Indonesia Kendaraan Terminal Berupaya Tekan Rugi, Ini Langkahnya
Logo BeritaSatu

Indonesia Kendaraan Terminal Berupaya Tekan Rugi, Ini Langkahnya

Minggu, 7 Februari 2021 | 06:16 WIB
Oleh : Muhammad Ghafur Fadillah / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (Indonesia Port Corporation Car Terminal/IPCC), berharap aktivitas bongkar muat di pelabuhan pulih. Pada tahun 2021, anak usaha Pelindo II mengincar pertumbuhan pendapatan 10% dan dapat menekan rugi bersih hingga 60%.

Investor Relation PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk Reza Priyambada menjelaskan, perseroan telah menyiapkan berbagai strategi. Mulai penjajakan kerja sama dengan produsen mobil untuk melakukan bongkar muat di pelabuhan milik emiten saham berkode IPCM itu. “Peluang terdekat yang bisa kami raih yakni kerja sama dengan Hyundai, diawali uji coba pengiriman kendaraan langsung dari Korea Selatan dan melakukan bongkar muat menggunakan jasa perseroan,” jelasnya kepada Investor Daily, Minggu (8/2/2021).

Dalam proses itu, perseroan memberikan layanan secara keseluruhan meliputi stevedoring, cargodoring, hingga delivery.

Hal yang sama juga dilakukan pada mitra yang akan habis masa kontraknya pada tahun ini, seperti PT Toyota Motor Manufacture Indonesia, PT Toyota Astra Motor dan PT Astra Daihatsu Motor. Indonesia Kendaraan Terminal berharap ketiga perusahaan tersebut memperpanjang kontrak 5 tahun ke depan. “Mayoritas kendaraan perusahaan tersebut adalah kendaraan penumpang, seperti Yaris, Agya, dan sejenisnya. Penjajakan ini dilakukan dengan harapan bahwa pada tahun 2021 ada kenaikan permintaan kendaraan Completely Built Unit (CBU) domestik maupun ekspor,” ujar dia.

Reza menambahkan, selain kendaraan penumpang, alat berat juga menjadi salah satu incaran perseroan. Hal ini didukung fokus pemerintah dalam pembangunan sejumlah infrastruktur pengolahan tembaga dan nikel guna mendukung kendaraan listrik.

Untuk kendaraan alat berat, perseroan memberikan layanan penyimpanan secara penuh dan terpisah (general cargo) atau terpisah (sparepart). "Pemilihan storage akan bergantung dari permintaan owner," kata dia.

Lebih lanjut, pihaknya juga mengkaji pelayanan bongkar muat secara keseluruhan mulai kendaraan turun dari truk logistik, penampungan, hingga disalurkan pada kapal pengirim. Dengan demikian, perseroan dapat mendapatkan peningkatan pendapatan dan mengurangi biaya partnership yang cukup besar pengaruhnya terhadap revenue, yakni 25%.

Strategi PT Indonesia Kendaraan Terminal akan dibarengi excellent operation infrastruktur maupun sistem operasional, untuk meningkatkan kualitas layanan. “Dengan demikian kami berharap pada akhir tahun 2021, dapat membukukan pendapatan naik 10% dan menekan rugi Rp 20 miliar atau 60% dari rugi full year 2020 pada kisaran Rp 45 sampai Rp 48 miliar,” pungkasnya.

Sebelumnya, Indonesia Kendaraan Terminal berhasil mencatatkan kenaikan volume penanganan bongkar muat ekspor alat berat di Terminal Internasional pada 2020. Pertumbuhan tersebut, disumbang kenaikan ekspor dari sub segmen truk/bus. Secara rinci, volume ekspor kategori truk/bus tercatat 4.458 unit atau naik 108,51% dibandingkan 2.138 unit.

Dari jumlah tersebut, truk/bus merk Isuzu telah terekspor 3.554 unit atau memiliki porsi 79,72% dari total ekspor truk/bus yang melalui Indonesia Kendaraan Terminal. Adapun total ekspor Isuzu tersebut mengalami kenaikan 2.301,35% dari 148 unit di sepanjang 2019 menjadi 3.554 unit di sepanjang 2020.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Enseval Bidik Pertumbuhan Penjualan 8%

Optimisme ini seiring perekonomian 2021 yang dinilai akan lebih baik.

EKONOMI | 7 Februari 2021

Siapkan Capex Rp 600 Miliar, Ini Strategi Elnusa Tingkatkan Kinerja

Elnusa memandang 2021 menjadi tahun yang penuh optimisme.

EKONOMI | 7 Februari 2021

Apersi Masih "Berharap" Insentif Rumah MBR

Anggota Apersi mencapai lebih dari 3.000 pengembang yang terbagi dalam 26 dewan perwakilan daerah (DPD).

EKONOMI | 6 Februari 2021

Indonesia Akan Gunakan Strategi Ofensif Lawan Kampanye Hitam Sawit

Pemerintah Indonesia akan mengubah strategi dengan lebih ofensif dalam melawan kampanye hitam minyak kelapa sawit (CPO) di pasar global, terutama Eropa.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Pertamina EP Kembangkan Program Perluasan Lahan Sawah Organik

Program PSRLB mengalami penambahan penerima manfaat dan luasan area tanam.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Kasus Covid-19 Melonjak, Pengusaha Masih Wait and See

Selama ini sekitar 5 juta pengusaha ultramikro mencari sumber pendanaan dari rentenir dengan bunga tinggi.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Prudential Luncurkan Program Santunan Rawat Inap Pascavaksinasi

Prudential memberikan santunan Rp1 juta per hari hingga maksimal 10 hari bagi yang harus dirawat di rumah sakit karena efek pascavaksinasi.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Bank DKI Raih Penghargaan Tata Kelola Perusahaan Terbaik

Penghargaan Indonesia GCG Award diberikan kepada perusahaan yang konsisten dalam menerapkan tata kelola perusahaan atau Good Corporate Governance (GCG).

EKONOMI | 6 Februari 2021

Sambut Imlek, Alam Sutera Gelar Lunar Expo

Konsumen mendapatkan potongan sebesar Rp 88 juta untuk setiap pembelian rumah Sutera Victoria, Sutera Feronia Park, dan Sutera Palmyra.

EKONOMI | 6 Februari 2021

Serap 16 Juta Pekerja, Industri Sawit Berperan Entaskan Kemiskinan

Indonesia merupakan produsen minyak sawit utama yang menguasai 55 persen pangsa pasar dunia.

EKONOMI | 6 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS