Indonesia Akan Gunakan Strategi Ofensif Lawan Kampanye Hitam Sawit
Logo BeritaSatu

Indonesia Akan Gunakan Strategi Ofensif Lawan Kampanye Hitam Sawit

Sabtu, 6 Februari 2021 | 21:40 WIB
Oleh : YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Eddy Abdurrachman menyatakan pemerintah akan mengubah strategi dalam melawan kampanye hitam minyak kelapa sawit (CPO) di pasar global, terutama Eropa.

Menurut Eddy, selama ini strategi yang dilakukan Indonesia dalam melawan kampanye hitam tersebut hanya bersifat defensif. Oleh karenanya, pemerintah akan lebih ofensif, yakni dengan memaparkan kekurangan dari minyak nabati lainnya.

"Strategi promosi ke depan kita tidak lagi defensif, tetapi juga harus ofensif. Kita permasalahkan juga minyak nabati lain di Eropa, misalnya rapeseed," kata Eddy dalam diskusi yang diselenggarakan oleh PWI secara virtual, Sabtu (6/2/2021).

Eddy menjelaskan bahwa tidak hanya minyak sawit, minyak nabati lain seperti rapeseed juga memiliki dampak terhadap keanekaragaman hayati (biodiversity) dan lingkungan.

Dalam promosi sebelumnya, Indonesia dinilai tidak terlalu "menyerang" minyak nabati lain, namun hanya berfokus pada peran kelapa sawit terhadap ekonomi dan tingginya produktivitas komoditas tersebut dibandingkan minyak nabati lain.

"Kalau di sini dinyatakan bahwa sawit merusak biodiversity, kita juga akan memermasalahkan bagaimana dengan rapeseed di Eropa, pemanfaatan fertilizer mereka yang berdampak pada biodiversity laut. Kita akan mengubah strategi, akan attack seperti yang disampaikan Presiden," kata Eddy.

Dalam paparannya, Eddy mengatakan bahwa industri sawit mampu menunjukkan kekuatannya dan menjadi salah satu dari sedikit industri besar nasional yang mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu faktor penting ketahanan pertumbuhan sektor sawit selama pandemi Covid-19 di dalam negeri adalah adanya program penggunaan energi terbarukan melalui mandatori biodiesel berbasis sawit.

Setelah sukses menjalankan program mandatori biodiesel 20 persen sejak 2016 sampai dengan 2019, pemerintah melanjutkan dengan program mandatori B30 sejak Januari 2020 yang menambah daya serap minyak sawit di pasar dalam negeri sekaligus mendorong stabilitas harga minyak sawit.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pertamina EP Kembangkan Program Perluasan Lahan Sawah Organik

Program PSRLB mengalami penambahan penerima manfaat dan luasan area tanam.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Kasus Covid-19 Melonjak, Pengusaha Masih Wait and See

Selama ini sekitar 5 juta pengusaha ultramikro mencari sumber pendanaan dari rentenir dengan bunga tinggi.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Prudential Luncurkan Program Santunan Rawat Inap Pascavaksinasi

Prudential memberikan santunan Rp1 juta per hari hingga maksimal 10 hari bagi yang harus dirawat di rumah sakit karena efek pascavaksinasi.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Bank DKI Raih Penghargaan Tata Kelola Perusahaan Terbaik

Penghargaan Indonesia GCG Award diberikan kepada perusahaan yang konsisten dalam menerapkan tata kelola perusahaan atau Good Corporate Governance (GCG).

EKONOMI | 6 Februari 2021

Sambut Imlek, Alam Sutera Gelar Lunar Expo

Konsumen mendapatkan potongan sebesar Rp 88 juta untuk setiap pembelian rumah Sutera Victoria, Sutera Feronia Park, dan Sutera Palmyra.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Serap 16 Juta Pekerja, Industri Sawit Berperan Entaskan Kemiskinan

Indonesia merupakan produsen minyak sawit utama yang menguasai 55 persen pangsa pasar dunia.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Sektor Logistik Perlu Inovatif dan Adaptasi Hadapi Era Baru Pandemi

Pandemi juga mengubah pola konsumsi masyarakat dari offline menjadi online. Hal ini harus diantisipasi pelaku industri logistik.

EKONOMI | 6 Februari 2021

KBI Dorong Edukasi Perdagangan Berjangka Komoditi

Menurut Fajar, edukasi perdagangan berjangka komoditi memerlukan kontribusi dan peran serta semua pemangku kepentingan.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Gelar Musda, Hipmi Jatim Bangkitkan Optimisme Pemulihan Ekonomi

Menurut Mufti, Musda kali ini ditujukan untuk membangun semangat pengusaha muda di Jatim bisa kembali optimistis dan bangkit menggerakkan ekonomi daerah.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Pemberlakuan Tarif Pungutan Ekspor Dorong Hilirisasi Industri Sawit

Kebijakan pemanfaatan dan penggunaan sawit sebagai bahan bakar nabati dalam bentuk biodiesel, memberikan dampak positif terhadap stabilisasi harga CPO.

EKONOMI | 6 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS