BCA dan Benihbaik.com Donasikan Bibit Durian kepada Keluarga Miskin di Banyumas
Logo BeritaSatu

BCA dan Benihbaik.com Donasikan Bibit Durian kepada Keluarga Miskin di Banyumas

Sabtu, 6 Februari 2021 | 08:52 WIB
Oleh : Irawati D Astuti / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Di tengah pandemi Covid-19, BCA bersama dengan Benihbaik.com berkolaborasi untuk mendorong kesejahteraan masyarakat pedesaan. Kali ini kolaborasi dilakukan dengan mendonasikan bibit pohon durian bawor kepada warga Desa Sokawera, Kecamatan Cilongok di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Desa Sokawera di Banyumas termasuk dalam salah satu daerah termiskin di Indonesia. Hal ini menggugah BCA untuk membantu seluruh warga dengan memberikan sumber penghasilan yang berkesinambungan, yaitu dengan menanam durian bawor. Donasi yang diberikan senilai Rp 271.482.750 melalui crowdfunding BenihBaik.com untuk dibelikan bibit pohon durian bawor. Biaya itu juga termasuk biaya perawatan dan jaminan bahwa bibit ini akan tumbuh dan berbuah.

“BCA melalui corporate social responsibility turut mendukung program ‘Satu Keluarga, Satu Pohon’ karena program ini sejalan dengan visi dan misi yang dimiliki BCA salah satunya adalah pilar Solusi Bisnis Unggul. Pemberdayaan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 merupakan salah satu fokus yang dilakukan BCA untuk membantu pergerakan roda perekonomian. Melalui bibit pohon durian bawor ini, harapannya dapat membantu meningkatkan kesejahteraan dan keterampilan masyarakat Desa Sokawera,” ujar Executive Vice President CSR BCA, Inge Setiawati, dalam keterangan yang diterima Beritasatu, Sabtu (6/2/2021).

Penyerahan ini dilaksanakan GOR Desa Sokawera, Kecamatan Cilongok, Banyumas pada Rabu (3/2/2021) pukul 13.30 WIB lalu. Prosesnya dihadiri oleh Kepala KCU BCA Purwokerto Agus Soehardi, Founder & CEO BenihBaik.com Andy F Noya, Kepala Desa Sokawera Mukhayat SH, dan Kadis Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah Ir. Jaka Budi Santosa, MM.

Durian bawor adalah salah satu jenis durian kawinan dari durian musang king dan durian montong yang sangat tinggi nilai ekonomisnya. Durian bawor bisa tumbuh subur di daerah Banyumas dan menjadi tanaman produktif andalan di daerah ini. Sesuai dengan nama programnya, Satu Keluarga Satu Pohon, maka setiap keluarga akan mendapatkan satu bibit pohon yang diperkirakan akan berbuah dalam 3-4 tahun mendatang.

Diperkirakan panen pertama akan menghasilkan sekitar 6 buah durian dan akan terus meningkat pada panen-panen berikutnya, sehingga memberikan penghasilan tambahan kepada tiap keluarga. Hal ini sesuai dengan visi dan misi BCA untuk memberikan kail kepada masyarakat yang dibantu.

Bank yang memiliki 22 juta nasabah ini ingin penduduk setempat dapat berdaya dengan dukungan ini. Pohon yang dihasilkan bisa menghasilkan buah yang melimpah sehingga bisa mendukung perekonomian keluarga, mampu mendukung alam lebih lestari, membuat udara lebih segar, dan juga mampu membantu mengurangi dampak perubahan iklim.

"Kami juga berharap semakin banyak pohon tanaman produktif yang ditanam akan membuat Banyumas menjadi sentra buah-buahan yang membuat masyarakat makin meningkat penghasilannya. Durian bawor adalah tanaman yang sudah akrab dengan masyarakat Sokawera, sehingga tidak sulit bagi warga untuk menanam dan memeliharanya. Dengan kemauan yang keras dari masyarakat dan bergotong royong saling membantu, bantuan BCA ini akan mampu mengentaskan masyarakat desa Sokawera dari kemiskinan. Semoga apa yang diupayakan BCA menjadi jembatan kebaikan ini terus berkesinambungan dan lestari," kata CEO dan founder BenihBaik.com, Andy F Noya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

GrabExpress Luncurkan Beberapa Fitur Terbaru, Apa Saja?

Fitur-fitur baru ini mencakup Formulir Pengiriman baru, Pesan Lagi, Periksa Harga Termurah dan fitur yang dapat melacak status semua paket dalam satu tampilan.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Minta Maaf, CEO Eiger Akui Surat Keberatan Dunia Dian atas Perintahnya

CEO Eiger Ronny Lukito menyampaikan jika tindakan tersebut tidak dilakukan secara sepihak oleh tim Legal EIGER, melainkan atas permintaannya.

EKONOMI | 6 Februari 2021

IHSG Cuan 5% dalam Sepekan

Kapitalisasi pasar bursa mengalami peningkatan sebesar 6,06% atau menjadi Rp7.242,985 triliun dari Rp6.829,294 triliun pada pekan sebelumnya.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Munas Apersi Akan Dilakukan Secara Tatap Muka dan Dihadiri Wapres

Apersi berharap pemerintah berkomitmen untuk memberikan kemudahan dan insentif kepada para pengembang yang membangun rumah MBR.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Harga Minyak Dunia Menguat Dekati Level Prapandemi

Terakhir kali Brent diperdagangkan pada 60 dolar AS per barel, pandemi belum terjadi, ekonomi terbuka dan permintaan bahan bakar jauh lebih tinggi.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Bursa Eropa Ditutup Mixed, BNP Paribas Naik 2,5%

Indeks Stoxx600 Eropa ditutup datar. Sektor perbankan naik 1% sementara telekomunikasi turun 0,8%. Indeks ini menguat 3,45% dalam sepekan.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Wall Street Menguat, S&P dan Nasdaq Kembali Ukir Rekor

S&P 500 naik 0,4% dan kembali mengukir rekor penutupan. Nasdaq juga mengukir rekor dengan kenaikan 0,6%.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Brand Building Bantu Perusahaan Bertahan di Masa Pandemi

Perusahaan didorong tetap memperhatikan ekuitas brand meski dalam situasi pandemi Covid-19.

EKONOMI | 5 Februari 2021

PHRI: Kebijakan Lockdown Akhir Pekan Memperberat Pelaku Usaha Hotel dan Restoran

PHRI menilai kebijakan lockdown akhir pekan bakal semakin memperberat para pelaku usaha khususnya yang bergerak di sektor hotel dan restoran.

EKONOMI | 5 Februari 2021

UGM Serahkan 15 Unit GeNose kepada Pegadaian

Keberadaan GeNose diyakini bisa membantu Pegadaian melakukan efisiensi biaya.

EKONOMI | 5 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS