Logo BeritaSatu

Kebangkitan UMKM Kunci Pemulihan Ekonomi

Senin, 18 Januari 2021 | 10:57 WIB
Oleh : Herman / AB

Jakarta, Beritasatu.com – Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemkop dan UKM), Hanung Harimba Rachman menyatakan kebangkitan UMKM merupakan kunci penting dalam upaya pemulihan ekonomi. Saat ini jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mencapai sekitar 64,1 juta unit atau 99% dari total pelaku usaha yang ada di Indonesia. UMKM juga mampu menyerap sekitar 116 juta tenaga kerja dan berkontribusi sekitar 58% terhadap produk domestik bruto (PDB). Namun, adanya pandemi membuat UMKM terpuruk karena tergerus dari sisi omzet.

“UMKM dan koperasi diharapkan jadi tulang punggung Indonesia dalam melakukan transformasi. Kebangkitan UMKM dan juga koperasi merupakan kunci pemulihan ekonomi, terutama kontribusinya terhadap penyerapan tenaga kerja di tengah tantangan meningkatnya jumlah penganguran,” kata Hanung Harimba dalam webinar “Kebangkitan UMKM untuk Mendorong Perekonomian Nasional” di Jakarta, Senin (18/1/2021).

Advertisement

Webinar ini merupakan kerja sama antara Majalah Investor dengan Kementerian BUMN, Kementerian Koperasi dan UKM, dan didukung oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Perserto) Tbk, PT PLN (Persero), PT Telkom Indonesia (Persero), Askrindo, Jamkrindo, PT PP (Persero) dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Hanung menyampaikan tahun 2020 merupakan titik balik bagi koperasi dan UMKM untuk menata kembali semangat berkreativitas dan berinovasi di berbagai bidang untuk bangkit dan mentransformasikan diri pascapandemi.

“Untuk mendorong UMKM bangkit, Kementerian Koperasi dna UKM akan berupaya agar program pemulihan ekonomi nasional masih akan terus dilakukan. Selain itu, Kementerian Koperasi dan UKM melalui kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak juga berupaya mewujudkan semangat Undang-Undang Cipta Kerja bagi UMKM,” kata Hanung.

Ada beberapa hal yang diamanatkan UU Cipta Kerja untuk mendorong kemajuan UMKM, antara lain meningkatkan rasio partisipasi UMKM dalam rantai pasok global yang saat ini baru 4,1%, mempercepat akselerasi digital UMKM dan koperasi, serta menjadikan koperasi sebagai pilihan rasional untuk kegiatan usaha masyarakat melalui peningkatan persentase penduduk yang berkoperasi.

“Pembiayaan yang mudah dan murah bagi UMKM juga akan terus didorong, sehingga UMKM yang terhubung dengan lembaga pembiayaan semakin meningkat,” kata Hanung.

Selain itu, terimpelementasinya kebijakan 40% alokasi belanja kementerian/lembaga untuk menyerap produk-produk UMKM, serta penyediaan minimal 30% dari total area komersial infrastruktur publik untuk pengembangan atau promosi UMKM.

“Kebangkitan UMKM untuk mendorong perekonomian nasional tentunya akan sulit terwujud tanpa adanya dukungan dari semua pihak. Karenanya, Kementerian Koperasi dan UKM sangat mengharapkan adanyanya partisipasi, kolaborasi, dan sinergi dari berbagai pihak untuk pengembangan dan pemberdayaan UMKM ke depan,” kata Hanung.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kuartal II, J Trust Bank Bukukan Laba Bersih Rp 15,72 M

J Trust Bank terus memfokuskan penyaluran kredit melalui segmen corporate banking, commercial and small medium enterprise, serta business linkage.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Perekonomian Pulih, IUIGA Lanjutkan Ekspansi Toko Ritel

Melihat tingkat pertumbuhan yang signifikan di 2020-2021, IUIGA optimistis melanjutkan ekspansi bisnis dan menambah jumlah toko ritel di Indonesia.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Baznas Kedepankan Transparansi Pengelolaan Dana Zakat

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebagai badan resmi yang ditunjuk pemerintah, berpegang teguh pada pengelolaan zakat yang transparan dan akuntabel.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

17 Fintech Lending Legal Dicatut, AFPI Tempuh Jalur Hukum

AFPI menduga nama 17 platform fintech lending telah direplikasi atau dicatut oleh pinjaman online (pinjol) ilegal.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

OJK Komitmen Perkuat Sinergitas dan Komunikasi

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar menegaskan, peran OJK sebagai regulator dan pengawas industri jasa keuangan.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Jualan Laris, Laba Ciputra Development Tembus Rp 1 Triliun

PT Ciputra Development Tbk (CTRA) berhasil kantongi laba hingga Rp 1,06 triliun pada semester pertama 2022.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Mandiri Capital Investasi Rp 1,4 Triliun Ke 20 Startup

Mandiri Capital Indonesia (MCI) berkomitmen mendukung kemitraan strategis Mandiri Group dan BUMN dengan startup serta mendorong inovasi ekosistem digital.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Delameta Bilano dan Aino Perkuat Sistem Pembayaran Transportasi Indonesia

Delameta Bilano dan Aino mengambil peran yang signifikan untuk mengembangkan ekosistem sistem pembayaran transportasi Jak Lingko.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

BRI Terus Dukung Industri Kopi Indonesia Go International

BRI mendukung industri kopi lewat BRI Indonesia Coffee Event 2022 yang diikuti oleh  komunitas kopi dari Sabang sampai Merauke.

EKONOMI | 15 Agustus 2022

Menteri Teten Pede Minyak Makan Merah Diserap Pasar

Kemenkop UKM memastikan produk minyak makan merah akan diserap pasar setelah proyek uji coba pengembangan ditargetkan rampung pada Januari 2023.

EKONOMI | 15 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Disdik DKI Beri Sanksi Tegas ke Guru Intoleran di Sekolah

Disdik DKI Beri Sanksi Tegas ke Guru Intoleran di Sekolah

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings