Logo BeritaSatu

Roadmap Industri Baterai Diyakini Bawa Indonesia Jadi Raja Baterai Dunia

Selasa, 9 Februari 2021 | 13:11 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah kepemimpinan Erick Thohir menargetkan penggarapan proyek baterai kendaraan listrik di dalam negeri dapat menjadikan Indonesia raja baterai dunia. Proyek itu akan melibatkan Inalum atau MIND ID, PT Pertamina (Persero), serta PT PLN (Persero).

Guna mewujudkan hal itu, Ketua Tim Percepatan Proyek Baterai Kendaraan Listrik (electric vehicle/EV battery) Agus Tjahajana Wirakusumah mengatakan pihaknya sudah menyusun peta jalan (roadmap) pembangunan ekosistem industri baterai kendaraan listrik hingga 2027 mendatang.

Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan menyatakan bahwa peta jalan itu sebagai langkah yang bagus dalam mengembangkan ekosistem industri baterai kelas dunia, mengingat Indonesia memiliki cadangan bahan baku nikel yang cukup besar sebagai salah satu bahan baku utamanya.

“Saya kira ini adalah salah satu hal yang bagus dan langkah strategis yang harus dilakukan ke depannya, termasuk oleh BUMN dimana setahu saya Pertamina, PLN, Inalum sudah mempersiapkan juga sudah bekerja sama dalam suatu konsorsium dalam rangka industri baterai ini kedepannya,” ujar Mamit, Selasa, (9/02/2021).

Mamit optimis terhadap mimpi besar itu bukan hal yang mustahil terlaksana, tinggal bagaimana implementasi dan pelaksanaan dari roadmap itu sendiri, sehingga bisa tercapai dan terealisasi ke depan.

“Bukan hal yang mustahil kalau mimpi itu bisa tercapai dan dibandingkan dengan negara lain, keuntungan dari sumber daya ini saya kira bukan hal yang mustahil dan mengada-ada,” ungkapnya.

Mamit menambahkan apalagi ada upaya dari Kementerian BUMN mendekati sejumlah perusahaan asing pemain utama baterai dan mobil listrik kelas dunia untuk berinvestasi. Ini dilakukan untuk mewujudkan impian memproduksi kendaraan listrik yang terintegrasi dari hulu hingga hilir di Tanah Air.

“Apalagi kalau tidak salah pemerintah rencana akan mengundang LG, untuk berinvestasi bahkan Tesla pun katanya berminat untuk melakukan investasi di Indonesia untuk kendaraan listrik, terutama untuk baterai,” beber Mamit.

Dengan begitu, jika perusahaan-perusahaan luar negeri itu jadi menanamkan modalnya, kata Mamit maka perlu ada penguatan pelibatan terhadap perusahaan BUMN agar berperan secara signifikan didalamnya.

“Jadi saya kira, peran BUMN pun harus kita kuatkan jangan hanya kita mengundang investor dari luar tapi ternyata BUMN kita tidak punya peran yang cukup signifikan, jadi harapan saya tetap profesional jika memang BUMN kita mampu, harus disupport, selama memang itu bisa membantu dan kemampuan mereka ada,” terangnya.

Bahkan lanjut Mamit, kedepan tidak hanya memproduksi baterai saja, melainkan dapat memproduksi kendaraan listrik sendiri dengan merek lokal buatan dalam negeri.

“Harapannya saya pun kedepan di samping jadi raja baterai, tetapi bagaimana kita juga bisa mengembangkan industri listriknya sendiri disini dan bisa menjadi lebih besar lagi dan bukan hanya merek-merek luar, mungkin kedepan harusnya merek-merek lokal bisa berpartisipasi dalam kendaraan listrik terutama BUMN,” tuntasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Blibli Dirikan Perusahaan Travel Online di Malaysia

PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) atau Blibli mengumumkan bahwa anak usahanya, Tiket.com, mendirikan perusahaan anak bernama Global Tiket Malaysia Sdn Bhd.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Kemenperin Apresiasi Mattel Telah Ekspor 35% Mainan Indonesia

Reni Yanita menyampaikan apresiasi kepada PT Mattel Indonesia yang telah berkontribusi lebih dari 35 persen dari total nilai ekspor mainan.

EKONOMI | 9 Desember 2022

PTMI Target Ciptakan 2.500 Lapangan Kerja Baru

PT Mattel Indonesia (PTMI) meresmikan ekspansi pabriknya di Indonesia berupa pembukaan molding center baru di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Dibuka Melemah 0,49%, IHSG Turun ke Zona 6.700

IHSG turun ke zona 6.700 pada pembukaan sesi I, Jumat (9/12/2022). IHSG dibuka melemah 33,44 poin (0,49%) di posisi 6.770,78.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Ekspansi, Bandara Soetta Akan Mampu Tangani 125 Juta Orang Per Tahun

Bandara Internasional Soekarno-Hatta perlu dikembangkan lebih masif lagi untuk menjaga daya saing global.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Pilarmas: IHSG di Bawah Tekanan, Saham-saham Ini Bisa Jadi Pilihan

Berdasarkan analisa teknikal Pilarmas Investindo Sekuritas, IHSG berpotensi rebound pada perdagangan Jumat (9/12/2022).

EKONOMI | 9 Desember 2022

Yugen: IHSG Berpeluang Rebound, Simak Saham-saham Ini

Yugen Bertumbuh Sekuritas menyebut potensi tekanan mulai menurun. IHSG berpeluang technical rebound pada perdagangan Jumat (9/12/2022).

EKONOMI | 9 Desember 2022

Wall Street Akhiri Rentetan Koreksi, Investor Masih Cemas

Wall Street ditutup menguat pada perdagangan Kamis (8/12/2022). Investor harap-harap cemas tunggu data inflasi dan pengumuman the Fed.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Ririek: Merger Indihome dan Telkomsel Tingkatkan Efisiensi Induk Usaha

Rencana merger Indihome dan Telkomsel diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kinerja perseroan.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Mattel: Industri Mainan Tahan Banting Hadapi Gejolak Ekonomi

Mattel menegaskan bahwa industri mainan termasuk industri yang tahan banting terhadap gejolak ekonomi.

EKONOMI | 9 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kaesang Terharu Jalani Prosesi Siraman, Iriana Menangis

Kaesang Terharu Jalani Prosesi Siraman, Iriana Menangis

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE