Logo BeritaSatu

Dow Catat Kenaikan Tertinggi Sejak November, Spekulasi GameStop Mereda

Rabu, 3 Februari 2021 | 05:44 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

New York, Beritasatu.com - Bursa AS Wall Street melonjak pada perdagangan Selasa (2/2/2021) karena kekhawatiran perdagangan ritel spekulatif mereda.

Dow Jones Industrial Average naik sekitar 475,57 poin, atau 1,6% menjadi 30.687,48 mencatat kinerja harian terbaiknya sejak November 2020. S&P 500 menguat 1,4% menjadi 3.826,31, mendorong reli 2 hari menjadi 3%. Nasdaq Composite yang dipenuhi saham teknologi melonjak 1,6% menjadi 13.612,78, membawa kenaikan minggu ini menjadi lebih 4%.

Kenaikan bursa bertepatan dengan pembalikan tajam GameStop, saham video game yang memikat Wall Street dengan tekanan singkat yang sangat besar dikoordinasikan sekelompok investor ritel di media sosial. GameStop, baru saja naik 400% minggu lalu, dan turun 60% pada Selasa. Saham telah kehilangan lebih 70% nilainya sejak Jumat.

“Tak terelakkan, kapal roket Reddit kehabisan bahan bakar dan sekarang jatuh kembali ke bumi,” kata Head of Asset Allocation Pacific Life Fund Advisors, Max Gokhman.

“Setelah melihat bahwa gravitasi masih berfungsi dan fundamental memang penting, pelaku pasar sekali lagi merasa nyaman untuk kembali ke pasar dan kemungkinan itu telah mendorong kebangkitan kembali minggu ini.”

Investasi spekulatif lainnya yang populer dengan kumpulan Reddit juga anjlok. AMC Entertainment turun lebih 41%. Kontrak berjangka perak, yang menikmati lompatan satu hari terbesar dalam 11 tahun pada Senin, turun lebih dari 10% pada Selasa, atau kinerja hari terburuk sejak Agustus.

Investor menganggap bahwa perdagangan spekulatif investor ritel mulai mereda.

"Investor ritel adalah kekuatan yang harus diperhitungkan," kata Ekonom New York Life Investments, Lauren Goodwin.

Sementara investor akan memantau negosiasi stimulus di Washington, setelah anggota Kongres dari Partai Republik membuat tawaran balasan rencana stimulus Presiden Joe Biden sebesar US$ 1,9 triliun pada Minggu (31/1/2021).

Biden bertemu dengan anggota parlemen tersebut pada Senin (1/2/2021) ketika Kongres Demokrat bergerak menuju RUU rekonsiliasi tanpa dukungan bipartisan. Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki menggambarkan pertemuan itu substantif dan produktif.

Investor juga menunggu laporan pendapatan Selasa. Raksasa teknologi Amazon dan Alphabet yang akan merilis kinerja kuartalan setelah pasar tutup.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: CNBC

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bank Raya Tunjuk Ida Bagus Ketut Subagia Jadi Dirut

Bank Raya menunjuk Ida Bagus Ketut Subagia sebagai Direktur Utama Bank Raya. Bank Raya juga mengumumkan rencananya menerbitkan 3,5 miliar saham.

EKONOMI | 30 September 2022

Mitigasi Risiko Kendaraan, Fox Logger Gaet Sompo Insurance

Fox Logger bekerja sama dengan PT Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance) untuk memberikan keamanan dalam mitigasi risiko kendaraan.

EKONOMI | 29 September 2022

Seedbacklink Siap Bantu UMKM Masuk Platform Digital

Seedbacklink siap membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mulai memasuki dunia digital.

EKONOMI | 29 September 2022

Right Issue 3,5 Miliar Saham, Bank Raya Bakal Ekspansif

RUPSLB PT Bank Raya Indonesia Tbk menyepakati rencana penambahan modal melalui right issue sebanyak-banyaknya 3,5 miliar saham.

EKONOMI | 29 September 2022

Penuhi TKDN, Fujitsu Luncurkan 8 Model Baru Pemindai Gambar

Sukses memenuhi tingkat komponen dalam negeri (TKDN), Fujitsu meluncurkan 8 model baru pemindai gambar komersial dalam seri fi.

EKONOMI | 29 September 2022

Selain Tol, Jokowi Bangun Infrastruktur Telekomunikasi dan Energi

Selain jalan tol, Jokowi juga membangun infrastruktur di sektor transportasi, telekomunikasi, energi, hingga pertanian.

EKONOMI | 29 September 2022

APPNIA Komitmen Dukung Program Penurunan Prevalensi Stunting

Asosiasi Perusahaan Produk Bernutrisi untuk Ibu dan Anak atau APPNIA menegaskan komitmennya untuk terus mendukung program pemerintah dalam menangani stunting.

EKONOMI | 29 September 2022

Bank bjb Tanda Tangani Pakta Integritas dengan BPDPKS

Bank bjb menandatangani pakta integritas dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) untuk mendukung iklim bisnis yang baik.

EKONOMI | 29 September 2022

Kenaikan Tarif Penyeberangan Pengaruhi Biaya Operasional

Organisasi Angkutan Darat (Organda) Lampung menilai kenaikan tarif penyeberangan akan memengaruhi biaya operasional pengusaha di bidang transportasi.

EKONOMI | 29 September 2022

Bisnis Ekonomi Digital Didorong untuk Makin Ditingkatkan

Peneliti Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, Eliza Mardian mendorong bisnis digital lebih dioptimalkan, khususnya terhadap kalangan muda.

EKONOMI | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bank Raya Tunjuk Ida Bagus Ketut Subagia Jadi Dirut

Bank Raya Tunjuk Ida Bagus Ketut Subagia Jadi Dirut

EKONOMI | 39 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings