Logo BeritaSatu

Mantan Bos GoPay Perkuat Jajaran Komisaris Startup eFishery

Kamis, 21 Januari 2021 | 12:34 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Bandung, Beritasatu.com - eFishery, startup akuakultur terbesar di Asia, mengangkat Aldi Haryopratomo sebagai komisaris. Pengalaman Aldi sebagai CEO GoPay di masa GoPay baru mulai hingga menjadi salah satu financial technology (fintech) terbesar di Asia Tenggara relevan bagi eFishery yang dalam periode hypergrowth guna merangkul jutaan pembudidaya ikan.

CEO eFishery, Gibran Huzaifah mengatakan perusahaannya membutuhkan sosok berpengalaman di bidang startup dalam pengembangan usaha eFishery. Perusahaan rintisan yang baru memperoleh pendanaan Seri B dari Go-Venture dan Northstar Group pada Agustus 2020 lalu ini memiliki target menyediakan layanan menyeluruh dan terintegrasi, mulai operasional budidaya, pembiayaan, hingga distribusi. “Aldi memiliki pengalaman dan keahlian mengembangkan produk dan membangun organisasi yang menyasar UMKM, masyarakat rural, dan sektor informal untuk bisa memberikan dampak masif," kata Gibran dalam keterangan tertulisnya Kamis (21/1/2021).

Pertemuan Aldi dan Gibran pertama kali terjadi di tahun 2015, ketika Gibran terpilih menjadi Endeavor Entrepreneur. Berbagi tujuan yang sama, Gibran menjadikan Aldi sebagai mentor dan secara rutin bertemu untuk berdiskusi. Tidak lama setelah mereka bertemu, Aldi terpilih menjadi Endeavor Entrepreneur of the Year di tahun 2016, dan Gibran mengikuti jejaknya di tahun 2020.

Gibran melihat Aldi memiliki visi yang sejalan dengan eFishery dalam memajukan masyarakat pedesaan. Saat Gibran dan Aldi pertama kali bertemu, Aldi sedang membangun Mapan, aplikasi arisan online yang fokus ke masyarakat pedesaan. “Kami berharap Aldi dapat memberikan arahan agar eFishery dapat tumbuh, menjangkau 1 juta pembudidaya ikan selama 3 tahun ke depan dan terus meningkatkan dampak sosial ekonomi yang positif dalam ekosistem akuakultur ini, khususnya bagi para pembudidaya,” kata Gibran.

Debut pertama Aldi di startup adalah membangun RUMA (Rekan Usaha Mikro Anda), yang sekarang lebih dikenal dengan nama Mapan. Startup ini didirikan dengan tujuan agar masyarakat berpendapatan rendah dapat memperoleh akses memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga membawa peningkatan terhadap kualitas hidup masyarakat. Mapan diakuisisi GoJek pada tahun 2017 dan Aldi ditunjuk untuk menjadi CEO GoPay hingga 31 Desember 2020. Aldi memiliki visi membantu masyarakat di seluruh pelosok Indonesia untuk memperoleh akses layanan keuangan dan memiliki kesempatan yang sama untuk bisa berkembang.

Aldi mengungkapkan, saat pertama kali bertemu dengan Gibran, eFishery belum mendapatkan investor Seri A. "Setiap saya berkunjung ke desa-desa lokasi eFishery, saya melihat betapa dekatnya para pembudidaya dengan tim eFishery, budaya perusahaan yang melekat semenjak pertama kali eFishery berdiri,” ungkap Aldi.

Dia mengatakan, Indonesia membutuhkan lebih banyak entrepreneur dan startup yang membantu UMKM. "Saya bersyukur bisa menjadi bagian kecil eFishery dan diharapkan eFishery bisa merekrut pemuda pemudi terbaik bangsa dan membantu jutaan pembudidaya ikan,” kata dia.

Sepanjang 2020 eFishery mencatatkan peningkatan pendapatan hingga empat kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Selain itu, inovasi yang diciptakan eFishery membantu pembudidaya dalam meningkatkan kapasitas produksi sebesar 26% dan pendapatan 45%. eFishery juga membantu merealisasikan target pemerintah meningkatkan ekspor udang 250% di tahun 2024. Di tahun 2021 ini eFishery menargetkan peluncuran layanan terpadu Smart Farming Solution yang secara khusus didesain untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas budidaya komoditas udang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Aset Industri Pembiayaan Naik 4,5% Sejalan Penguatan Laba

OJK mencatat hingga semester I 2022 pertumbuhan aset industri pembiayaan (multifinance) 4,5% secara tahunan (year on year/yoy).

EKONOMI | 29 September 2022

IHSG Berpeluang Rebound, Intip Rekomendasi Saham Pilihannya

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) berpeluang rebound (menguat) pada perdagangan Kamis (29/9/2022).

EKONOMI | 29 September 2022

Tarif Penyeberangan Kelas Ekonomi Naik, Ini Perinciannya

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menetapkan regulasi penyesuaian tarif penyeberangan pada 23 lintas penyeberangan dengan penyesuaian sebesar 11%.

EKONOMI | 29 September 2022

Grant Thornton Indonesia Beberkan 3 Tips Hadapi Inflasi Bagi Milenial

Selain tingginya pengeluaran rutin pokok bulan, milenial Indonesia juga harus berjuang untuk menyiasati inflasi gaya hidup.

EKONOMI | 29 September 2022

Harga Emas di Zona Positif Terbantu Pelemahan Dolar

Harga emas di pasar spot naik 2% menjadi US$1.660,62 per ons setelah turun ke level terendah sejak April 2020 pada hari sebelumnya.

EKONOMI | 29 September 2022

Harga Minyak Menguat karena Penurunan Persediaan AS

Harga minyak naik pada perdagangan Rabu (28/9/2022) menyusul penurunan tak terduga stok minyak mentah dan bahan bakar AS.

EKONOMI | 29 September 2022

Konservasi Energi, SBI Pabrik Cilacap Raih Award Global

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) pabrik Cilacap, unit usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) meraih penghargaan ASEAN Energy Awards (AEA).

EKONOMI | 29 September 2022

Bursa AS Rebound, Dow Jones Hentikan Penurunan 6 Hari

Dow Jones Industrial Average naik 548,75 poin, atau 1,88%, menjadi 29.683,74 dari level terendahnya pada 2022.

EKONOMI | 29 September 2022

Begini Langkah BUMN untuk Waskita, WIKA, dan PP Properti

Injeksi modal itu ditujukan agar Waskita dapat menuntaskan sekitar 12-14 jalan tol yang sebagian besar sudah didivestasi.

EKONOMI | 29 September 2022

Bursa Eropa Naik, Bank of England Intervensi Pasar Obligasi

Pan-European Stoxx 600 di bursa Eropa naik 0,3%, setelah melemah hampir 2% pada hari sebelumnya.

EKONOMI | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Aset Industri Pembiayaan Naik 4,5% Sejalan Penguatan Laba

Aset Industri Pembiayaan Naik 4,5% Sejalan Penguatan Laba

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings