi Rumah Perempuan Pegiat Kebaya

BarisanBerkebaya.com Jadi Rumah Perempuan Pegiat Kebaya

LIFESTYLE | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings