Jokowi Minta Pengusaha Besar Gandeng UMKM
Logo BeritaSatu

Jokowi Minta Pengusaha Besar Gandeng UMKM

Senin, 18 Januari 2021 | 11:31 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun, Novy Lumanauw / FMB

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta meminta pengembangan usaha besar harus terus melibatkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Karena itu, bisnis model kemitraan antara UMKM dengan perusahaan besar harus terus dilembagakan. Sehingga sama-sama menguntungkan bagi kedua belah pihak.

“Bisnis model kemitraan seperti ini harus terus dilembagakan, harus menemukan pola relasi yang menguntungkan. Semua harus untun...semua harus untung,” kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara Penandatanganan Komitmen PMA dan PMDN dengan UMKM di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/1/2020).

Jokowi menegaskan usaha besar tidak boleh hanya mementingkan perusahaannya sendiri. Para pelaku usaha besar harus melihat lingkungan sekitarnya. Apabila ada UMKM di lingkungannya, maka harus dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan perusahaan besar. Sehingga akan mengangkat UMKM menjadi naik level.

“Usaha besar tidak boleh hanya mementingkan perusahaannya sendiri, dirinya sendiri. Tolong dilihat lingkungannya, ada usaha menengah, usaha kecil, usaha mikro libatkan dalam kegiatan-kegiatann perusahaan sehingga akan mengangkat usaha-usaha itu menjadi naik levelnya,” ujar Jokowi.

Karena itu, lanjut Presiden, pemerintah akan terus berupaya dan membangun ekosistem yang kondusif, agar kolaborasi usaha besar dengan UMKM ini menguntungkan kedua belah pihak. Ia mengharapkan kolaborasi ini terus berkembang. Jika saat ini baru ditandatangani kontrak kerja sama yang melibatkan 196 UMKM dengan 59 usaha besar, maka ke depan Jokowi mengharapkan bisa diperluas.

“Kita harapkan terus berkembang. Kalau tadi yang terlibat 196 UMKM dan 59 usaha besar, saya minta ini bisa diperluas. Karena ini saya tahu baru tahap awal, bisa diperluas diperbanyak di masa yang akan datang,” jelas Jokowi.

Terwujudnya bentuk kemitraan antara UMKM dengan perusahaan-perusahaan besar tersebut tentu menjadi kabar baik bagi upaya peningkatan kelas UMKM di Tanah Air, utamanya di tengah situasi pandemi saat ini. Oleh sebab itu, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya atas kerja keras yang ditunjukkan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang mampu menerjemahkan arahan Presiden beberapa waktu lalu.

"Saya menghargai upaya BKPM yang berupaya keras melakukan percepatan proses investasi, mulai dari mempermudah perizinan dan memfasilitasi investor sebaik mungkin agar investasi dari dalam dan luar negeri bisa tumbuh pesat, membuka lapangan kerja, hingga berkontribusi besar untuk meningkatkan kelas UMKM Indonesia," tandasnya.

Untuk diketahui, program kemitraan ini merupakan tindak lanjut BKPM terhadap sejumlah arahan Presiden Jokowi yang menginginkan adanya kolaborasi atau keterlibatan UMKM dengan usaha-usaha besar demi peningkatan kualitas UMKM dan pemerataan ekonomi.

Dalam acara penandatanganan yang berlangsung di Ruang Nusantara, Gedung Suhartoyo, Kantor BKPM, sebanyak 56 perusahaan besar, baik perusahaan luar maupun dalam negeri, menandatangani komitmen kemitraan dengan 196 UMKM lokal yang tersebar di seluruh Indonesia dengan potensi nilai kontrak sebesar Rp 1,5 triliun.



Sumber: BeritaSatu.com

TAG: 


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kebangkitan UMKM Kunci Pemulihan Ekonomi

Kebangkitan UMKM dan juga koperasi merupakan kunci pemulihan ekonomi, terutama kontribusinya terhadap penyerapan tenaga kerja.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Grab Financial Group Kantongi Pendanaan Seri A Lebih Dari US$300 Juta

Grab Financial Group (GFG) telah berhasil meraih pendaan seri A yang dipimpin oleh perusahaan manajemen aset asal Korea Selatan, Hanhwa Asset Management.

EKONOMI | 14 Januari 2021

Telkom Ajak Netflix untuk Berikan Layanan Terbaik kepada Masyarakat Indonesia

Di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berupaya maksimal mendukung produktivitas

EKONOMI | 18 Januari 2021

UMKM Harus Naik Kelas Setelah Kerja Sama dengan Perusahaan Besar

Kemitraan strategis antara perusahaan besar dengan UMKM akan terus dikembangkan dengan prinsip saling menguntungkan dan meningkatkan daya saing.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Presiden: Kerja Sama UMKMā€“Usaha Besar Harus Berkelanjutan

Presiden berharap BKPM mengawasi secara saksama kontrak kerja sama antara UMKM dan usaha besar agar berlangsung secara berkelanjutan.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Rupiah Melemah ke Rp 14.050

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan pagi hari ini, Senin (18/1/2021), terpantau melemah ke kisaran Rp 14.050.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Minim Sentimen, IHSG Berpotensi Melemah

Valbury Sekuritas Indonesia merekomendasikan saham ASII, TLKM, UNTR, GGRM, CPIN, PWON.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Konsumen Milenial Minati Hunian di Bawah Rp 1 Miliar

Pertumbuhan pasar untuk segmen hunian di bawah Rp 1 miliar di Citraland Cibubur tahun 2020 lalu cukup signifikan.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Awal Pekan, IHSG Dibuka Melemah

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 0,42% ke kisaran 6.346,9 pada awal perdagangan hari ini, Senin (18/1/2021).

EKONOMI | 18 Januari 2021

Dimangsa Harimau, BBKSDA Sumut Usul Perubahan Pola Ternak Sapi

Memasang kandang jebak (perangkap) untuk Harimau Sumatera

NASIONAL | 18 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS