Logo BeritaSatu

Solusi S2i Dukung Pemulihan Industri Hotel di Masa Pandemi

Selasa, 26 Januari 2021 | 14:55 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pembatasan aktivitas sebagai imbas pandemi Covid-19, menyebabkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) maupun domestik mengalami penurunan. Kondisi ini berimbas terhadap kinerja hotel di tanah air sepanjang tahun 2020 lalu, yang mengalami penurunan sangat drastis.

Direktur Operasional PT Sinergi Solusi Integrasi (S2i), Adrian Siaril, mengatakan, industri perhotelan di Indonesia termasuk yang paling parah terkena dampak pandemi Covid-19. Oleh karena itu, pihaknya memperkenalkan kiosk self check in dan sanitizer UV otomatis, untuk mendukung pemulihan industri hotel di tanah air.

"Di era new normal, kami ingin membantu mereka pulih dengan memberikan solusi yang akan meningkatkan penjualan sekaligus mengurangi biaya pada saat yang bersamaan," kata Adrian melalui keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, di Jakarta, Selasa (26/1/2021).

Menurut Adrian, kehadiran dua inovasi yang dihadirkan S2i ini bertujuan untuk menghemat waktu check in, menjaga jarak fisik antara para tamu dan tidak ada interaksi fisik dengan resepsionis.

"Kami menyadari, tentu dibutuhkan strategi khusus oleh pelaku industri perhotelan untuk bertahan dari tantangan pandemi Covid-19. Oleh karena itu, S2i memberikan solusi dengan inovasi produk bernama SelfQ dan Yuvi,” jelasnya.

Menurut Adrian, SelfQ merupakan mesin kiosk yang membuat pelanggan dapat melakukan self check in atau self check out secara mandiri. Hal ini dapat meminimalkan kontak dengan pegawai hotel dan mendukung penerapan physical distancing dengan mengurangi antrean, sekaligus lebih hemat waktu.

"Selain itu, hotel juga mendapatkan kembali kepercayaan para tamu dengan menawarkan alternatif untuk check-in secara mandiri dengan cepat dan mudah. Kiosk SelfQ juga dapat digunakan sebagai media informasi seputar hotel seperti promosi, iklan, yang sesuai dengan kebutuhan,” tandasnya.

Adrian menegaskan, inovasi produk yang dilakukan S2i tidak ditujukan untuk menghilangkan aspek kemanusiaan pada sebuah hotel, melainkan memberikan kesempatan bagi para staf hotel untuk memaksimalkan pelayanan kepada tamu. "Inovasi ini justru membebaskan staf hotel dari pekerjaan administratif yang tidak memberikan nilai tambah kepada tamu," tegasnya.

Untuk produk lainnya, tambah Adrian, Yuvi merupakan perangkat sanitizer otomatis berbasis sinar UVC yang terbukti sangat efektif dalam membunuh virus dan bakteri di tempat-tempat yang paling sering disentuh oleh manusia.

"Alat ini bekerja dengan memadukan sinar UVC dan sensor pendeteksi gerak, yang merupakan inovasi pertama di Indonesia. Selain dapat memaksa penerapan standar kebersihan juga lebih efisien daripada penggunaan hand sanitizer karena tidak perlu melakukan isi ulang yang akan berdampak pada biaya operasional," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Prudential Syariah Luncurkan Kanal Sharia Knowledge Centre

Prudential Syariah meluncurkan Sharia Knowledge Centre (SKC) sebagai inisiatif perseroan untuk membantu meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah.

EKONOMI | 27 September 2022

OJK Tegaskan Batas Maksimal Bunga Fintech 0,4% Per Hari

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan, tingkat bunga pinjaman fintech lending sebesar 0,4% per hari digunakan untuk pinjaman konsumtif dengan tenor pendek.

EKONOMI | 27 September 2022

Bank Ganesha Gandeng Rupiah Cepat Salurkan Kredit Rp 100 Miliar

Bank Ganesha menggandeng PT Kredit Utama Fintech Indonesia dengan produk peer to peer lending pada aplikasi Rupiah Cepat.

EKONOMI | 27 September 2022

Luncurkan Versi Pro, Saham Rakyat Targetkan 1 Juta Investor di 2023

Aplikasi Saham Rakyat sudah diunduh oleh total lebih dari 100.000 pengguna di Play Store dan App Store.

EKONOMI | 27 September 2022

Kaesang Pangarep: 70% Uang Saya Diinvestasikan di Saham

Kaesang Pangarep rupaya lebih mempercayakan uang yang dimilikinya untuk diinvestasikan di saham ketimbang ditabung. 

EKONOMI | 27 September 2022

Startup Ingin Dapat Modal dari Merah Putih Fund? Ini 4 Syaratnya

Untuk bisa mendapatkan pendanaan dari Merah Putih Fund. Pertama, startup tersebut pendirinya 100% atau seluruhnya harus orang Indonesia.

EKONOMI | 27 September 2022

Ekosistem BUMN Bisa Bantu Startup Berkembang Secara Sustainable

Wamen  BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan, tantangan utama yang dihadapi dunia startup adalah ketika ingin masuk ke tahap scalability.

EKONOMI | 27 September 2022

Mandala Finance Lirik Pembiayaan Motor Listrik

PT Mandala Multifinance Tbk (Mandala Finance) siap membuka ruang kerja sama kepada calon mitra terkait untuk dapat menyalurkan pembiayaan motor listrik.

EKONOMI | 27 September 2022

Digagas Kaesang Pangarep dan Kevin, Saham Rakyat Luncurkan Versi Pro

Saham Rakyat, yang diinisiasi oleh Kaesang Pangarep dan Kevin Hendrawan, menghadirkan Saham Rakyat versi Pro.

EKONOMI | 27 September 2022

SIG Gandeng Cloud Amazon Percepat Transformasi Digital

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) atau SIG bekerja sama dengan Amazon Web Services (AWS) mempercepat transformasi digital dengan memanfaatkan teknologi cloud.

EKONOMI | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Musim Balapan 2023, F1 Tambah Ajang Sprint Race

Musim Balapan 2023, F1 Tambah Ajang Sprint Race

SPORT | 16 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings