Logo BeritaSatu

Kadin Berharap 7 Sektor Strategis Sumbang Kontribusi US$ 7 Triliun

Rabu, 27 Januari 2021 | 16:56 WIB
Oleh : Lona Olavia / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Untuk dapat menduduki peringkat tujuh dunia pada tahun 2030, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berharap tujuh sektor strategis nasional bisa menyumbang masing-masing US$ 1 triliun ke perekonomian.

Adapun ketujuh sektor strategis tersebut yakni, agribisnis pangan dan industri pengolahan, pariwisata dan ekonomi kreatif, mineral dan turunannya, minyak dan gas bumi serta energi baru terbarukan, jasa keuangan dan asuransi serta industri keuangan, jasa kesehatan dan farmasi, lalu teknologi informasi komunikasi dan digital.

Advertisement

"Marilah kita wujudkan Indonesia dream value creation for the next US$ 1 triliun untuk ketujuh sektor tersebut sampai US$ 7 triliun," ungkap Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Agribisnis, Pangan, dan Kehutanan sekaligus Chairman and CEO Sinar Mas Agribusiness & Food, Franky O Widjaja dalam Webinar Series MWA UI "Covid 19 dan Percepatan Pemulihan Ekonomi 2021: Harapan, Tantangan, dan Strategi Kebijakan, Rabu (27/1/2021).

Franky menuturkan, di sektor agribisnis, pangan, dan industri pengolahan telah berhasil membina 1 juta petani di tahun 2020 dengan memanfaatkan pandemi sehingga produktivitas bisa terus digenjot dan berkontribusi US$ 1 triliun. Adapun, sektor ini mempekerjakan 5 juta pekerja dari 128 juta total pekerja di seluruh Indonesia. "Diharapkan sektor lainnya bisa mengikuti," tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberi tugas kepada Kadin untuk mendampingi 1 juta petani pada 2015. Saat itu, jumlah petani yang berada di bawah pendampingan Kadin Indonesia baru mencakup sekitar 200.000 orang.

Franky mengatakan, Kadin Indonesia bersama dengan Partnership for Indonesia’s Sustainable Agriculture (PISAgro) telah berhasil mewujudkan target tersebut pada awal 2020. Para petani yang mendapatkan pendampingan tersebar di seluruh Indonesia dan telah mampu meningkatkan produktivitas dan pendapatan mereka. Selanjutnya, Kadin bersama PISAgro, menargetkan untuk meningkatkan pendampingan kepada dua juta petani pada 2023.

Sementara itu, untuk pengentasan kemiskinan, Kadin Indonesia mengusulkan agar perusahaan menyisihkan 2 persen dari keuntungan untuk melakukan program pengentasan kemiskinan dalam radius 3 kilometer (km) dari lokasi operasional perusahaan.

"Pemerintah juga perlu memberi insentif berupa triple tax deductible kepada perusahaan yang melaksanakan program pengentasan tersebut. Lalu, untuk tata kelola perusahaan semua pengeluaran harus diaudit oleh kantor akuntan publik yang disetujui pemerintah. Bilamana hal ini direstui, diharapkan dapat dijadikan peraturan pemerintah," ucap Franky.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Long Form Sensus Penduduk Pertajam Pembangunan Kependudukan

BPS merilis hasil Long Form Sensus Penduduk 2020 (SP2020 Lanjutan) sebagai rangkaian lanjutan SP2020 yang telah dilakukan di 2020.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Bursa AS Terkoreksi, Kenaikan 6 Hari Dow Jones Terhenti

Bursa AS Wall Street termasuk Dow Jones diperdagangkan melemah menghentikan reli Januari jelang pengumuman suku bunga The Fed.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Bursa Eropa Melemah, Investor Fokus Pertemuan Fed Minggu Ini

Indeks Stoxx 600 di bursa Eropa ditutup turun 0,2%, dengan sebagian besar sektor berada di wilayah negatif.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Erick Rombak Jajaran Direksi Indofarma, Ini Dirut Barunya

Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat Agus Heru Darjono sebagai direktur utama yang baru Indofarma.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Badan Usaha Tentukan Harga BBM Nonsubsidi, Pemerintah Tetapkan Batas Atas

Perubahan harga BBM nonsubsidi merupakan kewenangan badan usaha penyalur dengan mempertimbangkan sejumlah aspek.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Pemerintah Siapkan 9,4 T dari APBN untuk Bangun Rumah Dinas di IKN

Pembangunan rumah dinas ini diperuntukkan bagi sekitar 16.900 aparatur sipil negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian RI (Polri).

EKONOMI | 31 Januari 2023

Daewoong Percepat Ekspansi Global Pertumbuhan Obat Gerd Fexuprazan

Fexuprazan dari Daewoong Pharmaceutical menarik perhatian sebagai pendobrak di pasar pengobatan global penyakit refluks gastroesofageal (Gerd).

EKONOMI | 31 Januari 2023

Pemerintah Diminta Atasi Kelangkaan Minyak Goreng Subsidi

Pemerintah diminta segera mengambil langkah tegas untuk menindak minyak goreng subsidi merek Minyak Kita yang semakin langka serta melebihi HET.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Rektor UI Sarankan Kebijakan Ekonomi Berbasis Game Theory

Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro mengatakan, pemerintah bisa mengaplikasikan game theory dalam menjalankan kebijakan ekonomi.

EKONOMI | 30 Januari 2023

Airlangga Pede Ekonomi Indonesia Bisa Tumbuh 5,3 Persen

Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyatakan, ekonomi Indonesia bisa tumbuh 5,3 persen year on year (yoy) jika konsumsi domestik terjaga.

EKONOMI | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Long Form Sensus Penduduk Pertajam Pembangunan Kependudukan

Long Form Sensus Penduduk Pertajam Pembangunan Kependudukan

EKONOMI | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE