Logo BeritaSatu

Keterlibatan Swasta dalam Pembangunan IKN akan Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Luar Jawa

Selasa, 9 Februari 2021 | 22:23 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) dinilai dapat menjadi pendorong investasi. Pemerintah akan melibatkan swasta dalam pembangunan Ibu Kota Baru khususnya untuk pembangunan sarana perumahan dan perkantoran. Pemerintah akan menggunakan skema membangun, sewa, dan cicil. Dimana pihak swasta bertugas membangun rumah dan perkantoran setelah itu pemerintah akan menyewa dan mencicil aset tersebut.

“Kalau ini bisa dilakukan mudah mudahan kami dapat memberikan kesempatan ke swasta untuk ikut masuk dalam pembangunan sarana perumahan dan perkantoran. Pemerintah tidak perlu mengeluarkan anggaran yang besar, cukup sewa saja kepada investor swasta baik untuk rumah maupun kantor,” ucap Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa dalam konferensi pers di Kantor Bappenas pada Selasa (9/2/2021).

Suharso mengatakan pemerintah berupaya agar pembangunan IKN akan melibatkan swasta agar tidak memberatkan APBN. Namun pada saat yang sama pembangunan IKN diharapkan bisa menggerakan pertumbuhan ekonomi. Pembangunan rumah dan kantor di IKN akan menambah laju pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 0,2% basis poin rata-rata per tahun. Pembangunan IKN juga akan mendorong penyerapan tenaga kerja sekitar 1,2 – 1,3 juta orang sekaligus mewujudkan pemerataan pembangunan dan investasi.

“Kalau perumahan dan perkantoran ini bisa dibangun oleh swasta maka setidak tidaknya backward linkage dari properti akan berkembang,” ucap Suharso.

Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan dari hasil simulasi Bappenas, upaya membangun perumahan dan kantor, bisa memberikan tambahan ke pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur 2,1% basis poin.

"Ada pertambahan penciptaan pertumbuhan ekonomi, termasuk penciptaan lapangan kerja apabila kita menciptakan aktivitas ekonomi baru di Ibu Kota Negara (Kalimantan Timur)," ucap Amalia.

Amalia mengatakan pemindahan IKN ke Kalimantan Timur, juga menjadi salah satu langkah pemerintah utuk melakukan pemerataan ekonomi. Selama ini pertumbuhan ekonomi masih terkonsentrasi di Indonesia Barat khususnya pulau Jawa dan Sumatera. Saat pemerintah melakukan pemindahan IKN ke Kalimantan Timur menciptakan sumber pertumbuhan ekonomi baru hingga provinsi lain di luar Kalimantan Timur.

"Hal ini sudah kami buktikan dengan berbagai perhitungan dan simulasi yang kami lakukan. Pada saat aktivitas baru di Kaltim, itu bisa memberikan efek ganda kepada Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, juga provinsi lain selain Kalimantan Timur," ucap Amalia.

Sementara itu Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas Rudy Prawiradinata mengatakan sebelum pandemic Covid-19 pun sudah banyak investor yang tertarik untuk terlibat dalam pembangunan IKN, namun untuk saat ini hal tersebut kembali ke kepastian penanganan pandemi Covid 19. Pembangunan IKN juga berpeluang dibiayai Lembaga Pengelola Investasi (LPI). “Tentu nanti kita lihat mekanismenya dan kegiatan tepatnya seperti apa, hal itu bisa didalami lebih lanjut,” tutur Rudy.

Ia menuturkan dalam perencanaan sampai tahun 2045 kebutuhan pembangunan perumahan di IKN mencapai Rp 330 triliun dan bila ditambah perkantoran dapat mencapai Rp 500 triliun.

Tetapi bila hanya melihat alokasi pembiayan sampai tahun 2024 diperkirakan akan membutuhkan dana sekitar Rp 80 triliun atau 25% dari total kebutuhan. Hal itu disebabkan karena tidak semua Aparat Sipil Negara (ASN) langsung pindah ke IKN. “Kalau ini dikerjakan swasta, dengan pola build, lease, and transfer, itu nanti bisa swasta nanti kita jadi seperti mencicil,” ucap Rudy.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Fokus di Perbaikan Bisnis, Laba Bersih PertaLife Melonjak 71 Persen di Q3

PertaLife Insurance mampu mencatat kinerja keuangan yang positif di Q3, di mana tercatat sampai 30 September 2022, perseroan meraih laba bersih Rp 50,16 miliar.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Sri Mulyani Sebut Risiko Global Meningkat Usai Pandemi

Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dunia dihadapkan pada beberapa risiko global yang diprediksi akan terjadi pada tahun depan.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Sah, Bank BJB Resmi Kuasai 7,15 Persen Saham Bank Bengkulu

Bank BJB resmi menjadi pemegang saham Bank Bengkulu setelah meraih persetujuan OJK atas penyertaan modal tahap pertama sebesar Rp 99,9 miliar.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Kuartal III, Modernland Realty Cetak Laba Rp 234,51 M

PT Modernland Realty Tbk (MDLN) catatkan kinerja keuangan positif pada kuartal III 2022, dengan membukukan laba Rp 234,51 miliar.

EKONOMI | 2 Desember 2022

RUPS LB: Semua Direksi dan Komisaris Bank Banten Diganti

RUPS LB memutuskan mengganti semua jajaran direksi dan komisaris Bank Pembangunan Daerah (BPD) Banten yakni Bank Banten.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Gelar IndonesiaNext, Cara Telkomsel Siapkan Talenta Digital

Telkomsel kembali menggelar IndonesiaNext, program yang membuka peluang bagi pemuda Indonesia untuk menjadi talenta digital berkualitas.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Sri Mulyani Harap Pertumbuhan Ekonomi Kuartal IV di Atas 5%

"Kami berharap sampai akhir tahun pertumbuhan ekonomi di atas 5% tetap bisa dipertahankan," kata Sri Mulyani.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Tolak UMP DKI 2023, Apindo: Kami Butuh Kepastian Hukum

Para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) ikut menolak penetapan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta tahun 2023

EKONOMI | 2 Desember 2022

Daikin Bangun Pabrik AC Rp 3,3 Triliun di Cikarang

Pabrik AC Daikin yang berlokasi di kawasan Cikarang memiliki kapasitas produksi 1,5 juta unit setiap tahunnya.

EKONOMI | 2 Desember 2022

200 Bankir ASEAN Kumpul di Labuan Bajo Bahas Sistem Pembayaran

Interkoneksi sistem pembayaran tanpa batas di kawasan ASEAN berpotensi mendukung pengembangan ekonomi di Indonesia.

EKONOMI | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Berdiri di Meja Saat Jumpa Pers, Jarred Brooks Jadi Musuh Warga Filipina

Berdiri di Meja Saat Jumpa Pers, Jarred Brooks Jadi Musuh Warga Filipina

SPORT | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE