Pemberlakuan Tarif Pungutan Ekspor Dorong Hilirisasi Industri Sawit
Logo BeritaSatu

Pemberlakuan Tarif Pungutan Ekspor Dorong Hilirisasi Industri Sawit

Sabtu, 6 Februari 2021 | 16:20 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Sebagai produsen kelapa sawit terbesar di dunia, Indonesia diharapkan tidak hanya menjadi penyedia bahan mentah minyak sawit nabati dunia. Untuk itu, pemerintah telah menetapkan berbagai kebijakan dengan tujuan mendorong hilirisasi industri yang dapat memberikan nilai tambah.

Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Eddy Abdurrachman memaparkan, beberapa kebijakan yang diambil antara lain dengan menerapkan pengenaan bea keluar dan pungutan ekspor terhadap setiap eksportasi CPO (Crude Palm Oil) dan produk turunannya dengan pengenaan tarif yang lebih tinggi terhadap produk hulu dibandingkan dengan produk hilirnya.

"Dengan kebijakan tersebut, komposisi ekspor sawit Indonesia lebih didominasi oleh produk-produk hilir, di mana ekspor produk turunan dari CPO yang merupakan produk hilir telah mencapai 58 persen, sedangkan ekspor CPO sebesar 18 persen, laurik 5 persen, dan produk lainnya 15 persen,” kata Eddy Abdurrachman dalam webinar “Peran Kelapa Sawit Terhadap Pembangunan Ekonomi Nasional”, Sabtu (6/2/2021).

Dalam rangka hilirisasi produk sawit, pemerintah juga menginisiasi pemanfaatan dan penggunaan sawit sebagai bahan bakar minyak nabati dalam bentuk biodiesel. Menurut Eddy, kebijakan ini tidak hanya bertujuan untuk hilirisasi produk, tetapi juga penciptaan dan perluasan pasar domestik untuk menyerap sebagian stok akibat meningkatnya produksi sawit yang selalu naik dari tahun ke tahun.

"Kebijakan pemanfaatan dan penggunaan sawit sebagai bahan bakar nabati dalam bentuk biodiesel ini telah memberikan dampak yang positif, khususnya dalam stabilisasi harga CPO. Sebab kita tidak lagi sepenuhnya tergantung pada permintaan pasar ekspor,” ungkapnya.

Eddy menambahkan, manfaat lain dari program pemanfaatan biodiesel adalah sebagai substitusi atas impor minyak solar, sehingga dapat menghemat devisa.

Sebab pemerintah mewajibkan untuk melakukan pencampuran diesel terhadap minyak solar yang saat ini berada pada tahapan B30, atau 30 persen dari kandungan minyak solar yang disalurkan kepada masyarakat adalah biodiesel.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Airlangga: Program B30 Jaga Stabilitas Harga CPO

Airlangga menegaskan, pemerintah tetap berkomitmen mendukung program biodiesel (B30) pada tahun 2021 dengan target alokasi penyaluran sebesar 9,2 juta KL.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Kepala BKPM: Maluku Ditargetkan Jadi Lumbung Ikan Nasional

Menurut Bahlil, kawasan terpadu pelabuhan perikanan di Maluku ditargetkan beroperasi 2023.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Bukan Investor Ritel yang Mendorong GameStop, Ini Temuan JPMorgan

Narasi investor ritel mengalahkan investor institusi mengaburkan dugaan bahwa Wall Street telah mengkooptasi gerakan mereka untuk mencari untung cepat.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Panorama Nusa Kembangkan Agrowisata di Bogor Timur

Panorama Hills akan menjadi sebuah kawasan wisata yang mampu menjadi magnet bagi banyak orang, baik dari Jabodetabek maupun di luar itu.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Penghapusan Subsidi Upah Dikhawatirkan Hambat Upaya Pemulihan Ekonomi

Melihat kondisi sosial dan ekonomi Indonesia yang saat ini masih terdampak oleh pandemi, pemberian bantuan subsidi upah ini masih cukup rasional.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Ekosistem Riset Dukung Tercapainya Visi Indonesia Maju di 2045

Untuk mewujudkan mimpi Indonesia maju, perlu ada perubahan paradigma ekonomi dari yang berbasis sumber daya alam menjadi berbasis inovasi.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Program Sarhunta Bisa Tingkatkan Potensi Wisata Sulut

Kempupera mengharapkan agar bantuan homestay dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dalam rangka promosi pariwisata.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Anak Usaha Pertamina di Sektor Hulu dan Servis Perkuat Kerja Sama

Dalam meningkatkan mutu dan efektifitas operasionalnya, PHE-OSES membutuhkan jasa penyelaman, dan inspeksi bawah laut.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Investree Restrukturisasi Pinjaman UKM Rp 9,86 Miliar

Dari sisi lender, Investree memperkuat perlindungan asuransi kredit dengan bekerja sama dengan rekanan asuransi.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Rektor Paramadina Firmanzah Akan Dimakamkan Selepas Salat Zuhur

Kabar duka ini juga dibenarkan oleh salah satu dosen Paramadina, Totok Amin.

EKONOMI | 6 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS