MOW Dukung Suplai Gas PLTMG Sorong
Logo BeritaSatu


MOW Dukung Suplai Gas PLTMG Sorong

Jumat, 22 Januari 2021 | 20:03 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Sorong, Beritasatu.com - PT Malamoi Olom Wobok (MOW) mencetak sejarah dalam dunia energi nasional dengan keberhasilannya mendukung suplai gas dari Lapangan Arar, di wilayah kerja kepala burung ke PLTMG Sorong 50 MW. Keberhasilan ini ditandai dengan first gas burning PLTMG Sorong pada 20 Januari 2021.

PLTMG Sorong 50 MW menjadi pembangkit pertama digasifikasi dari 52 pembangkit di seluruh Indonesia yang seluruhnya direncanakan rampung digasifikasi sebelum Januari 2022, sesuai Keputusan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2020.

Direktur Utama MOW, Gabriel Hasahatan Simanjuntak, mengatakan, PT MOW selaku badan usaha milik daerah (BUMD) Kabupaten Sorong telah membuktikan dan sanggup untuk turut menyukseskan program pemerintah pusat, khususnya di bidang energi.

"Setelah ini, kami akan bergerak cepat untuk melakukan ekspansi bisnis suplai LPG dalam upaya pemenuhan demand di area provinsi Papua Barat dan provinsi Papua,” kata Gabriel dalam keterangan tertulisnya kepada Beritasatu.com, Jumat (22/1/2021).

Gabriel menambahkan, dengan konversi bahan bakar pembangkit dari HSD menjadi gas selain menurunkan BPP listrik juga mengurangi kadar polutan di Kabupaten Sorong khususnya area KEK Sorong.

"Hal ini tentunya memiliki multiplier effect yang sangat besar bagi pertumbuhan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sorong dan terbangunnya infrastruktur gas di KEK Sorong akan semakin memacu investor untuk hadir ke wilayah ini,” tambahnya.

Seperti diketahui, MOW menuntaskan program gasifikasi ini hanya dalam waktu 2 bulan setelah ditandatanganinya perjanjian jual beli gas dengan PT Indonesia Power selaku pemilik PLTMG Sorong 50 MW. Dalam waktu yang singkat ini, MOW membangun infrastruktur berupa pipa gas sepanjang 600 meter dan Meter Regulation Station (MRS).

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah bersinergi untuk membangun negeri dengan cara menyukseskan program ini. Kami sangat siap jika mendapat kepercayaan untuk kembali bersinergi mensuplai gas dari lapangan gas Arar menggunakan pengapalan CNG/LNG ke lokasi lain khususnya di Papua seperti PLTMG Manokwari 20 MW, PLTMG Nabire 10 MW, PLTMG Biak 10 MW, dan PLTMG Jayapura 40 MW," pungkas Gabriel.

Sementara, Direktur Bisnis PT MOW, Mohammad Said Noer mengatakan, merupakan sebuah langkah maju atas diberikannya kesempatan kepada perusahaan daerah yang berada di ujung timur wilayah Indonesia.

"Puji syukur kami mampu menjawab tantangan dan kebutuhan listrik di Papua, khususnya di Kabupaten Sorong dengan menyediakan gas sebagai bahan bakar yang ramah lingkungan dan lebih murah harganya dibanding menggunakan minyak solar atau high speed diesel," kata Said.

Melalui kerja sama ini, tambah Said, perusahaan berharap dapat membatu dan mewujudkan program pemerintah di bidang kelistrikan yaitu Papua Terang.

"Dengan kontribusi PT MOW mengalirkan gas sampai dapat terlaksanakanya commisioning atau uji coba pengaliran gas perdana PLTMG MPP 50 MW ini, harapan kami ke depannya PLN dapat mewujudkan semakin terangnya seluruh daerah di Sorong Raya," tutup Said.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Sriwijaya Air Tunggu Laporan KNKT untuk Evaluasi Internal

Maskapai Sriwijaya Air akan evaluasi internal setelah keluar hasil investigasi KNKT atas kecelakaan pesawat bernomor registrasi PK-CLC.

EKONOMI | 22 Januari 2021

Sriwijaya Air Dampingi Keluarga Penumpang Tabur Bunga di Lokasi Musibah SJ-182

Keluarga penumpang SJ-182 laksanakan prosesi tabur bunga di perairan antara Pulau Laki dan Pulau Lancang yang yang diyakini sebagai lokasi kecelakaan terjadi.

EKONOMI | 22 Januari 2021

Emporio Architect Arsitek Anak Bangsa yang Berhasil Tembus Pasar Internasional

Hunian dapat menjadi tempat beristirahat, sumber inspirasi, tempat untuk mencari kedamaian, serta tempat untuk berbagi kasih sayang.

EKONOMI | 22 Januari 2021

Rekind Jaga Komitmen Proyek Strategis Nasional di Tengah Pandemi

Rekind terlahir dari semangat, kerja keras dan inovasi terbaik anak bangsa.

EKONOMI | 22 Januari 2021

Angkat Direksi Milenial, BRI Dinilai Jalankan Regenerasi dengan Baik

Direksi BRI yang terpilih adalah sosok-sosok berintegritas serta memiliki kompetensi.

EKONOMI | 22 Januari 2021

2020, Klaim Asuransi Barang Milik Negara Akibat Bencana Rp 1,14 Miliar

Nilai klaim tersebut berasal dari 18 BMN yang terdampak bencana pada tahun lalu.

EKONOMI | 22 Januari 2021

Dorong Sektor UMKM Masuk ke Sektor Formal

Kemkop dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tahun 2021 mendorong UMKM masuk ke sektor formal.

EKONOMI | 22 Januari 2021

Ekonom: BRI Jalankan Sistem Meritokrasi Secara Baik

BRI dinilai mengedepankan profesionalitas, dan kinerja.

EKONOMI | 22 Januari 2021

Ketua Kadin Nilai Positif Komposisi Direksi BRI

BRI mengakomodasi direksi dari jajaran internal, kelompok milenial, dan kaum perempuan.

EKONOMI | 22 Januari 2021

Bongkar Muat Peti Kemas Pelindo I Tumbuh 6,35%

Peningkatan bongkar muat peti kemas ini lebih banyak didorong perdagangan domestik.

EKONOMI | 22 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS