UGM Serahkan 15 Unit GeNose kepada Pegadaian
Logo BeritaSatu

UGM Serahkan 15 Unit GeNose kepada Pegadaian

Jumat, 5 Februari 2021 | 23:00 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) menyerahkan sebanyak 15 alat deteksi Covid-19 yang dinamai GeNose C-19 hasil pengembangan para peneliti UGM kepada PT Pegadaian (Persero).

Penyerahan Alat GeNose C-19 dilakukan secara simbolis oleh Rektor UGM, Prof Ir Panut Mulyono MEng DEng IPU, ASEAN Eng, yang diterima langsung oleh Direktur Utama Pegadaian, Kuswiyoto melalui virtual zoom meeting, Jumat (5/2/2021).

Rektor UGM mengucapkan terima kasih kepada Pegadaian yang sudah mempercayakan GeNose untuk membantu mendeteksi infeksi Covid-19 pada karyawan di lingkungan Pegadaian. Kehadiran GeNose diharapkan bisa bekerja maksimal dan akurat serta bermanfaat bagi banyak orang.

"Kami berharap GeNose bisa membantu screening dan memisahkan antara orang-orang yang sehat, dengan orang yang terinfeksi Covid-19. Hal ini tentu baik dilakukan demi menciptakan rasa aman, nyaman dan meningkatkan produktivitas yang akan turut meningkatkan kinerja karyawan pada perusahaan," ucap Panut.

GeNose C-19 bekerja mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) yang terbentuk karena adanya infeksi Covid-19 yang keluar melalui hembusan nafas ke dalam kantong khusus.

Selanjutnya, diidentifikasi melalui sensor yang kemudian datanya akan diolah dengan bantuan kecerdasan artifisial (artificial intelligence). Selain cepat dalam mendeteksi virus dan memiliki akurasi tinggi, penggunaan alat ini jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan tes Covid-19 lainnya.

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero), Kuswiyoto optimis GeNose dapat membantu Pegadaian untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19 di lingkungan perusahaan. Kuswiyoto mengaku kagum terhadap inovasi karya anak bangsa dalam bidang kesehatan ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada UGM yang telah menciptakan alat yang sangat luar biasa ini, serta telah memberikan kesempatan bagi Pegadaian sebagai salah satu BUMN yang dapat segera menggunakan GeNose. Nantinya alat ini akan digunakan tidak hanya untuk karyawan, tapi juga masyarakat yang membutuhkan,” ujar Kuswiyoto.

Menurut Kuswiyoto, Pegadaian terus berupaya secara aktif menekan laju penyebaran Covid-19. Berbagai langkah antisipasi juga telah dilakukan perseroan seperti penyemprotan disinfektan secara rutin, penyediaan hand sanitizer dan tempat cuci tangan, pengukuran suhu tubuh sebelum masuk kantor, pengaturan jaga jarak, penerapan work from home (WFH), serta swab antigen dan PCR secara berkala bagi seluruh karyawan.

"Saat ini kami konsisten melakukan tes secara berkala untuk seluruh karyawan, dimana tes tersebut membutuhkan biaya yang relatif cukup besar. Saya yakin, keberadaan GeNose bisa membantu Pegadaian melakukan efisiensi biaya terkait percepatan deteksi dini bagi karyawan yang terinfeksi,” tambah Kuswiyoto.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pemegang Saham Tetapkan Komisaris dan Direksi Baru Pertamina

Pahala Nugraha Mansyuri ditetapkan menjadi Wakil Komisaris Utama dan M Erry Sugiharto mendapat kepercayaan sebagai Direktur Sumber Daya Manusia (SDM).

EKONOMI | 5 Februari 2021

Tokomodal Targetkan Pembiayaan ke UMKM Rp 1 Triliun

Saat ini, Tokomodal sudah menjangkau 20 provinsi di 200 kota.

EKONOMI | 5 Februari 2021

Rencana Kerja Pemerintah 2022, Bappenas Fokus pada Pengentasan Kemiskinan

PPN/Bappenas fokuskan empat hal yaitu kemiskinan, lapangan kerja, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), serta industri.

EKONOMI | 5 Februari 2021

Efisiensi, Kunci Sukses Pertamina Bukukan Laba Bersih Rp 14 Triliun

Pertamina melakukan efisiensi di seluruh lini, termasuk pemotongan biaya operasi hingga 30 persen.

EKONOMI | 5 Februari 2021

2020, LMAN Danai Pengadaan Lahan PSN Rp 19,95 Triliun

LMAN sebagai diberi amanat melaksanakan optimalisasi aset negara dan pendanaan lahan, berupaya agar kinerja membawa dampak positif.

EKONOMI | 5 Februari 2021

Telkom Berikan Beasiswa untuk Sepuluh Pemenang IndiHome Gideon Badminton Academy Selama Setahun

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berupaya memberikan kontribusi terbaik untuk Negeri. Meski dihadapkan dengan situasi pandemi Covid-19

EKONOMI | 5 Februari 2021

Ini Bisnis Online yang Tren di Era Pandemi Covid-19

Di antaranya adalah produk kesehatan diri dan jasa pembuatan konten.

EKONOMI | 5 Februari 2021

LMAN Alokasikan Rp 11,12 Triliun untuk Danai Pengadaan Lahan PSN

LMAN menjalankan tiga strategi untuk percepatan pendanaan pengadaan lahan PSN.

EKONOMI | 5 Februari 2021

Kadin: Pemerintah Masih Miliki Pekerjaan Rumah untuk Capai Target Pertumbuhan Ekonomi

Kadin menilai pemerintah masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah apabila ingin mencapai target pertumbuhan ekonomi.

EKONOMI | 5 Februari 2021

Superkrane Jajaki Kontrak Kerja Sama dengan Perusahaan Vietnam

Perseroan tengah melakukan proses pengiriman crane yang membutuhkan waktu 1 sampai 2 Minggu ke Vietnam.

EKONOMI | 5 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS