Pembangunan Pelabuhan Labuan Bajo Capai 85%
Logo BeritaSatu

Pembangunan Pelabuhan Labuan Bajo Capai 85%

Senin, 18 Januari 2021 | 21:25 WIB
Oleh : Amrozi Amenan / FER

Surabaya, Beritasatu.com - PT Pelabuhan Indonesia lll (Persero) atau Pelindo III terus melakukan akselerasi untuk percepatan pembangunan Terminal Multipurpose Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Saat pembangunan terminal tersebut sudah mencapai 85 persen.

Direktur Utama Pelindo III, U Saefudin Noer mengatakan, Terminal Multipurpose Labuan Bajo merupakan pelabuhan yang dibangun untuk turut menyukseskan program pemerintah yang akan menjadikan Labuan Bajo sebagai kawasan tujuan wisata super premium.

"Untuk percepatan proses pembangunan maka ada pembagian pembangunan, yaitu sisi laut oleh Kementerian Perhubungan dengan pelaksana BUMN PT Brantas Abipraya dan untuk sisi darat dilakukan oleh Pelindo III dengan pelaksana PT Wijaya Karya," kata Saefudin dalam keterangannya kepada Beritasatu.com, Senin (18/1/2021).

Lebih lanjut, Saefudin menjelaskan, secara keseluruhan pembangunan Terminal Multipurpose Labuan Bajo telah mencapai 85 persen. Sejak awal Agustus 2020, Pelindo III bersama sejumlah pihak berkolaborasi sesuai kompetensi masing-masing untuk memacu percepatan pembangunan pelabuhan yang dilakukan secara bertahap.

Adapun pihak-pihak yang berperan dan berkontribusi dalam pembangunan Terminal Multipurpose Labuan Bajo adalah Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Dukungan yang kuat diberikan Gubernur Nusa Tenggara Timur dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Terminal Multipurpose Labuan Bajo diharapkan mampu menjadi pendorong bagi percepatan pemulihan ekonomi nasional pasca-pandemi Covid-19 bagi kawasan yang ada di sekitarnya,” terang Saefudin.

Terminal Multipurpose Labuan Bajo nantinya akan melayani kegiatan pelayanan barang dan petikemas yang selama ini dilakukan di pelabuhan eksisting yang ada di tengah kota. Selanjutnya, pelabuhan lama akan disiapkan menjadi pelabuhan wisata untuk kegiatan penumpang guna mendukung sebagai kawasan wisata super premium.

Dalam pembangunan Terminal Multipurpose Labuan Bajo, Pelindo III tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dan kearifan lokal. Konsep ramah lingkungan (green port) diaplikasikan baik dalam bentuk bangunan maupun penggunaan peralatan agar lingkungan pelabuhan terasa asri. Beberapa bagian pelabuhan dibangun dengan memadukan bangunan modern dengan arsitektur khas masyarakat NTT.

Terminal Multipurpose Labuan Bajo juga akan didukung dengan teknologi informasi untuk mendukung operasional pelabuhan. Termasuk di dalamnya memberikan kemudahan bagi para pengguna jasa bertransaksi dengan praktis, nyaman dan aman untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

"Dalam hal transaksi dengan pengguna jasa kami juga sudah berkoloborasi dengan bank Himbara untuk memberikan kemudahan bagi semua pihak yang berkepentingan,” tutup Saefudin.




Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

IUIGA Tumbuh Pesat di Tengah Pelemahan Industri Ritel

Menurut William, pilihan produk IUIGA cukup lengkap dan dengan harga terjangkau.

EKONOMI | 18 Januari 2021

TelkomGroup dan BPJS Kesehatan Sepakati Kemitraan Strategis Optimalisasi Penyelenggaraan Program JKN-KIS

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) sepakat untuk menggalang sinergi guna

EKONOMI | 18 Januari 2021

Apindo Minta Pusat Belanja Hingga Restoran Diberikan Kelonggaran Pembatasan

Apindo mengusulkan agar pusat perbelanjaan, ritel, hotel dan restoran yang telah menerapkan protokol kesehatan bisa beroperasi sampai pukul 21.00 selama PPKM.

EKONOMI | 18 Januari 2021

AP II Pastikan Karyawannya Tak Bergabung di Sindikat Pemalsuan Swab Test

Angkasa Pura (AP) II memastikan tidak ada karyawan yang menjadi oknum atau pelaku yang bergabung dalam sindikat pemalsuan swab test Covid-19 untuk perjalanan.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Lebih Fantastis dari Bitcoin, Stellar Naik 600%

Aset Kripto Stellar Lumens (XLM) mengalami lonjakan harga dalam setahun terakhir. Apabila diakumulasi secara tahunan (yoy), kenaikannya lebih dari 600%.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Naik 600%, Lonjakan Harga Stellar Lebih Fantastis dari Bitcoin

Kenaikan harga terjadi karena tingginya permintaan terhadap Stellar Lumens yang menjadi alternatif pembayaran aset kripto lain.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Dirut BRI: Optimisme Pelaku UMKM Telah Pulih

Menurut Sunarso, UMKM telah menjadi pilar utama pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa pandemi Covid-19.

EKONOMI | 18 Januari 2021

APPBI: PPKM Gerus Pengunjung Mal

Selama sepekan pelaksanaan PPKM, pengunjung pusat belanja tinggal 32 persen.

EKONOMI | 18 Januari 2021

Ditopang Sentimen Positif Ekonomi Tiongkok, IHSG Ditutup di Zona Hijau

Ditopang sentimen positif pertumbuhan ekonomi Tiongkok, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di zona hijau pada perdagangan awal pekan, Senin (18/1/2021).

EKONOMI | 18 Januari 2021

Kebangkitan UMKM Kunci Pemulihan Ekonomi

Hanung Harimba Rachman mengungkapkan, kebangkitan UMKM merupakan kunci penting dalam upaya pemulihan ekonomi.

EKONOMI | 18 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS