TelkomGroup dan BPJS Kesehatan Sepakati Kemitraan Strategis Optimalisasi Penyelenggaraan Program JKN-KIS
Logo BeritaSatu

TelkomGroup dan BPJS Kesehatan Sepakati Kemitraan Strategis Optimalisasi Penyelenggaraan Program JKN-KIS

Senin, 18 Januari 2021 | 18:29 WIB
Oleh : RIX

Jakarta, 18 Januari 2021 – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) sepakat untuk menggalang sinergi guna memberikan pelayanan kesehatan optimal kepada masyarakat luas. Kesepakatan tersebut tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara dan Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso di Jakarta yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.

Kerja sama ini menjadi upaya bersama untuk memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing pihak dan mengolaborasikan fungsi para pihak yang didasarkan dengan prinsip saling membantu dan saling mendukung guna tercapainya optimalisasi penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dengan tetap memperhatikan prinsip Good Corporate Governance (GCG) serta ketentuan perundang-undangan.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara mengungkapkan apresiasi atas kepercayaan BPJS Kesehatan kepada TelkomGroup sebagai penyedia layanan digitalisasi guna mendukung peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Sebagai BUMN yang memiliki core competence di bidang Information and Communication Technology (ICT) mulai dari cloud, managed service, data center, payment system, monitoring system, satellite operation, dan masih banyak lagi, TelkomGroup siap mendukung digital revolution BPJS Kesehatan dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang, khususnya untuk layanan kesehatan masyarakat, sehingga diharapkan masyarakat dapat menikmati kemudahan layanan kesehatan,” ungkap Edi Witjara.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso menyampaikan harapannya melalui kerja sama ini Telkom dan BPJS Kesehatan dapat berjalan bersama dalam mengoptimalkan implementasi program JKN-KIS ke depannya. “BPJS Kesehatan tentu tidak akan dapat berjalan sendiri dalam menyelenggarakan JKN-KIS. Untuk itu, kami berharap dukungan dan kerja sama Telkom dalam peran dan tugas di bidang kerja masing-masing guna mendukung pelaksanaan program JKN-KIS. Karena sejatinya, program jaminan kesehatan ini adalah wujud pengabdian kepada negara dan masyarakat Indonesia,” tegas Kemal.

Adapun ruang lingkup sinergi Telkom dan BPJS Kesehatan ini meliputi perluasan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di lingkungan TelkomGroup serta kemitraan strategis dalam rangka pengembangan produk bersama melalui kajian layanan dan kemanfaatan di antaranya joint development untuk pengembangan data analytics dan fasilitas payment gateway untuk pembayaran iuran program JKN-KIS.

Diharapkan adanya kerja sama ini dapat membuka peluang sinergi dalam bidang lain yang akan mendukung kelancaran penyelenggaraan program JKN-KIS dengan tetap berlandaskan pada koridor perundang-undangan yang berlaku. Ke depannya, kerjasama ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanan kedua belah pihak, baik di tingkat nasional maupun global sehingga dapat memberikan best service serta mendukung kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Apindo Minta Pusat Belanja Hingga Restoran Diberikan Kelonggaran Pembatasan

Apindo mengusulkan agar pusat perbelanjaan, ritel, hotel dan restoran yang telah menerapkan protokol kesehatan bisa beroperasi sampai pukul 21.00 selama PPKM.

EKONOMI | 18 Januari 2021

AP II Pastikan Karyawannya Tak Bergabung di Sindikat Pemalsuan Swab Test

Angkasa Pura (AP) II memastikan tidak ada karyawan yang menjadi oknum atau pelaku yang bergabung dalam sindikat pemalsuan swab test Covid-19 untuk perjalanan.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Lebih Fantastis dari Bitcoin, Stellar Naik 600%

Aset Kripto Stellar Lumens (XLM) mengalami lonjakan harga dalam setahun terakhir. Apabila diakumulasi secara tahunan (yoy), kenaikannya lebih dari 600%.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Naik 600%, Lonjakan Harga Stellar Lebih Fantastis dari Bitcoin

Kenaikan harga terjadi karena tingginya permintaan terhadap Stellar Lumens yang menjadi alternatif pembayaran aset kripto lain.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Dirut BRI: Optimisme Pelaku UMKM Telah Pulih

Menurut Sunarso, UMKM telah menjadi pilar utama pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa pandemi Covid-19.

EKONOMI | 18 Januari 2021

APPBI: PPKM Gerus Pengunjung Mal

Selama sepekan pelaksanaan PPKM, pengunjung pusat belanja tinggal 32 persen.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Ditopang Sentimen Positif Ekonomi Tiongkok, IHSG Ditutup di Zona Hijau

Ditopang sentimen positif pertumbuhan ekonomi Tiongkok, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di zona hijau pada perdagangan awal pekan, Senin (18/1/2021).

EKONOMI | 18 Januari 2021

Kebangkitan UMKM Kunci Pemulihan Ekonomi

Hanung Harimba Rachman mengungkapkan, kebangkitan UMKM merupakan kunci penting dalam upaya pemulihan ekonomi.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Menuju Koperasi Modern dan UMKM Berdaya Saing, Kemkop dan UKM Menata Struktur Organisasi Baru

Penataan Struktur Organisasi Kementerian Koperasi dan UKM dilaksanakan berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo untuk mendorong UMKM berdaya saing.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Wika Bidik Pembelanjaan ke UMKM Kembali di Atas Rp 2 Triliun

Tahun 2021 ini jumlah pembelanjaan terhadap usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bisa kembali di atas Rp 2 triliun.

EKONOMI | 18 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS