Memilih Furnitur yang Tepat untuk Rumah Minimalis
Logo BeritaSatu

Memilih Furnitur yang Tepat untuk Rumah Minimalis

Kamis, 4 Februari 2021 | 11:53 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Saat ini rumah tipe minimalis sedang diminati oleh generasi milenial yang sudah ataupun akan berumahtangga. Namun, tanpa kehadiran furnitur atau perabot, interior rumah hanya akan tampak kosong, sunyi dan kurang menarik.

Founder dan CEO Andara Home, Chintia Kusanto menjelaskan, ada beberapa trik untuk memilih furnitur yang tepat di rumah minimalis agar tetap terlihat menarik dan tidak membosankan.

"Bagi mereka yang memiliki selera tinggi, proses pemilihan furnitur terkadang merupakan hal yang sulit. Sebabnya, banyak pertimbangan yang diperhatikan dalam pemilihan furnitur, baik berdasarkan selera maupun kebutuhan," jelas Chintia kepada Beritasatu.com di Jakarta, Kamis (4/2/2021).

Padahal, lanjut Chintia, memilih furnitur sebenarnya mudah-mudah saja. Asalkan senada dengan konsep ruang yang akan dibangun, budget, dan kebutuhan.

"Seluruhnya bahkan bisa dilakukan sendiri, tanpa harus berkonsultasi atau menggunakan jasa desain interior," imbuhnya.

Chintia membagikan beberapa tips memilih furnitur yang tepat di rumah minimalis agar tetap terlihat menarik dan tidak membosankan.

Ciptakan suasana yang fresh
Rumah membutuhkan design ruangan yang selalu fresh agar tidak terkesan membosankan. Dalam menciptakan suasana yang fresh, diperlukan pemilihan warna dan furnitur yang yang identik dengan permainan warna dan berbahan kayu, besi, alumunium, kaca ataupun plastik.

"Selain penambahan aksesoris dari bahan lain, furnitur yang minimalis juga identik dengan permainan kombinasi warna yang menarik. Pemakaian bahan utama dalam furnitur model minimalis juga cenderung berbahan kayu atau particle board," kata Chintia.

Pemilihan warna dan corak
Menurut Chintia, dalam memilih furnitur yang tepat untuk rumah minimalis, diperlukan pemilihan warna dan corak dengan cermat. Apabila corak bunga-bunga atau warna-warni yang terlalu ramai kurang cocok dengan dipadukan dalam rumah minimalis, bisa pertahankan warna setiap kali mengganti furnitur atau perabotan dalam suatu ruangan.

"Konsep rumah minimalis juga dapat dipadukan dengan furnitur dari warna-warna kayu seperti cokelat tua atau warna cokelat kemerahan," paparnya.

Koleksi Andara Home

Menyesuaikan tema ruang
Selanjutnya, untuk pemilihan tema ruang, sesuaikan dengan karakter diri. Kalangan milenial yang praktis, bisa memilih tema design dengan furnitur yang minimalis atau sebagainya. Selain itu, juga perlu memperhatikan penataan setiap furnitur, tapi tetap usahakan agar ruangan tidak terkesan terlalu penuh.

"Contohnya penataan pigura foto menggunakan ukuran yang besar tapi dalam jumlah yang sedikit untuk memberikan ciri khas dalam ruangan yang sempit," kata Chintia.

Perhatikan fungsi ruang
Pemilihan furnitur, hendaknya disesuaikan dengan fungsi ruang. Contohnya seperti ruang makan, mengingat fungsinya sebagai tempat makan bersama keluarga, ada baiknya gunakan kursi makan yang nyaman dan meja yang cukup besar menyesuaikan jumlah keluarga untuk memaksimalkan fungsi ruangan tersebut.

"Ada kalanya, konsumen cenderung ingin membeli perabot mahal hanya karena bentuknya yang menarik atau kesan mewah yang melekat. Kebiasaan ini tentu harus dikurangi karena berisiko menghabiskan anggaran untuk hal-hal yang tidak penting,” tandas Chintia.

Chintia menambahkan, Andara Home menawarkan berbagai jenis furnitur, mulai dari furnitur rumah, kantor, serta area publik, seperti meja lipat, barstool, dan lain sebagainya. Beberapa yang menjadi produk unggulan dan tentunya best seller adalah lemari 3 pintu, sofa bed Gabriel, dan meja rias Romeo.

"Walapun terbilang muda karena baru berdiri Agustus 2020, Andara Home sudah cukup dikenal dan terpercaya, karena adanya toko offline atau showroom yang berlokasi di Green Lake City Boulevard, sehingga bisa konsumen datangi langsung, dengan pelayanan yang terbaik," pungkasnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Erick Thohir: 12 BUMN Akan Melantai di Bursa

Dari 28 BUMN yang sudah melantai di bursa, ada empat BUMN dalam kondisi tidak baik.

EKONOMI | 4 Februari 2021

Rehat Siang, IHSG Naik 38 Poin ke 6.100-an

Volume perdagangan hingga sesi siang ini tercatat sebanyak 106,2 miliar saham senilai Rp 9,826 triliun

EKONOMI | 4 Februari 2021

Luhut Optimistis Target Tarik Investasi Rp 900 Triliun Dapat Tercapai

Optimisme ini didukung realisasi investasi tahun 2020 yang melebihi target atau mencapai Rp 826 triliun.

EKONOMI | 4 Februari 2021

ERP SystemEver Siap Dorong Pertumbuhan Industri Mamin Indonesia

Teknologi ERP SystemEver siap mendorong pertumbuhan industri makanan dan minuman (mamin) di Indonesia. Dengan sistem yang saling terintegrasi, teknologi ini mempermudah pelaku bisnis mereview data biaya, laba, rugi, dan profitabilitas dengan lebih jelas, termasuk memantau laporan bisnis secara real time.

EKONOMI | 4 Februari 2021

Bank Syariah Indonesia Beroperasi, Saham BRIS Melesat Jadi Rp 2.750

BRIS diharapkan dapat menjadi primadona di bursa, serta dapat masuk dalam index IDX BUMN 20.

EKONOMI | 4 Februari 2021

Dirut BEI: Jumlah Saham Syariah Meningkat 33% dalam 5 Tahun

Perkembangan pasar modal syariah juga terlihat pada pesatnya pertumbuhan jumlah investor saham syariah, di mana 5 tahun terakhir meningkat 1.650%.

EKONOMI | 4 Februari 2021

Rupiah Tak Berdaya di Awal Sesi Saat Mata Uang Asia Menguat

Transaksi rupiah pagi ini diperdagangkan dalam kisaran Rp 14.007-Rp 14.017 per dolar AS.

EKONOMI | 4 Februari 2021

Awali Perdagangan IHSG di Zona Positif

Pukul 09.10 WIB, indeks harga saham gabungan naik 35,8 poin (0,61%) menjadi 6.117.

EKONOMI | 4 Februari 2021

IHSG Berpeluang Menguat, Ini Saham PIlihannya

IHSG bergerak pada support level berada di 5.920, 5.560 dan resistance level berada di 6.280, 6.505.

EKONOMI | 4 Februari 2021

Bursa Asia Turun, Saham Hyundai dan Kia Naik Menyusul Potensi Kesepakatan Apple

Saham Hyundai Motor dan Kia Motors masing-masing naik 1,63% dan 1,02%.

EKONOMI | 4 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS