Logo BeritaSatu

Pertamima Sudah Digitalisasi 5.518 SPBU

Selasa, 9 Februari 2021 | 13:20 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – PT Pertamina (persero) terus melakukan inovasi salah satunya melakukan digitalisasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Hingga saat ini PT Pertamina sudah menjalankan program digitalisasi sebanyak 5.518 SPBU.

"SPBU yang sudah menjalankan program digitalisasi sebanyak 5.518 SPBU tersebar di seluruh Indonesia," kata Manager Retail PT Pertamina (persero) Marketing Operation Regional (MOR) II Putut Adriatno dalam keterangan yang diterima Selasa (9/2/2020).

Dia mengatakan, program digitalisasi bisa memonitor langsung bila stok bahan bakar minyak (BBM) di SPBU habis, sehingga Pertamina bisa cepat mengirim. Selain itu, Pertamina dapat memantau dan mendata konsumen yang membeli BBM di SPBU dengan menggunakan cashless program. Konsumen dapat membeli BBM tanpa harus membayar uang tunai di masa pandemi seperti saat ini. "Meski dihadapkan dengan pandemi, Pertamina berkomitmen mewujudkan visi sebagai perusahaan energi global serta mewujudkan kemandirian energi nasional," katanya.

Menurut dia, digitalisasi SPBU berdampak positif bagi Pertamina karena akan menyediakan data dan informasi akurat serta real time. Data ini akan digunakan perusahaan sebagai alat untuk melakukan keputusan strategis dalam memastikan keandalan suplai energi dan pelayanan pada masyarakat.

Putut mengatakan, digitalisasi SPBU juga bisa menjalankan monitoring penjualan BBM subsidi khususnya solar jenis BBM tertentu (JBT), salah satunya dengan pencatatan nomor polisi kendaraan dengan menggunakan sistem pre-purchase yang hingga saat ini telah mencapai 82% dari total transaksi per hari. Untuk penggunaan teknologi video analytic (kamera) sedang dikaji dari berbagai aspek. "Pertamina telah menyiapkan pengembangan menggunakan data dan informasi yang didapat dari digitalisasi SPBU, yakni sistem autoreplenishment dan sistem prepurchase pembelian BBM subsidi," kata dia

Menurut Putut, manfaat utama setelah selesainya digitalisasi SPBU yakni secara real time dapat melakukan monitoring penjualan, stok di SPBU, penerimaan BBM saat bongkar muat dari mobil tanki, dan mengembangkan autoscheduling dalam pengiriman BBM ke SPBU. "Dengan demikian, digitalisasi SPBU membantu kami memastikan penyaluran BBM tepat sasaran dan memastikan stok di SPBU selalu mencukupi," cetusnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Aset Industri Pembiayaan Naik 4,5% Sejalan Penguatan Laba

OJK mencatat hingga semester I 2022 pertumbuhan aset industri pembiayaan (multifinance) 4,5% secara tahunan (year on year/yoy).

EKONOMI | 29 September 2022

IHSG Berpeluang Rebound, Intip Rekomendasi Saham Pilihannya

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) berpeluang rebound (menguat) pada perdagangan Kamis (29/9/2022).

EKONOMI | 29 September 2022

Tarif Penyeberangan Kelas Ekonomi Naik, Ini Perinciannya

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menetapkan regulasi penyesuaian tarif penyeberangan pada 23 lintas penyeberangan dengan penyesuaian sebesar 11%.

EKONOMI | 29 September 2022

Grant Thornton Indonesia Beberkan 3 Tips Hadapi Inflasi Bagi Milenial

Selain tingginya pengeluaran rutin pokok bulan, milenial Indonesia juga harus berjuang untuk menyiasati inflasi gaya hidup.

EKONOMI | 29 September 2022

Harga Emas di Zona Positif Terbantu Pelemahan Dolar

Harga emas di pasar spot naik 2% menjadi US$1.660,62 per ons setelah turun ke level terendah sejak April 2020 pada hari sebelumnya.

EKONOMI | 29 September 2022

Harga Minyak Menguat karena Penurunan Persediaan AS

Harga minyak naik pada perdagangan Rabu (28/9/2022) menyusul penurunan tak terduga stok minyak mentah dan bahan bakar AS.

EKONOMI | 29 September 2022

Konservasi Energi, SBI Pabrik Cilacap Raih Award Global

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) pabrik Cilacap, unit usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) meraih penghargaan ASEAN Energy Awards (AEA).

EKONOMI | 29 September 2022

Bursa AS Rebound, Dow Jones Hentikan Penurunan 6 Hari

Dow Jones Industrial Average naik 548,75 poin, atau 1,88%, menjadi 29.683,74 dari level terendahnya pada 2022.

EKONOMI | 29 September 2022

Begini Langkah BUMN untuk Waskita, WIKA, dan PP Properti

Injeksi modal itu ditujukan agar Waskita dapat menuntaskan sekitar 12-14 jalan tol yang sebagian besar sudah didivestasi.

EKONOMI | 29 September 2022

Bursa Eropa Naik, Bank of England Intervensi Pasar Obligasi

Pan-European Stoxx 600 di bursa Eropa naik 0,3%, setelah melemah hampir 2% pada hari sebelumnya.

EKONOMI | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Aset Industri Pembiayaan Naik 4,5% Sejalan Penguatan Laba

Aset Industri Pembiayaan Naik 4,5% Sejalan Penguatan Laba

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings