Kebangkitan UMKM Kunci Pemulihan Ekonomi
Logo BeritaSatu

Kebangkitan UMKM Kunci Pemulihan Ekonomi

Senin, 18 Januari 2021 | 14:24 WIB
Oleh : Herman / EHD

Jakarta, Beritasatu.com – Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Hanung Harimba Rachman mengungkapkan, kebangkitan UMKM merupakan kunci penting dalam upaya pemulihan ekonomi.

Saat ini jumlah UMKM di Indonesia mencapai sekitar 64,1 juta unit atau 99% dari total pelaku usaha yang ada di Indonesia. UMKM juga mampu menyerap sekitar 116 juta tenaga kerja, dan berkontribusi sekitar 58% terdadap Produk Domestik Bruto (PDB). Namun, adanya pandemi membuat UMKM terpuruk karena tergerus dari sisi omset.

“UMKM dan koperasi diharapkan jadi tulang punggung Indonesia dalam melakukan transformasi. Kebangkitan UMKM dan juga koperasi merupakan kunci pemulihan ekonomi, terutama kontribusinya terhadap penyerapan tenaga kerja di tengah tantangan meningkatnya jumlah penganguran,” kata Hanung Harimba dalam webinar “Kebangkitan UMKM untuk Mendorong Perekonomian Nasional”, Senin (18/1/2021).

Webinar ini merupakan kerja sama antara Majalah Investor dengan Kementerian BUMN RI, Kementerian Koperasi dan UKM RI, dan didukung oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Perserto) Tbk, PT PLN (Persero), PT Telkom Indonesia (Persero), Askrindo, Jamkrindo, PT PP (Persero) dan PT. Waskita Karya (Persero) Tbk.

Hanung menyampaikan, tahun 2020 bagi koperasi dan UMKM merupakan titik balik untuk menata kembali semangat berkreatifitas dan berinovasi di berbagai bidang untuk bangkit dan mentransformasikan diri pasca pandemi.

“Untuk mendorong UMKM bangkit, Kementerian Koperasi dna UKM akan berupaya agar program pemulihan ekonomi nasional masih akan terus dilakukan. Selain itu, Kementerian Koperasi dan UKM melalui kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak juga berupaya mewujudkan semangat Undang-Undang Cipta Kerja bagi UMKM,” kata Hanung.

Ada beberapa hal yang diamanatkan UU Cipta Kerja untuk mendorong kemajuan UMKM, antara lain meningkatkan rasio partisipasi UMKM dalam rantai pasok global yang saat ini baru 4,1%, mempercepat akselerasi digital UMKM dan koperasi, serta menjadikan koperasi sebagai pilihan rasional untuk kegiatan usaha masyarakat melalui

peningkatan persentase penduduk yang berkoperasi.

“Pembiayaan yang mudah dan murah bagi UMKM juga akan terus didorong, sehingga UMKM yang terhubung dengan lembaga pembiayaan semakin meningkat,” kata Hanung.

Selanjutnya adalah terimpelementasinya kebijakan 40% alokasi belanja kementerian/lembaga untuk menyerap produk-produk UMKM, serta penyediaan minimal 30% dari total area komersial infrastruktur publik untuk pengembangan atau promosi UMKM.

“Kebangkitan UMKM untuk mendorong perekonomian nasional tentunya akan sulit terwujud tanpa adanya dukungan dari semua pihak. Karenanya, Kementerian Koperasi dna UMKM sangat mengharaokan adanyanya partisipasi, kolaborasi dan sinergi dari berbagai pihak untuk pengembangan dan pemberdayaan UMKM ke depan,” kata Hanung.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Menuju Koperasi Modern dan UMKM Berdaya Saing, Kemkop dan UKM Menata Struktur Organisasi Baru

Penataan Struktur Organisasi Kementerian Koperasi dan UKM dilaksanakan berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo untuk mendorong UMKM berdaya saing.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Wika Bidik Pembelanjaan ke UMKM Kembali di Atas Rp 2 Triliun

Tahun 2021 ini jumlah pembelanjaan terhadap usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bisa kembali di atas Rp 2 triliun.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Tak Sekadar Bantuan Tunai, UMKM Juga Butuh Pendampingan

Bhima Yudhistira menilai perlunya ada pendampingan Kemkop UKM dan perbankan kepada UMKM agar melek pasar digital.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Minim, Akses UMKM ke Pasar Global

Kontribusi UMKM terhadap ekspor baru 14,7%, padahal sektor ini memberikan kontribusi sebesar 64% ke PDB.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Pembentukan Holding BUMN Mikro Bangkitkan Sektor UMKM

Integrasi BUMN pada holding ini diharap menciptakan efisiensi biaya dana dan memperluas jaringan.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Dirut BRI Sebut Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.000 T Bisa Dicapai

BRI yang fokus pada segmen UMKM mendapat kuota KUR Rp 152 triliun pada 2021.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Rupiah Terdepresiasi ke Kisaran Rp 14.070 Per Dolar

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan siang hari ini, Senin (18/1/2021), terpantau melemah ke kisaran Rp 14.070.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Sesi I, IHSG Berbalik Menguat 0,5% ke 6.407,7

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,54% ke kisaran 6.407,7 pada akhir sesi pertama perdagangan hari ini, Senin (18/1/2021).

EKONOMI | 18 Januari 2021

Jokowi Minta Pengusaha Besar Gandeng UMKM

Jokowi menegaskan usaha besar tidak boleh hanya mementingkan perusahaannya sendiri. Para pelaku usaha besar harus melihat lingkungan sekitarnya.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Kebangkitan UMKM Kunci Pemulihan Ekonomi

Kebangkitan UMKM dan juga koperasi merupakan kunci pemulihan ekonomi, terutama kontribusinya terhadap penyerapan tenaga kerja.

EKONOMI | 18 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS