Logo BeritaSatu

Dua Fokus Utama Konsumen Properti di Masa Pandemi

Rabu, 20 Januari 2021 | 20:15 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Industri properti nasional diprediksi menuju masa pemulihan di tahun 2021, walaupun pandemi Covid-19 belum berakhir. Hal tersebut didukung dengan hadirnya program vaksinasi Covid-19, yang dinilai bisa menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi.

Arsitek Universitas Katolik Parahyangan yang mendalami perencanaan real estate Kota Baru Parahyangan (KBP), Ir Ryan Brasali MM menjelaskan, masalah arsitektural semakin banyak diminati konsumen dan pemerhati keindahan di tengah pandemi Covid-19.

Advertisement

"Terlebih, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini, pembangunan permukiman dan kawasan real estate, bisa dibilang semakin menunjukan perkembangan yang baik di Indonesia,” kata Ryan pada seminar karya properti 'Ideal Home Inovasi Arsitektur' yang digelar secara virtual, Rabu (20/1/2021).

Menurut Ryan, konsep kawasan dan desain hunian, menjadi pertimbangan konsumen properti di masa pandemi Covid-19. Hal ini menjadi pemicu bagi kalangan arsitek untuk mencipta karya terbaik, sehingga menarik untuk ditawarkan.

"Kemudian, bagaimana permukiman ini memberi kesempatan seluas-luasnya kepada arsitek untuk berselancar dalam mendesain karya hunian yang ideal,” tambahnya.

Arsitek dari Universitas Trisakti, Relan Masato ST IAI menyampaikan, pengalaman membangun hunian di kawasan real estate tidak terbatas hanya pada rumah tipe landed house semata, namun juga dalam bentuk bangunan bertingkat.

"Orang yang tinggal di real estate perlu juga diberi pilihan tempat tinggal yang praktis dan modern. Seperti misalnya, hunian apartemen yang dibangun tunggal atau berupa bangunan campuran yang dilengkapi multi fasilitas, untuk memenuhi kebutuhan bagi penghuni dan sekitarnya,” kata Relan.

Sementara, ahli perencanaan kawasan real estate dari Universitas Tarumanegara, Ir Suroso Ariel AJ mengatakan, desain rumah tinggal sejatinya dapat diciptakan akibat pengaruh pola lingkungan sekitarnya.

"Beberapa karya properti hunian dari para arsitek memang menarik untuk disimak ide-ide kreativitasnya, sehingga bisa menjadi acuan dalam menciptakan karya selanjutnya,” tandas Suroso.

Founder dan President Director PT Kenari Djaja, Hendra B Sjarifudin menambahkan, apa yang disampaikan oleh ketiga arsitek melalui seminar ini, diharapkan dapat memberi manfaat bagi peserta.

”Semua arsitek yang pernah merancang dan membuat hunian di kawasan real estate, adalah orang-orang yang kreatif dan sangat menghargai lingkungannya,” kata Hendra.

Hendra menambahkan, Kenari Djaja sangat mendukung seminar ini karena kebutuhan hunian terus berkembang dengan kualitas desain yang semakin canggih.

"Kami tentu sangat berkepentingan dengan menyediakan kebutuhan kunci dan perlengkapan lainnya yang lebih berkualitas sehingga menjamin keselamatan konsumen," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bundamedik dan FKUI Berkolaborasi Bangun SDM Kesehatan

Bundamedik Healthcare System (BMHS) menjalin kerja sama strategis dengan FKUI dalam inisiatif pengembangan SDM kesehatan yang kompeten.

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Restoran McDonald's Akan Buka Gerai Lagi di Ukraina

McDonald's akan mulai membuka kembali beberapa gerai di Ukraina dalam beberapa bulan mendatang.

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Indonesia Diharapkan Mampu Berperan Jadi Produsen Kendaraan Listrik

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut Indonesia bukan hanya menjadi pangsa pasar kendaraan listrik yang besar.

EKONOMI | 13 Agustus 2022

PTPP Luncurkan Inovasi Pengolahan Sampah di Pulau Dewata

PTPP turut berkontribusi dalam pengelolaan sampah di Pulau Dewata, dengan memberikan solusi berupa teknologi untuk melakukan pengolahan semua jenis sampah.

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Anggota DEN Bicara soal Perlunya Sharing the Pain BBM, Simak

Sharing the pain BBM harus dilakukan dari dua sisi, yakni sisi penawaran (supply side) dan sisi permintaan (demand side).

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Pemerintah Minta Pertamina Batasi Penjualan BBM Bersubsidi

Pemerintah Indonesia telah meminta PT Pertamina (Persero) membatasi penjualan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi Pertalite dan Solar subsidi.

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Program Mangga Petrokimia Gresik Pulihkan Ekonomi Rakyat

Program Mangga atau akronim dari Mitra Kebanggaan Petrokimia Gresik memulihkan ekonomi rakyat sejak Agustus 2021.

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Tarif Ojek Online Naik, Sektor UMKM Akan Ikut Terdampak

Kenaikan tarif ojek online (ojol) diperkirakan akan ikut berdampak pada sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Perkuat Ekosistem Pembayaran Nontunai, BNI Gandeng Indomaret

BNI dan Indomaret menghadirkan pembayaran nontunai dengan menggunakan QRIS BNI Mobile Banking.

EKONOMI | 13 Agustus 2022

Ini Skenario Pemerintah jika Harga BBM Naik, Apa Saja?

Jika harga BBM tidak bisa tertahan, pemeritah akan memberikan suatu bantalan sosial tambahan berupa perlindungan sosial.

EKONOMI | 13 Agustus 2022


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jika Tak Profesional, Ada Konsekuensi untuk 30 Jaksa Kasus Ferdy Sambo

Jika Tak Profesional, Ada Konsekuensi untuk 30 Jaksa Kasus Ferdy Sambo

NEWS | 36 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings