Logo BeritaSatu

Jokowi Sebut Aturan Turunan UU Cipta Kerja Sudah Tahap Finalisasi

Rabu, 27 Januari 2021 | 13:19 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan aturan turunan Undang-Undang (UU) Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja akan segera selesai. Saat ini aturan turunan berupa Peraturan Pemerintah (PP) dan Peraturan Presiden (Perpres) sudah dalam tahap finalisasi.

"Kita sudah memulai kembali agenda reformasi struktural melalui UU Cipta Kerja. Saat ini PP dan Perpres yang dibutuhkan dalam pelaksanaan sudah pada tahap finalisasi dan mungkin beberapa minggu ke depan ini akan segera selesai," kata Jokowi dalam acara Media Group News (MGN) Summit: Indonesia 2021 secara virtual di Jakarta, Rabu (27/1/2021).

Menurut Jokowi, walaupun pemerintah sedang bekerja keras menangani pandemi Covid-19, pemerintah harus terus menyiapkan strategi jangka panjang yang tepat. Sambil terus mengawal pengendalian pandemi dan pemulihan ekonomi.

"Kita ingin terus mendorong reformasi struktural. Reformasi struktural adalah pada transformasi ekonomi yang lebih efisien, produktif, serta peningkatan daya saing dan investasi," ujar Jokowi.

Karena itu, lanjut Jokowi, pemerintah akan memastikan implementasi UU Cipta Kerja dapat berjalan dengan baik. Sehingga tujuannya untuk menciptakan lapangan kerja, kemudahan pembukaan lapangan kerja dan mendukung pemberantasan korupsi akan tercapai.

Dikatakannya, antusiasme investor dari dalam dan luar negeri kelihatan semakin meningkat dengan adanya UU Cipta Kerja ini. Investasi yang menciptakan produknya mampu bersaing di pasar global serta ramah lingkungan akan menjadi prioritas pemerintah.

"Artinya, kita harus ramah investasi tapi juga lingkungan. Dengan sumber daya alam yang berlimpah, kita memiliki kesempatan besar dalam membangun industri hulu hingga hilir," terang Jokowi.

Juga, pemerintah harus mengantisipasi green product, green economy yang low carbon dan efisien akan menjadi primadona industri ke depan. Sebab green economy ini akan menjadi social inclusion atau semangat untuk menyetarakan kesetaraan sosial dan mengurangi risiko lingkungan.

"Efisiensi sumber daya yang saya kira ke depan akan terus kita kembangkan dan antisipasi," tutur Jokowi.

Apalagi saat ini, Indonesia sudah mulai masuk dalam global supply chain untuk green economy. Di antaranya, industri baterai lithium yang diolah dari kekayaan alam sendiri. Sekaligus industri mobil listrik diupayakan agar segera beroperasi di Indonesia.

"Ini akan menjadi sebuah sinyal, Indonesia akan menjadi motor bagi perkembangan industri masa depan yang berpengaruh dan disegani," jelas Jokowi.

Yang tak kalah penting, lanjut Presiden, adalah ekonomi masa depan, yaitu digital ekonomi. Revolusi industri jilid ke-4 yang pondasi utamanya adalah digital ekonomi, membuat pemerintah harus memanfaatkan digitalisasi ini dalam semua ranah kehidupan masyarakat.

"Kita sudah masuk menjadi pemain global. Tapi saya ingatkan semangatnya adalah ekonomi inklusif, pemanfaatan bersama untuk pengembangan UMKM, sehingga tidak ada satupun yang tertinggal di setiap langkah kemajuan Indonesia," tegas Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tarif Penyeberangan Kelas Ekonomi Naik, Ini Perinciannya

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menetapkan regulasi penyesuaian tarif penyeberangan pada 23 lintas penyeberangan dengan penyesuaian sebesar 11%.

EKONOMI | 29 September 2022

Grant Thornton Indonesia Beberkan 3 Tips Hadapi Inflasi Bagi Milenial

Selain tingginya pengeluaran rutin pokok bulan, milenial Indonesia juga harus berjuang untuk menyiasati inflasi gaya hidup.

EKONOMI | 29 September 2022

Harga Emas di Zona Positif Terbantu Pelemahan Dolar

Harga emas di pasar spot naik 2% menjadi US$1.660,62 per ons setelah turun ke level terendah sejak April 2020 pada hari sebelumnya.

EKONOMI | 29 September 2022

Harga Minyak Menguat karena Penurunan Persediaan AS

Harga minyak naik pada perdagangan Rabu (28/9/2022) menyusul penurunan tak terduga stok minyak mentah dan bahan bakar AS.

EKONOMI | 29 September 2022

Konservasi Energi, SBI Pabrik Cilacap Raih Award Global

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) pabrik Cilacap, unit usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) meraih penghargaan ASEAN Energy Awards (AEA).

EKONOMI | 29 September 2022

Bursa AS Rebound, Dow Jones Hentikan Penurunan 6 Hari

Dow Jones Industrial Average naik 548,75 poin, atau 1,88%, menjadi 29.683,74 dari level terendahnya pada 2022.

EKONOMI | 29 September 2022

Begini Langkah BUMN untuk Waskita, WIKA, dan PP Properti

Injeksi modal itu ditujukan agar Waskita dapat menuntaskan sekitar 12-14 jalan tol yang sebagian besar sudah didivestasi.

EKONOMI | 29 September 2022

Bursa Eropa Naik, Bank of England Intervensi Pasar Obligasi

Pan-European Stoxx 600 di bursa Eropa naik 0,3%, setelah melemah hampir 2% pada hari sebelumnya.

EKONOMI | 29 September 2022

Kejar Literasi Keuangan Digital, Indodax Gelar Trading Fest

Indodax menggelar trading competition sebagai komitmen perusahaan menyebarkan edukasi dan literasi keuangan digital.

EKONOMI | 29 September 2022

Miris Petani Buang Hasil Panen Raya, DPR Desak Pemerintah Lakukan Intervensi

DPR menyesalkan peristiwa dibuangnya hasil panen raya oleh petani di daerah Gayo, Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah.

EKONOMI | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemenkes: Cegah Gangguan Jantung dengan Deteksi Dini

Kemenkes: Cegah Gangguan Jantung dengan Deteksi Dini

LIFESTYLE | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings