Logo BeritaSatu

Ini 5 Tantangan Ekonomi Syariah di 2021

Selasa, 19 Januari 2021 | 16:35 WIB
Oleh : Lona Olavia / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso meyakini industri keuangan syariah akan tetap bagus di tahun 2021 ini. Bahkan, industri syariah berpotensi tumbuh dengan skala yang besar. Meski demikian, untuk mewujudkannya, ada lima tantangan utama yang harus segera dibenahi.

Pertama soal pangsa pasar yang relatif masih rendah. Oleh karena itu, Wimboh mengatakan perlu strategi khusus untuk membuat pangsa pasar keuangan syariah menjadi lebih besar, setidaknya mencapai 20%. Salah satunya yakni fokus terhadap ritel dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Advertisement

“Kami yakin untuk tetap fokus di ritel dan UMKM, karena masyarakat kita membutuhkan itu. Dengan adanya ritel dan UMKM, otomatis akan membutuhkan off taker yang berbasis ekonomi dan syariah,” ujarnya pada webinar Syariah Economic Outlook: Ekonomi Syariah Indonesia 2021 dengan tema “Mewujudkan Ekonomi dan Keuangan Syariah sebagai Energi Baru dalam Momentum Pemulihan Ekonomi Nasional”, Selasa (19/1/2021).

Namun, kata Wimboh, hal tersebut perlu didukung ekosistem yang lengkap termasuk industri halalnya. Selain meningkatkan pangsa pasar, ada beberapa tantangan yang harus diatasi untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Yakni, literasi keuangan syariah masih rendah di mana masih 0,93% untuk indeks literasi dan 9,1% untuk inklusi syariah. Sedangkan, secara nasional, indeks literasinya sudah 38,03% dan inklusi keuangan 76,19%.

Lalu tantangan lainnya adalah diferensiasi model bisnis atau produk syariah masih terbatas, adopsi teknologi belum memadai, dan pemenuhan SDM belum optimal. Untuk itu, Wimboh menyatakan, OJK telah meluncurkan Master Plan Sektor Jasa Keuangan Indonesia (MPSJKI) 2021-2025 untuk meningkatkan ketahanan, dan daya saing sektor jasa keuangan, pengembangan ekosistemnya hingga akselerasi transformasi digital.

Dia pun menyebutkan Indonesia mempunyai potensi untuk membesarkan, mengembangkan, dan menjadi global-hub ekonomi syariah. Salah satu indikatornya, Indonesia telah menduduki peringkat pertama untuk pasar keuangan syariah global adalah pada tahun lalu mendapat skor 81,93 dalam Global Islamic Financial Report (GIFR). Indonesia juga menjadi destinasi wisata halal terbaik berdasarkan Global Muslim Travel Index (GMTI) pada 2019 dengan mengungguli 130 destinasi wisata halal di seluruh dunia.

Kemudian Indonesia memiliki penduduk muslim terbesar di dunia yaitu mencapai 229 juta orang atau sekitar 87% dari total penduduk Indonesia dengan jumlah santri sebanyak 3,96 juta orang dan 25.938 pesantren. Sementara itu, total aset sektor perbankan syariah telah mencapai Rp 545,39 triliun yang terdiri dari 14 bank umum syariah, 20 unit usaha syariah, dan 162 bank pembiayaan rakyat syariah.

“Ini semua indikator yang akan membuat Islamic economy maupun ekosistem syariah akan jadi kelas dunia. Bisa mengalahkan negara lain ini cita-cita yang harus kita pegang teguh,” tegas Wimboh.

Meski begitu, Wimboh menilai, dari sisi daya saing dengan industri yang sama di tingkat global, Indonesia belum memiliki kekuatan. Hal itu nampak dari proporsi total aset keuangan syariah yang hanya 9,9%. Di sisi lain, Wimboh mengingatkan saingan industri keuangan syariah nasional bukan lagi domestik, bukan hanya konvensional, tapi produk syariah dari global.

“Kalau tidak kompetitif, begitu mau keluar kandang, melipir dulu, karena tahu-tahunya harganya di region lebih murah. Dengan itu kalau kita kaji ada yang siap tidak, coba kita lihat. Kami tidak yakin ada, berarti harus ada satu kebijakan yang luar biasa,” kata dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kolaborasi dengan Bank Sumut, BNI Usung Orange Synergy

Melalui Orange Synergy, Bank Sumut dan BNI berkomitmen membangun kolaborasi strategis yang dituangkan dalam berbagai inisiatif pengembangan layanan perbankan.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

AFPI-TékenAja! Hadirkan Tanda Tangan Elektronik

AFPI menjalin kerja sama dengan TékenAja! dalam penyediaan tanda tangan elektronik dan e-meterai bagi penyelenggara fintech p2p lending.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Gandeng 4 Mitra, APR Hadirkan Viscose-Rayon Berkelanjutan

PT Asia Pacific Rayon (APR), produsen serat viscose-rayon menegaskan komitmennya mendukung inovasi tekstil berkelanjutan atau ramah lingkungan.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Ekonomi Pulih, Debitur Profil Risiko Tinggi Mulai Menurun

Debitur perbankan dan jasa keuangan yang memiliki profil risiko tinggi dan sangat tinggi (high risk and very high risk) mulai menurun.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Sejalan Era Digitalisasi, Aviana Kelola 180 Juta Transaksi

PT Aviana Sinar Abadi berhasil mengelola 180 juta transaksi per bulan, termasuk transaksi di pelosok daerah.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Indocement Gunakan Listrik PLN di Kompleks Pabrik Tarjun

Indocement Kompleks Pabrik Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan, resmi menjadi konsumen tegangan tinggi PLN pertama di Kalimantan.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Resesi Global, Founder Startup Perlu Lakukan Tiga Strategi Ini

Dua tahun lalu memang menjadi tahun emas bagi startup karena pandemi dan masyarakat banyak bergantung pada teknologi.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Dana dan Here Technologies Perdalam Inklusi Keuangan

Here Technologies, platform data dan teknologi lokasi mengumumkan bahwa DANA sebagai platform dompet digital telah menggunakan layanan lokasi.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Sambut Hari Kemerdekaan, Pengembang Beri Fasilitas DP 0%

Pengembang properti Widari Agung Group memberikan kemudahkan untuk konsumen Widari Village dengan fasilitas uang muka atau DP 0%.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Penjualan Produsen Bahan Kimia Chemstar Melonjak 43%

PT Chemstar Indonesia Tbk (CHEM), produsen bahan kimia industri tekstil hingga kuartal pertama 2022 meraih penjualan Rp 32,4 miliar atau naik 43%.

EKONOMI | 10 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kronologi Penembakan Brigadir J Hingga Ferdi Sambo Tersangka

Kronologi Penembakan Brigadir J Hingga Ferdi Sambo Tersangka

NEWS | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings