Logo BeritaSatu

Anggaran Kemhub Dipotong Rp 12 Triliun untuk Vaksinasi Covid-19

Senin, 25 Januari 2021 | 15:06 WIB
Oleh : Theresa Desfika / JAI

Jakarta, Beritasatu.com - Pagu anggaran Kementerian Perhubungan (Kemhub) 2021 akan dipotong sekitar Rp 12,44 triliun dan dialihkan penggunaannya untuk program pengadaan vaksin dan vaksinasi Covid-19.

Dengan pemotongan tersebut, pagu anggaran Kemhub 2021 yang sudah disetujui sebelumnya Sebesar Rp 45,66 triliun berkurang menjadi Rp 33,2 triliun.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan realokasi anggaran tersebut sejalan dengan tujuan pemerintah untuk mengamankan pengadaan vaksin dan program vaksinasi, penanganan pandemi Covid-19, dukungan anggaran perlindungan sosial kepada masyarakat, dan percepatan pemulihan ekonomi nasional.

"Berdasarkan Surat Menteri Keuangan No. 30/2021 dinyatakan karena kebutuhan pemerintah untuk pembelian vaksin kegiatan sosial bagi masyarakat bawah, maka Kemenhub diadakan penghematan atau refocusing sebesar Rp 12,4 triliun sehingga dari Rp 45,6 triliun jadi Rp 33,2 triliun," kata Budi Karya, dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR di Jakarta, Senin (25/1/2021).

Dia menjelaskan, kriteria-kriteria realokasi belanja kementerian antara lain, sumber penghematan belanja berasal dari rupiah murni, jenis belanja yang dapat dilakukan penghematan adalah belanja barang dan belanja modal, lalu belanja barang dan belanja modal yang dilakukan penghematan adalah belanja non-operasional.

Lebih lanjut, Menhub menyampaikan, penghematan belanja difokuskan pada belanja honorarium, perjalanan dinas, paket meeting, belanja jasa, bantuan kepada masyarakat atau pemerintah daerah yang bukan arahan presiden, pembangunan gedung kantor, pengadaan kendaraan, dan lain-lain.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bursa Eropa Ditutup Melemah Setelah Data Pekerjaan AS

Indeks Stoxx 600 di bursa Eropa berakhir turun 1,1%, dengan semua bursa utama dan sebagian besar sektor diperdagangkan di zona merah.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Gandeng Influencer, Hermesien Closet Perluas Jangkauan Market Digital

Hermesien Closet memperluas jangkauan market digital dengan menggandeng influencer. Hal itu seiring dengan majunya era digital.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Kemenhub Tetapkan BPLJSKB sebagai Badan Layanan Umum

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) sebagai Badan Layanan Umum (BLU).

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Dolan-dolan, Cara Springhill Group Bangkitkan Semangat Kerja

Perusahaan pengembang properti, Springhill Group bersiap kembali bangkit untuk melanjutkan berbagai aktivitas bisnis.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Airlangga: Delapan Investor Tanamkan Investasi Pusat Data di Batam

Airlangga Hartarto mengatakan, sudah lebih dari delapan investor yang berinvestasi dalam pengembangan pembangunan pusat data di Batam.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Jokowi Apresiasi UMKM Bali yang Menembus Pasar Luar Negeri

Presiden Jokowi mengapresiasi UMKM Bali yang dapat menembus pasar luar negeri usai membuka Konferensi ke-3 WCCE Tahun 2022 di Nusa Dua, Bali

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Emil Dardak Terpilih sebagai Presiden EAROPH 2022-2024

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Emil Dardak dipercaya sebagai Presiden Organization for Planning and Human Settlements (EAROPH) periode 2022-2024.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Jokowi Apresiasi Pengembangan Industri Bioteknologi

Presiden Jokowi mengapresiasi pengembangan industri bioteknologi yang memproduksi vaksin dengan platform teknologi berbasis messenger RNA (mRNA) di tanah air.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Lintasarta dan PPA Dukung Artajasa untuk Perkuat Layanan Transaksi Digital

Lintasarta melakukan kerja sama strategis dengan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) mendukung Artajasa untuk memperkuat layanan transaksi digital

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Menhub Dapat Surat Cinta dari Driver Ojol, Begini Isinya

Isi surat cinta driver ojek online (ojol) kepada Menteri Perhubungan (Menhub), sampaikan terima kasih dan makin semangat cari orderan karena tarif naik.

EKONOMI | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bursa Eropa Ditutup Melemah Setelah Data Pekerjaan AS

Bursa Eropa Ditutup Melemah Setelah Data Pekerjaan AS

EKONOMI | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings