Logo BeritaSatu

Jeff Bezos Akan Tinggalkan Kursi CEO Amazon

Rabu, 3 Februari 2021 | 09:19 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Amazon.com Inc telah mengumumkan bahwa CEO lama Jeff Bezos akan mundur dari jabatannya akhir tahun 2021. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Selasa (2/2), Bezos akan beralih menjadi ketua eksekutif perusahaan pengecer daring terbesar di dunia itu.

Pada Selasa (2/2), perusahaan menyatakan Bezos akan diganti pada musim gugur oleh Andy Jassy, yang saat ini menjalankan bisnis komputasi awan Amazon.

"Amazon adalah apa adanya karena penemuan. Ketika Anda melihat hasil keuangan kami, apa yang sebenarnya Anda lihat adalah hasil kumulatif jangka panjang dari penemuan," kata Bezos dalam pernyataannya.

“Saat ini saya melihat Amazon dalam kondisi paling inventifnya, menjadikannya waktu yang optimal untuk transisi ini,” tambahnya.

Bezos mendirikan Amazon sebagai toko buku daring pada 27 tahun lalu dan mengubahnya menjadi raksasa yang menjual hampir semua hal. Dia menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Forbes memperkirakan kekayaan bersih Bezos saat ini lebih dari US$ 196,2 miliar (Rp 2.747 triliun).

Amazon telah menghadapi kritik, bagaimanapun, untuk kondisi kerja di gudangnya. Kelompok hak asasi manusia mendesak perusahaan untuk memastikan keselamatan pekerja dilindungi.

Meski demikian, perusahaan telah mencatatkan rekor keuntungan sejak dimulainya wabah virus corona, yang mendorong konsumen untuk semakin beralih ke Amazon untuk pengiriman bahan pokok rumah dan persediaan medis karena toko-toko bahan bangunan dan mortir tutup karena pembatasan kesehatan masyarakat.

Penjualan bersih untuk Amazon naik menjadi US$ 125,56 miliar (Rp 1.758 triliun) dari US$ 87,44 miliar (Rp 1.224 triliun) pada kuartal keempat tahun lalu, yang berakhir pada 31 Desember, menurut data IBES dari Refinitiv.

Dalam catatan kepada karyawan yang diposting di situs Amazon pada Selasa, Bezos mengatakan dia bermaksud untuk tetap terlibat dalam inisiatif penting Amazon tetapi juga akan mengalihkan perhatiannya ke kepentingan lain, termasuk surat kabar The Washington Post, yang dia miliki.

“Saya tidak pernah memiliki lebih banyak energi, dan ini bukan tentang pensiun,” katanya.

CEO perusahaan berikutnya, Jassy, telah bergabung dengan Amazon pada tahun 1997 dan memiliki gelar MBA dari Harvard Business School, menurut situs internet perusahaan. Dia mendirikan Amazon Web Services (AWS) dan mengembangkannya menjadi platform komputasi awan yang digunakan oleh jutaan orang, kata perusahaan itu.

Amazon menyatakan tidak akan mengumumkan pengganti Jassy saat ini.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas Banyak Didukung

Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas yang diluncurkan Presiden Jokowi mendapat dukungan dari Kadin dan Sinar Mas Group.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Ekonom Apresiasi Keberlanjutan Program Kartu Prakerja Pemerintah pada 2023

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan Kartu Prakerja akan dilanjutkan pada 2023.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Kolaborasi Majoo dan BRI Mudahkan Transaksi Digital UMKM

Komitmen aplikasi Majoo mewujudkan transformasi digital UMKM Indonesia diwujudkan dengan kolaborasi bersama BRI.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Fintech Teregulasi di Bahrain Fasilitasi Pembayaran Kripto dengan Binance

Adopsi kripto terus berkembang di Kerajaan Bahrain dan ini ditunjukkan dengan banyak perusahaan lokal memfasilitasi pembayaran dalam kripto seperti Bitcoin.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Holding PTPN Bangun Pengolahan Kelapa Sawit Mini di Bogor

Rektor IPB, Prof Arif Satria, memberikan apresiasi kepada PTPN Group yang telah mendukung pembangunan unit Pengolahan Kelapa Sawit (PKS) Mini.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Strategi Duta Intidaya Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

PT Duta Intidaya Tbk (DAYA) atau yang lebih dikenal dengan Watsons Indonesia meluncurkan kembali Watsons Club membership dalam menjaga loyalitas pelanggan.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Napindo Hadirkan Pameran Solusi Kota Cerdas

Pameran dan Forum Teknologi Terpadu yang digelar Napindo menampilkan pameran Indo Water, Indo Waste, dan Indo Renergy, dan IISMEX 2022 Expo & Forum.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Jelang KTT G-20, 25 Maskapai Layani Penerbangan ke Bali

Sandiaga Uno menyatakan 25 maskapai internasional melayani penerbangan ke Denpasar, Bali, menjelang KTT G-20.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Minyak Makan Merah Raih SNI, Menkop UKM: Tak Perlu Ragu Lagi

Teten Masduki menegaskan, dengan dikeluarkannya SNI dari BSN, tidak perlu lagi ada yang meragukan minyak makan merah layak dikonsumsi atau tidak.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Kebijakan Satu Peta Dorong Pemerataan Pertumbuhan Ekonomi

Menko Airlangga menegaskan, kebijakan satu peta menjadi landasan pemerataan dan pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan.

EKONOMI | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
HT Instruksikan Kader Perindo Raih <em>Double Digit</em> pada Pemilu 2024

HT Instruksikan Kader Perindo Raih Double Digit pada Pemilu 2024

NEWS | 18 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings